Kuliner

7 Kedai di Belitung yang Enak dan Selalu Ramai!

kuliner-belitung

Jangan cuma main di pantai atau sekadar berkunjung ke rumah Ahok jika main ke Belitung! Soalnya, di Belitung ada banyak kuliner lezat yang harus dicoba, seperti tujuh kedai yang pegipegi rekomendasikan berikut ini. Mulai dari mie Belitung, warung kopi, resto seafood, hingga masakan otentik Belitung. Kualitas rasanya jelas terjamin, terlihat dari kedainya yang selalu ramai akan pengunjung! Mau tahu di mana aja? Yuk, simak bareng pegipegi!

1. Mie Belitung Atep

Mie Belitung Atep dikelola sendiri oleh Nyonya Atep selama 40 tahun. Nyonya Atep adalah warga asli Belitung yang mendapatkan resep bumbu mie Belitung dari leluhurnya. Meski dikelola di kedai sederhana, tapi Mie Belitung Atep selalu ramai, sehingga banyak yang menjulukinya sebagai mie artis! Harga seporsi Mie Belitung Atep adalah Rp 10 ribu*, sedangkan harga seporsi Nasi Tim Ayam adalah Rp 11 ribu*.

Mie Belitung Atep disajikan dari mie kuning dengan taburan taoge, irisan timun, irisan tahu, potongan kentang rebus, dan emping melinjo yang disiram kuah udang kental kecokelatan. Bukan hanya bisa menikmati kelezatan kuah udang, tapi di dalamnya juga ada potongan udang. Sangat enak untuk dinikmati selagi masih hangat! Selain makan di tempat, banyak juga pelanggan yang memborong Mie Belitung Atep untuk dibawa pulang ke kota asal untuk dijadikan oleh-oleh. Alamat Mie Belitung Atep berada di jalan Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan.

2. Warung Kopi Kong Djie

Warung Kopi Kong Djie (jalan Sijuk, Air Merbau, Tj. Pandan) dibuka sejak tahun 1945 dan dikelola oleh Om Joni. Letaknya yang strategis, bikin warung kopi ini nggak pernah sepi akan pengunjung. Warung Kopi Kong Djie yang buka dari pukul 5 pagi hingga 4 sore ini selalu menjadi tempat ngopi warga Belitung di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Juga menjadi tempat pelepas penat setelah seharian lelah bekerja.

Menu kopi yang ditawarkan sederhana, yaitu cuma Kopi O dan Kopi Susu. Keduanya sama-sama nikmat, tergantung dari selera masing-masing. Kopi yang disajikan nggak diolah dengan cara biasa. Tapi menggunakan campuran Kopi Robusta dan Arabica lalu dimasak dengan arang. Sebagai teman minum kopi, kamu bisa cobain telur ayam setengah matang. Rasanya makin nikmat ketika telur ditambah taburan lada dan kecap asin. Atau kamu bisa mencicipi kue-kue yang ada di sana.

3. Rumah Makan Timpo Duluk

tempo-dulik

foto oleh: travelerien.com

Jika ingin mencicipi masakan otentik Belitung, kamu wajib mampir ke Rumah Makan Timpok Dulu, di jalan Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan. Interior Rumah Makan Timpok Dulu terbuat dari kayu yang sangat kental dan terpengaruh gaya Belanda, persis seperti rumah warga Belitung di zaman dulu. Makanan khas Belitung yang disajikan di sana adalah Gangan Ikan, Berego, Pampi, dan lain-lain.

timpok-dulu

foto dari: tripadvisor.com

Uniknya, di Rumah Makan Timpo Duluk, semua makanan dan minuman disajikan dengan piring, mangkuk, dan tatakan khas melayu Belitung. Asyiknya, kamu bisa mencoba makan dengan tradisi bedulang, yaitu makan bersama dalam satu dulang. Biasanya untuk empat orang dengan duduk bersila dan saling berhadapan. Gaya makan seperti ini mengandung rasa kebersamaan juga saling menghargai antar masyarakat.

4. Suto Belitung Mak Janah

suto-belitung-mak-janah

foto oleh: cumilebay.com

Suto Belitung mirip ketupat sayur tapi rasanya berbeda. Disajikan dengan irisan lontong, daging, bihun, dan kerupuk melinjo. Kuahnya kental mirip kuah mie Belitung soalnya agak kental. Kauhnya terbuat dari rebusan kari iga sapi, santan kelapa, dan irisan daging. Di atasnya ditaburi bawang goreng, kecap manis, dan jeruk limau. Rasanya jelas nggak kalah nikmati dari ketupat sayur! Untuk menikmati hidangan lezat itu, kamu harus mampir ke Suto Belitung Mak Janah di jalan Merdeka, Tanjung Pandan.

suto-belitung-mak-janah

foto oleh: cumilebay.com

5. Fega Seafood Restaurant

fega-seafood-restaurant

foto dari: tripadvisor.com

Belitung terkenal akan hidangan seafood-nya yang mantap! Jika ingin mencicipi seafood dengan cara berbeda, tentu aja kamu wajib menyambangi Fega Seafood Restaurant di jalan Jenderal Sudirman, Baru, Manggar. Soalnya, di sana kamu bisa mencicipi seafood di tepi danau sambil menikmati angin sepoi yang sejuk. Restonya juga luas dan bangunannya bertingkat. Jika kamu berjalan ke tepi danau, kamu akan menemui saung-saung yang terapung di atas danau.

fega

foto dari: tripadvisor.com

Bukan hanya terkenal akan suasana restonya yang unik, tapi hidangan seafood di Fega Seafood Restaurant juga lezat! Kamu bisa menikmati cumi, ikan bakar, udang, kangkung, nasi goreng, dan lain-lain. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 250 ribu* untuk empat orang.

6. Berage

berage

foto oleh: Adventurose.com

Ada pilihan resto lain yang bisa kamu kunjungi jika kamu ingin mencicipi seafood dan hidangan otentik Belitung, yaitu di resto Berage (jalan Raya Sijuk No. 31, Air Merbau). Salah satu menu khas yang wajib kamu cicip adalah Gangan, yaitu sup ikan istimewa khas Belitung yang lezat karena perpaduan pas antara kunyit, asam nanas, dan pedasnya kuah kuning. Kunci kelezatannya juga terletak di kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kemiri, sereh, dan asam. Hidangan seafood lain, seperti Cumi Goreng Tepung, Ikan Masak Tauco, Udang Saus Padang, dan lain-lain juga nggak boleh dilewatkan jika makan di Berage!

7. Bakso Ikan Pak Long

Kedai Bakso Ikan Pak Long menyajikan bakso ikan yang diracik dengan bumbu khusus dengan tambahan bihun dan berbagai jenis bakso lain, cekian, dan tahu. Ada dua jenis bakso ikan yang ditawarkan di sana, yaitu Bakso Ikan Super dan Bakso Ikan Biasa. Selain itu, ada juga beberapa jenis pempek, salah satunya Pempek Kapal Selam. Untuk makan di Bakso Ikan Pak Long, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10 ribu – 15 ribu*. Yuk, langsung aja mampir ke Bakso Ikan Pak Long, di jalan Pelataran Air Ketekok No.22, Tanjungpandan.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Gimana travelers? Bikin ngiler nggak? Tentu aja kamu wajib cobain semuanya kalau liburan di pulau Laskar Pelangi tersebut! Agar bujet traveling kamu terjangkau, jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel murah lewat pegipegi, ya! Selamat berwisata kuliner!

pesan tiket pesawat murah ke belitung cari hotel murah di belitung

Untuk memudahkan transaksimu di pegipegi, jangan lupa instal aplikasi pegipegi di Google Play dan App Store, ya! Harga booking-nya juga jauh lebih murah, lho!

google-play

apps-store

 

(Visited 274 times, 1 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top