Destinasi

7 Kisah Menyeramkan Rumah Tua di Film Pengabdi Setan

Film horor Pengabdi Setan sukses jadi buah bibir di mana-mana. Sejak dirilis pada akhir September, film karya Joko Anwar ini sudah ditonton oleh setengah juta pasang mata di Indonesia.

Dibintangi oleh Tara Basro, Ayu Laksmi dan Dimas Aditya, film berdurasi 107 menit ini menawarkan kisah kelam keluarga yang diteror oleh hantu ibunya sendiri. Rentetan adegan mencekam pun bikin bulu kuduk bergetar kencang.

Nah, salah satu bagian dari film ini yang paling menarik perhatian adalah soal rumah tuanya. Kabarnya, banyak kisah mistis yang terjadi di lokasi syuting tersebut.

Penasaran? Berikut 7 fakta mencekam rumah tua film Pengabdi Setan yang harus kamu ketahui. Simak yuk!

1. Konon Punya Tuan Tanah

Berlokasi di Pengalengan, Bandung, nggak ada sejarah pasti soal kapan berdirinya rumah tua tersebut. Beberapa orang sekitar yang ditanya pun mengatakan dulunya, rumah ini merupakan sebuah villa peristirahatan sejak zaman Belanda. Tetapi ada juga yang menyebut kalau rumah angker ini adalah bekas rumah tinggal warga Belanda, seorang tuan tanah kebun teh di wilayah Pengalengan.

2. Meener Belanda

Lantaran sudah ada sejak zaman Belanda, rumah ini kerap memunculkan penampakan mistis. Tim Ghost Photography Community (GPC) yang melakukan penjelajahan ke rumah tersebut mendapati beberapa warga mengaku pernah melihat sosok meener Belanda di dalam rumah. Menariknya, penampakan tersebut nggak cuma terjadi pada malam, tetapi juga siang hari.

3. Gaya Eropa

Meski terkesan tua, rumah Pengabdi Setan punya kaki-kaki yang sangat kokoh. Arsitektur gaya art deco membuat bangunan ini punya penampakan klasik dan gagah. Memiliki dua lantai, rumah ini hadir dengan banyak lorong di dalamnya, khas rumah Belanda, deh.

4. Bahasa Belanda

Energi gaib yang hadir di rumah ini sangat kuat. Menariknya, nyaris semua kejadian mistis yang terjadi di rumah ini punya relasi yang kuat kepada Belanda. Mulai dari penampakan bocah kecil yang mampu berbahasa Belanda, sampai kasus mahasiswa kesurupan dan dapat berbicara bahasa serupa.

5. Akrab Dengan Pocong

Foto: Pengabdi Setan Film

Selain sosok mahluk meener dan bocah Belanda, rumah angker ini juga akrab dengan para pocong. Nggak heran sih, kalau Joko Anwar memasukkan banyak unsur hantu khas Indonesia ini di dalam filmnya. Menurut penuturan Tim Ghost Photography Community (GPC), mereka sukses menangkap beberapa penampakan pocong di pohon pinus yang berada di sekitar rumah tersebut.

6. Momen Ketindihan

Momen mistis sempat dirasakan oleh Ayu Laksmi saat syuting film Pengabdi Setan di rumah tua tersebut. Beberapa minggu di awal syuting, wanita berusia 49 tahun ini mengalami fenomena ketindihan.

“Mungkin karena baca skrip yang sedikit menantang kan. Saya biasanya bekerja memakai suara. Nah, di film ini saya kan nggak boleh bicara,” kata Ayu seperti yang dilansir oleh Tribun.

7. Sesuai dengan Cerita

Foto: Ghost Photography Community

Sejak awal, Joko Anwar sudah jatuh hati dengan rumah tua di Pengalengan ini. Namun, ia sempat khawatir kalau rumah ini cukup berbahaya untuk ditempati. “Pas ketemu kondisinya parah banget, bahkan diinjak saja nggak bisa,” terangnya yang dilansir oleh Liputan 6.

Menariknya, meski sempat mencari pengganti rumah, Joko justru kembali ke pilihan pertama. “Karena begitu lihat denahnya, posisi kamar, tangga, dan segala macam sama kayak di script, jadi nggak (perlu) bongkar ruangan lagi karena sudah benar-benar plek kayak di cerita itu,” tambah sang sutradara.

Foto utama: Detik

Mau berkunjung ke rumah hantu ini? Saatnya rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 11,189 times, 15 visits today)

Comments

To Top