Destinasi

7 Fakta Curug Parigi, Niagara Falls dari Bekasi

Travelers, namanya sih Curug Parigi, julukannya Mini Niagara Falls, nah lho. Buat kebanyakan orang melihat Bekasi sebagai kota satelit. Tapi, sejak booming-nya Curug Parigi, Bekasi justru disanjung-sanjung karena dicap memiliki sebuah Mini Niagara, itu loh air terjun terkenal dari negeri Kanada. Nah, buat yang masih asing dan ingin banget ikut terjun ke dalam hype Curug Parigi, Pegipegi punya tujuh fakta mengenai tempat fenomenal ini. Simak yuk!

1. Debit Air Tergantung Musim

curug

Sedikit berbeda dengan Niagara Falls, Curug Parigi punya keunikan tersendiri. Keindahan curug sangat ditentukan oleh debit air yang mengalir di sungai. Berhubung sedang musim kemarau, debit air tidak begitu banyak. Hanya sebagian kecil dari Curug Parigi yang dialiri air. Sedangkan pada musim hujan, seluruh sisi curug akan dialiri air, bahkan hingga rata permukaan So, biar bisa dapat foto yang bagus, perhatikan musimnya biar nggak kecewa.

Foto dari http://www.tribunnews.com

2. Oase Di Antara Hiruk Pikuk

crug-2

Letaknya memang di Bekasi, jauh dan panas. Tapi, sekali kamu sampai ke Curug Parigi, semua kepenatan dijamin hilang deh. Ibaratnya oase indah di antara belantara pabrik dan kemacetan yang menjadi ciri khas kota Bekasi , kondisi Curug Parigi memiliki kontur tanah sedikit menanjak dan berbatu. Layaknya tebing ini membuat para penggiat alam juga ingin datang serta mencoba untuk mendaki puncak curugnya.

Foto dari http://www.bintang.com

3. Beken Di Media Sosial

wisata-dan-fotografi-long-exposure-air-terjun-cantik-curug-parigi-bantar-gebang-bekasi-2

Sejak mulai diseriusin Pemkot Bekasi untuk dijadikan tempat wisata, dua tahun kebelakang, Curug Parigi nggak pernah kehilangan fansnya loh. Berbagai netizen saling timpal share– Curug Parigi di sosmed, bak Instagram, Facebook maupun Twitter. Kebanyakan sih terpesona akan keindahannya, maklum mirip banget Air Terjun Niagara di Kanada. “Hallo Curug Parigi – Bantar Gebang Mempesona. Jangankan hari kerja, hari libur aja jalanan macet menuju kesini” ucap akun @indoflashlight di Twitter

Foto dari www.dzargon.com

4. Membelah Dua Kabupaten

cuurg-8

Ngomongin soal curug, nggak enak kalau nggak bawa-bawa letak geografisnya. Nah, kalau Niagara Falls ada di perbatasan antara 2 (dua) negara yaitu Kanada (masuk wilayah Ontario) dan Amerika Serikat (masuk wilayah New York), sedangkan Curug Parigi terletak di antara wilayah Kabupaten Bogor (Kecamatan Gunung Putri) dan Kota Bekasi (Kecamatan Bantar Gebang), yang keduanya masih dalam satu wilayah “negara” Jawa Barat. Yang penting kan masih sama-sama jadi “Pembatas”

Liburan ke Curug Parigi…. :):) #curugparigi

A post shared by Faradillah Tsalits (@tsalits_frdh) on

Foto dari www.detiktravel.com

5. Beda Lebar Sungai

curug-10

Secara geografis, sebuah curug memisahkan dua belah sungai yang sama. Nah, jika Niagara Falls memisahkan sebuah sungai benar-benar lebar yang menghubungkan antara danau Ontario dan danau Erie, Curug Parigi sebaliknya. Aliran Sungai Cileungsi menjadi letak di mana Curug Parigi berada dan ukurannya sudah pasti lebih kecil lho meski keduanya dialiri sungai yang sama-sama punya status “Lebar”

Foto dari https://www.flickr.com/photos/henrysudarman

6. Lokasi Syuting Film Suzanna

dsc_0398-e1461553343747

Buat penggemar berat mendiang aktris Indonesia, Suzanna pasti hafal dengan setting utama film Dia Sang Penakluk era 80-an. Yap, Curug Parigi ternyata menjadi alasan mengapa film tersebut sukses berat menghipnotis para penonton setianya. Nggak cuma Suzanna loh, beberapa FTV masa kini yang rajin tayang di SCTV pun nggak mau ketinggalan menggunakan Curug Parigi sebagai lokasi syutingnya. Nah, tertarik nggak buat datang?

7. Dekat Dengan TPU Bantar Gebang

d51b9-curug

Mau mampir ke Curug Parigi tapi nggak tahu jalannya? Tenang. Kalau kamu pernah lewat TPU Bantar Gebang di Bekasi, itu berarti kamu sudah dekat ke Mini Niagara Falls. Kamu hanya perlu melalui jalan Narogong Km 12,5 sebelum kemudian mengambil jalan Pangkalan lima (bekas pangkalan ruk pasir itu loh). Nah, ketemu pertigaan PT Hakapole, kamu langsung belok kanan saja. Biar santai, jalan dari Jakarta jam lima pagi biar bisa dapat air yang segar.

Foto dari http://sabekasi.com

8. Kisah Mistis

manfaatkan-libur-sekolah-3-1024x685

Nggak selamanya air terjun Parigi menyenangkan lho. Kadang-kadang, beberapa kisah misteri terjadi di curug yang berlokasi di Bantar Gebang. Salah satu kejadian mistisnya hadir di pertengahan Agustus 2015 lalu. Seorang wisatawan lenyap menghilang lantaran menyebrang dari curug sebelah Barat seperti yang dilansir Republika. Pengunjung memang dilarang berenang di curug paling kanan, pasalnya air di bagian ini cukup dalam. Pengunjung hanya boleh berada di curug paling kiri dan curug tengah (yang mirip Niagara) saja.  “Pokoknya banyak korbannya, rata-rata anak-anak tapi ada juga satu cewek yang dewasa meninggal di situ. Banyak lah,” jelas Naman, salah satu warga.

Foto dari http://gobekasi.pojoksatu.id

Nah, sudah kebayang mau hunting foto di mana? Nggak perlu khawatir soal bujet traveling! Soalnya Pegipegi punya tiket kereta api, dan hotel murah di bekasi. Dijamin nggak bakalan bikin kantong bocor, deh.

PESAN TIKET KERETA API MURAH KE BEKASI

CARI HOTEL MURAH DI BEKASI

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 5,337 times, 9 visits today)

Comments

To Top