Destinasi

7 Gua di Indonesia yang Suguhkan Keindahan Alam nan Eksotis

goa cantik di indonesia

Ingin melihat dunia yang berbeda, sekaligus memenuhi hasrat bertualang? Kamu bisa menjelajah dunia bawah tanah, yaitu gua, yang memiliki ekosistem unik. Yups, menyaksikan apa yang ada di dalam gua secara langsung bisa menjadi inspirasi liburan buat kamu yang suka berwisata alam! Selama di gua, kamu bisa menyusuri jalan setapak dan menuruni anak tangga yang telah disediakan pengelola sambil menikmati pemandangan cantik di sekitarnya, atau mencoba cave tubing (masuk gua dengan tube/ban), dan juga bermain air hingga diving.

Kamu tertarik? Berikut tujuh gua di Indonesia yang siap memanjakan kamu dengan keindahan dan keeksotisannya!

Gua Rangko, Manggarai Barat

goa cantik di indonesia

Labuan Bajo nggak hanya terkenal sama Pulau Komodonya. Sebuah gua bernama Gua Rangko juga wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata impian kamu nih. Idealnya, kita datang sekitar pukul 12.00—14.00, yaitu saat matahari menyeruak masuk ke dalam gua dan menerangi sebuah kolam air asin berwarna biru jernih ini. Bagian atas Gua Rangko dipenuhi ornamen-ornamen stalaktit yang cantik dengan berbagai bentuk tak beraturan. Keindahannya dapat disejajarkan dengan gua-gua cantik lainnya di dunia.

Gua Gong, Pacitan

goa cantik di indonesia

Berjarak sekitar 34 km dari Alun-alun Kota Pacitan, kamu akan menemukan sebuah gua dengan susunan stalaktit dan stalakmit yang indah. Ada sebuah ruangan dengan kubah raksasa di dalamnya, sepanjang 100 meter, lebar 15—40 meter, dan tinggi 20—30 meter. Uniknya, bila tangan kita mengepal dan memukul batu di ruangan tersebut, akan keluar suara seperti alat musik tradisional Jawa. Itulah mengapa gua ini dinamakan Gua Gong. Gua ini sudah ditata dengan baik dan terdapat penerangan lampu neon berwarna warni yang membuatnya makin nyaman disusuri.

Gua Lawa, Purbalingga

goa cantik di indonesia

Gua Lawa terbentuk dari batuan beku lelehan lava Gunung Slamet yang mengendap selama ribuan tahun lamanya. Dampak dari fenomena alam tersebut, kamu bisa melihat banyak sekali batuan yang tersusun rapi di gua ini. Pencahayaan yang unik pun menjadi daya tarik utamanya sehingga kamu bisa menikmati rasanya berada di zaman purbakala. Di beberapa sudut gua terdapat lubang yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto. Lubang-lubang yang ditembus cahaya matahari menciptakan efek menarik buat kamu abadikan lewat lensa kamera.

Gua Jatijajar, Kebumen

goa cantik di indonesia

Gua Jatijajar dikenal luas akan keindahan perut buminya. Di sini, kamu bisa melihat beragam stalaktit dan stalakmit cantik yang langka. Berkat pengelolaan yang baik pula, gua ini selalu meninggalkan kesan yang menyenangkan bagi para turis. Salah satunya adalah instalasi lampu-lampu yang mengelilingi isi gua. Ratusan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang kemudian secara ilmiah beraksi terhadap batuan kapur ini turut membuktikan kalau Gua Jatijajar menyimpan sumber air murni.

Gua Jomblang, Gunung Kidul

goa cantik di indonesia

Nggak hanya Malioboro dan Tugu yang menjadi daya tarik Yogyakarta. Berjarak sekitar 1,5 jam menuju daerah Piyungan, lalu Wonosari, kamu akan menemukan keindahan tersembunyi di dalamnya, yaitu Gua Jomblang. Uniknya, gua ini memiliki mulut di permukaan tanah. Hamparan stalaktit, stalakmit, dan vegetasi di dalam gua yang berbeda dari yang ada di permukaan tanah, serta sebuah sungai yang mengalir menjadi pemandangan indah yang akan disuguhkan Gua Jomblang.

Gua Hawang, Maluku Tenggara

goa cantik di indonesia

Gua Hawang memiliki batuan stalaktit yang sangat menarik. Di sini, kamu juga bisa melihat batu kutukan yang dimitoskan oleh warga sekitar. Daya tarik utama gua ini adalah adanya kolam alami yang berwarna biru dan sangat jernih. Ternyata, air tersebut berasal dari sumber air dalam tanah. Wisatawan yang ke Gua Hawang, banyak juga yang mencoba diving di dua buah lubangnya yang dihubungkan oleh sumber air bawah tanah. Jadi, kalau kamu mencoba diving dari satu lubang, kamu akan muncul kembali dan tembus menuju lubang selanjutnya. 

Gua Giri Putri, Nusa Penida

goa cantik di indonesia
goa cantik di indonesia

Saat berkunjung ke Nusa Penida, jangan lupa mampir ke Gua Giri Putri. Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut serta panjang sekitar 310 meter, gua yang juga merupakan pura ini menjadi tempat para wisatawan yang penasaran tentang ritual keagamaan yang dilakukan serta suasana sakral di dalamnya. Selain sebagai tempat beribadah, umat Hindu percaya air yang mengalir dari sumber mata air di sini mengandung kekuatan alami yang dapat menyembuhkan penyakit. 

Ini baru tujuh, loh! Tenang, masih ada banyak lagi gua cantik dan eksotis di Indonesia yang bisa kamu eksplor. Yang penting sebelum memulai penjelajahan, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus & travel, dan hotel promo hanya di Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: