Destinasi

7 Gereja Legendaris di Indonesia Untuk Rayakan Natal

Natal telah tiba. Bagi umat Kristen dan Katolik di seluruh Indonesia, momen ini menjadi peringatan kelahiran Yesus Kristus yang jatuh setiap tanggal 25 Desember.

Gereja menjadi rumah ibadah yang sakral pada momen Natal. Menariknya, Indonesia memiliki banyak sekali gereja-gereja legendaris yang patut dikunjungi.

Beberapa di antaranya memiliki arsitektur menawan yang sayang sekali buat dilewatkan. Jadi, setelah ibadah, kamu bisa menikmati atmosfer menarik berada di dalamnya.

Penasaran di mana saja sih? Pegipegi punya 7 gereja legendaris Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat hari Natal nanti. Simak, yuk!

Gereja Katedral Jakarta

Diresmikan pada 1901, gereja yang satu ini berada di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Dengan arsitektur neo-gotik, Gereja Katedral Jakarta selalu menjadi tempat favorit beribadah sepanjang Natal. Atmosfer intense seakan terbangun dengan penataan ruangan yang klasik. Mengingatkan kita akan gereja-gereja Eropa di abad 19 maupun 20.

Gereja Immanuel Jakarta

Dengan nama lengkap GPIB Immanuel Jakarta, gereja Protestan ini hadir sejak 1835. Gereja Immanuel Jakarta dibangun sebagai bentuk penghormatan raja Belanda, Willem I. Berbeda dengan Katedral, gereja ini memiliki gaya klasisisme dengan corak bundar. Di tengah, terdapat kubah yang dihiasi bunga terataik enam helai dan diarsiteki oleh J.Datz.

Gereja Blenduk Semarang

Nuansa Eropa klasik hadir di Gereja Blenduk, Semarang. Meski sudah berdiri sejak 1753, gereja yang satu ini masih aktif menggelar ibadah setiap hari minggu. Saat Natal tiba, gereja ini dipadati ribuan umat dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Dengan aksen warna putih dan coklat di bagian atas, Gereja Blenduk jadi destinasi yang cocok, nggak cuma buat beribadah, tetapi juga untuk fotografi.

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Jika kamu tengah merayakan Natal di kota Surabaya, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria bisa jadi destinasi yang menarik. Menjadi gereja Katolik pertama di Surabaya, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria memiliki gaya neo-klasik dan sudah berdiri sejak 1822. Corak dinding coklat di bagia depan menambah kesan hangat dari gereja yang satu ini.

Gereja Zebaoth Bogor

Berlokasi di dekat Istana Bogor, Gereja Zebaoth Bogor punya julukan Gereja Ayam, kenapa? Karena, di bagian puncak menara ada patung ayam yang sangat terkenal. Berdiri pada 1920, Gereja Zebaoth Bogor hadir dengan desain interior yang minimalis, seperti yang hadir di kawasan Amerika Serikat. Gereja Zebaoth Bogor ini sempat menggunakan bahasa Belanda sebagai pengantar ibadah sebelum akhirnya diubah pada 1962.

Gereja Maranatha Ambon

Ada kisah yang menarik dari Gereja Maranatha Ambon. Pada tahun 1954, Presiden Soekarno memberikan Gereja Maranatha Ambon bersama Masjid Raya Al-Fatah sebagai hibah bagi masyarakat Ambon. Sempat dirudung konflik bersaudara, Gereja Maranatha Ambon tampil lebih cantik usai direnovasi oleh Pemerintah Ambon pada 2013 lalu.

Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan

Hadir dengan arsitektur latin, Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan berdiri kokoh sejak 1916 di kota Solo. Sejak itu, Gereja Katolik Santo Antonius Surakarta menjadi ikon sakral bagi umat Katolik nggak cuma dari dalam kota, tetapi juga luar daerah. Dengan dominasi ornamen beraksen putih polos, Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan sangat dekat diakses dari kawasan Balai Kota.

Masih mau liburan saat Natal? Tenang! yuk, liburan dengan harga terjangkau, dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top