Tips

7 Kelakuan Turis yang Menyebalkan Saat Traveling

Ketika traveling di kota atau negara lain, tak jarang kita melihat atau bahkan dihadapkan pada turis lain yang kelakuannya kurang menyenangkan. Makanya, kali ini pegipegi mau share soal tujuh kelakuan turis yang menyebalkan saat traveling. Begitu kamu tahu soal ini, ada baiknya kamu nggak meniru kelakuan-kelakuan berikut ini, ya!

1. Buang sampah sembarangan

buang sampah sembarangan

news.viva.co.id

Membuang sampah sembarangan, jelas bisa merusak keindahan di tempat wisata, apalagi di tempat wisata alam. Tentunya, orang lain yang juga ingin menikmati pemandangan indah, jadi terganggu dengan kotoran atau sampah yang kita tinggalkan. Memang sih, di setiap tempat wisata pasti ada petugas kebersihan yang bertugas untuk menyingkirkan sampah, tapi alangkah baiknya jika kita turut menjaga kebersihan. Apalagi, di beberapa tempat wisata menerapkan hukuman denda bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

2. Jorok

turis jorok

m.infospesial.net

Buang sampah sembarangan memang jorok, tapi masih banyak kelakuan turis yang dinilai jorok dan menyebalkan, misal buang air besar atau kecil di tong sampah atau taman. Selain bikin bau nggak sedap di mana-mana dan mengganggu kenyamanan orang lain, hal ini juga jelas menyusahkan para petugas kebersihan.

3. Berisik

berisik

www.aircon-servicing.com.sg

Traveling ramai-ramai bareng teman atau rombongan sudah pasti seru. Terkadang, kita nggak bisa menahan rasa senang atau antusias, sehingga diluapkan dengan ekspresi tertawa atau mengobrol dengan suara kencang. Tapi, hal tersebut bisa bikin orang-orang di sekitar kita jadi terganggu. Mereka jadi nggak bisa menikmati liburan dengan tenang. Boleh-boleh aja kamu tertawa, tapi jangan sampai terlalu keras, ya! Dan ingatlah selalu untuk selalu mengecilkan volume suara saat berbicara.

Berisik di sini bisa juga karena kamu nggak menggunakan earphone saat mendengarkan musik. Bisa jadi orang di sebelahmu ingin beristirahat dan nggak pengin dengar musik. Jadi, jika ingin mendengarkan musik lewat ponsel atau iPod kamu, jangan lupa pasang ear phone, ya!

4. Menyelak antrean

antre

www.wisatasingapura.web.id

Terutama jika ke tempat wisata yang banyak wahana permainan seru dan sedang ramai akan pengunjung. Kalau sudah begitu, pasti timbul hasrat untuk menyelak antrean. Tapi, jangan sampai kamu melakukan hal tersebut, ya, karena jika ketahuan menyelak, kamu sendiri yang akan malu. Semua mata akan melihat dengan tatapan sinis ke arahmu. Dan coba bayangkan jika antrean kamu yang diselak oleh turis lain. Pasti kamu juga nggak senang, kan?

5. Menyalahgunakan fasilitas

cuci kaki

http://www.merdeka.com/

Di setiap fasilitas yang tersedia memang nggak ada aturan tertulis soal tata cara memakainya, namun bukan berarti kamu menyalahgunakan fasilitas tersebut untuk kepentingan lain. Contohnya, wastafel yang umumnya digunakan untuk mencuci tangan dan membasuh wajah, tentunya nggak etis jika digunakan untuk mencuci kaki. Selain itu, banyak juga lho travelers yang memanfaatkan tempat wisata atau bandara untuk menjemur pakaian. Hal ini tentu terlihat sangat menyebalkan di mata turis lain.

jemur baju

http://www.merdeka.com/

6. Vandalisme

vandalisme

Dok. Teguh Hariawan

Rasanya seru sekali jika bisa mengabadikan nama kita di tempat wisata, lalu difoto dan di-post di media sosial. Tapi, kegiatan seperti itu nggak keren banget, travelers! Karena, hal itu jelas merusak tempat wisata dan mengurangi keindahannya. Turis lain yang mengunjungi tempat tersebut setelah kita, pasti bakal merasa terganggu dan kesal. Tulisan-tulisan yang sudah ada, juga bakal sulit, bahkan nggak bisa untuk dihilangkan.

7. Merusak keindahan alam demi selfie

gunung kidul

m.tempo.co

Contohnya, kasus pengrusakan Taman Bunga Amarylis di Gunung Kidul, Yogyakarta beberapa waktu lalu. Kerusakan tersebut terjadi karena banyak turis yang menginjak dan meniduri taman bunga untuk keperluan selfie, sehingga bunga-bunga di sana layu dan mati. Mengambil foto cantik saat traveling, boleh-boleh aja travelers, tapi jangan sampai kita jadi egois dan nggak memikirkan soal kerusakan alam. Bukan hanya alam yang rusak, tapi pengelola tempat wisata juga dirugikan.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Sudah tahu kan soal kelakuan turis yang menyebalkan. Jangan sampai kamu mengikuti kelakuan tersebut, ya, agar tidak mempermalukan diri sendiri. Sekarang, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.com, yuk! Dijamin nggak akan bikin kantung kamu bolong.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

(Visited 336 times, 1 visits today)

Comments

To Top