Destinasi

7 Fakta Tentang Air Terjun Sekumpul, Wisata Romantis di Bali

Ada rencana berlibur romantis di Pulau Dewata, Bali bersama orang terkasih? Kalau ada, tepat banget. Pegipegi punya rekomendasi destinasi wisata alam yang cantik banget, namanya Air Terjun Sekumpul.

Dari namanya sudah jelas, Air Terjun Sekumpul terletak di dataran tinggi. Tepatnya ada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Air Terjun Sekumpul siap membius kamu dengan keindahannya.

Ajak orang terkasih main ke sini. Siapa tahu, kehadiran Air Terjun Sekumpul dapat membuat hubungan kalian makin romantis, lho!

Nah, penasaran nggak sih, seperti apa Air Terjun Sekumpul ini? Buat membahasnya, Pegipegi sudah menyiapkan 7 fakta menarik tentang Air Terjun Sekumpul di Bali. Yuk, disimak!

1. Cukup Tersembunyi

Obyek wisata yang satu ini bisa dibilang tersembunyi, lho. Nggak banyak turis lokal atau mancanegara yang tahu jika Air Terjun Sekumpul menyimpan panorama yang sungguh cantik. Karena, untuk mencapai Air Terjun Sekumpul, kamu harus menempuh jarak 12 kilometer dari kota terdekat, Singaraja. 2,5 jam dari kota Denpasar, kondisi aksesnya sendiri berkelok-kelok dengan kontur jalan nggak rata buat kendaraan roda empat. Sesampainya di sana, kamu harus menuruni anak tangga sejauh 300 meter.

2. 7 Air Terjun

Kamu nggak bakal mendapatkan hanya satu atau dia air terjun. Air Terjun Sekumpul merupakan komplek dari tujuh air terjun dalam satu wilayah. Lokasinya pun nggak berdempetan, sehingga nggak bisa disebut kembar. Namun, di sini, kamu bisa memilih mau mandi di air terjun dengan debit air kecil atau besar. Puas, deh!

3. Dua Sumber Mata Air

Dua dari tujuh air terjun di sini ternyata berdampingan, lho. Menariknya, warna air di kedua air terjun ini berbeda. Untuk air terjun yang kiri berasal dari mata air pegunungan sehingga warnanya bening. Sedangkan, air terjun yang di kanan berasal dari sungai sehingga berwarna coklat.

4. Tetangga Dekat

Air Terjun Sekumpul ternyata berada di wilayah yang dihuni banyak air terjun besar dan terkenal lainnya. Sebut saja Air Terjun Gitgit, Air Terjun Lemukih, Air Terjun Munduk dan Air Terjun Les Buleleng. Jaraknya pun hanya dipisahkan dua hingga tiga kilometer saja dari air terjun lainnya.

5. Lumayan Tinggi

Debit air yang jatuh dari atas air terjun nggak terlalu ekstrim dan buas. Namun, air yang mengalir jatuh dari ketinggian 100 meter, menciptakan efek cantik buat diabadikan dalam bentuk foto. Arsiran pelangi tampak menghiasai air terjun ini jika kamu beruntung datang setelah hujan reda.

6. Cocok Buat Yoga

Banyak wisatawan lokal dan mancanegara main ke Air Terjun Sekumpul untuk berolahraga. Salah satunya adalah yoga. Dengan berada di pinggir air terjun, kamu akan mendapatkan atmosfer sunyi dan tenang, sambil melakukan beberapa gerakan yoga. Udara yang sejuk dipenuhi oksigen segar, yang tentu saja baik untuk kesehatan.

7. Murah Meriah

Dengan segala keindahan dan panorama asrinya, kamu berpikir main ke Air Terjun Sekumpul bakal menguras kantong. Well, nggak sama sekali. Tiket masukknya pun murah banget, Rp 2.000* untuk wisatawan lokal dan Rp 5.000* untuk wisatawan asing.

Jadi mau main kes sini kapan? Sekalian liburan di Bali. Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto: Shutterstock

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top