Tips

7 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Jika Konser Kesayangan Batal

Siapa sih yang nggak bahagia bisa nonton konser musisi kesayangan di negara sendiri? Tapi, bikin bete juga kalau tiba-tiba konsernya batal digelar karena beberapa hal yang nggak bikin enak hati.

Seperti yang baru saja dialami oleh Sheerios di Indonesia. Mereka harus kecewa konser idola kesayangan mereka, Ed Sheeran lantaran pelantun Shape of You baru saja mengalami kecelakaan sepeda.

Nah, kalau konser batal, bagaimana nasib tiket yang sudah terlanjut kebeli? Tenang, kamu nggak perlu panik. Proses refund sudah pasti akan dilakukan oleh sang promotor, meski ada beberapa hal yang kamu harus ketahui.

Nah, buat pedoman kamu, Pegipegi punya 7 hal yang kamu harus tahu untuk mendapatkan dana kamu kembali 100 persen ke kantong. Simak, yuk!

1. Jangan Panik

Jika konser kamu dibatalkan, jangan panik! Dana yang kamu sudah bayarkan akan kembali sepenuhnya. Yang kamu harus lakukan adalah membuka website atau media sosial sang penyelenggara untuk memastikan mekanisme refund. Jika sistemnya masih manual, kamu cukup sertakan bukti pembayaran, tiket asli, KTP serta nomor rekening bank ke loket tiket yang bersangkutan.

2. Isi Form Dengan Tepat

Beberapa promotor akan meminta kamu mengisi form refund. Tujuannya untuk mempermudah mereka dalam memverifikasi penerima refund serta mempercepat proses. Segera isi form dengan tepat, termasuk nomor KTP dan yang paling penting rekening bank yang kamu gunakan saat membeli tiket dulu. Hindari penggunaan rekening bank yang berbeda.

3. Payment Gateway Nggak Kembali

Setiap promotor wajib mengembalikan dana penuh kepada sang pembeli, tanpa terkecuali. Namun, beberapa punya kebijakan untuk nggak mengembalikan payment gateway sebesar 2 persen dari harga tiket. Payment gateway sendiri adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan izin kartu kredit dalam melakukan pembayaran langsung yang bersifat online.

A post shared by Fall Out Boy (@falloutboy) on

4. Durasi Refund

Ada perbedaan durasi pengembalian dana dari sang promotor yang bergantung pada metode pembayaran awal. Jika kamu menggunakan virtual account atau transfer, kamu hanya butuh 24 jam untuk mendapatkan dana kamu kembali. Nah, jika menggunakan kartu kredit, prosesnya memakan waktu 10-14 hari kerja untuk bank memproses ke jaringan VISA/Master dan akan kembali ke limit kartu kredit.

5. Nggak Batal, Cuma Ditunda

Beberapa kasus pembatalan konser di hari H memiliki kemungkinan perubahan jadwal, kok. Nah, kalau sudah gini, tiket yang kamu beli masih dapat berlaku sampai kamu benar-benar nonton konsernya. Namun, jika kamu nggak bisa datang ke konser pada jadwal yang sudah diganti, maka kamu berhak untuk mendapatkan refund penuh tanpa terkecuali.

6. Hindari Beli Dari Calo

Kemungkinan mendapatkan refund jika kamu membeli tiket dari calo sangatlah tipis. Pasalnya, kamu harus bertemu dengan sang calo untuk meminta detail data diri hingga rekening bank agar proses refund terlaksana. Jadi, usahakan nggak perlu membeli tiket di calo kalau kamu yakin. Tiketnya memang asli, tetapi aksesnya jika hal seperti pembatalan konser terjadi pun jadi terbatas. Yang ada, malah sakit hati.

7. Lapor Kepada Pihak Yang Berwajib

Kita semua yakin kalau promotor di Indonesia punya rasa tanggung jawab yang besar. Namun, kamu juga harus memikirkan hal terburuk jika sang promotor sama sekali nggak mengembalikan dana. Seperti yang sempat terjadi di Semarang, beberapa waktu yang lalu saat beberapa fans mengadu ke polisi lantaran sang promotor nggak melakukan proses refund. Nah, jika kamu sudah berusaha mengikuti tahap di atas maupun mendatangi loket penyelenggara, jalan satu-satunya adalah lapor kepada pihak yang berwajib.

Mau nonton konser? Sekalian liburan! Saatnya rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

Pesan tiket murah Pesan hotel murah Pesan tiket kereta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 64 times, 1 visits today)

Comments

To Top