Destinasi

7 Destinasi Snorkeling Cantik dan Seru di Indonesia

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak pantai dan perairan yang cantik. Ragam aktivitas seru pun sering digelar, salah satunya snorkeling.

Bermodalkan swimsuit, kamu dapat menikmati pemandangan bawah laut. Mulai dari berkawan dengan ikan hias dan hewan laut lainnya hingga terpanah menyaksikan keindahan terumbu karang adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu.

Bunaken di Sulawesi atau Raja Ampat di Papua mungkin dua tempat yang sering disebut sebagai pusatnya snorkeling seru. Tapi, ternyata, ada banyak spot snorkeling lainnya yang menawarkan sensasi lebih seru lagi!

Sebagai referensinya, berikut 7 destinasi snorkeling seru di Indonesia yang wajib kamu kunjungi saat liburan nanti. Yuk, disimak!

Pantai Sadranan, Yogyakarta

Terletak di kawasan Gunungkidul, Pantai Sadranan nggak ada bedanya dengan pantai di Jogja pada umumnya. Hamparan pasir putih yang luas serta tumpukan karang-karang cantik menjadi hal biasa yang hadir di pantai ini. Beberapa pantai seperti Indrayanti hingga Nglambor juga memiliki hal yang sama.

Namun yang jadi daya tarik tersendiri adalah soal pengalaman snorkeling! Pada pesisir pantainya, terdapat perairan dangkal di mana menjadi hunian ratusan ribu biota laut, mulai dari ikan, rumput laut hingga terumbu karang.

Airnya yang biru menandakan jika Pantai Sadranan belum banyak dijamah oleh para pelancong. Sehingga, kondisi isi dari perairannya pun bisa dibilang masih asri dan terjaga, lho!

Pantai Bangsring, Banyuwangi

Pantai Bangsring terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur atau berjarak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi. Lantaran memiliki destinasi liburan alam, pantai ini memiliki aktivitas keren.

Bangsring Under Water atau Bunder adalan namanya. Para snorkeler yang pernah menjajal snorkeling di Pantai Bangsring pasti setuju kalau kehidupan bawah laut pantai ini nggak kalah dengan Raja Ampat. Wah wah, bisa dibayangkan ya kalau panorama yang nampak saat berada di bawah air begitu spektakuler, eksotis dan penuh warna

Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan nggak cuma hadir dengan panorama pantainya. Kehidupan bawah lautnya nggak kalah, kok! Pulau ini jadi biota alami bagi para terumbu karang tropis yang cukup langka. Beberapa jenis reptil laut yang nggak kamu temukan di kota kamu, bisa dijumpai di sini. Sambil snorkeling atau diving, coba sapa mahluk-mahluk lucu sambil berenang di dalam air laut yang jernih.

Jika belum puas main di Pulau Derawan, kamu bisa mampir ke beberapa pulau di sekitarnya. Khusus buat pengalaman snorkling yang lebih menantang, Kehe Daing, Pulau Kakaban Timur bisa jadi spot yang cocok buat kamu, deh.

Pulau Moyo, Sumbawa

Nggak lengkap kalau ke Pulau Moyo nggak snorkeling. Nah, di sini, kamu bisa menemukan beberapa tempat snorkeling, sh. Tapi, yang paling direkomendasikan ada di Pantai Ai Manis. Spot yang satu ini memiliki hamparan koral yang mengesankan. Panorama bawah laut makin bikin kamu jatuh cinta karena Pantai Ai Manis punya koleksi biota laut seperti terumbu karang, anemon, belut, sponge hingga ikan-ikan kecil dan cantik yang cukup lengkap dan masih terjaga.

Pantai Ngursarnadan, Kepulauan Kei, Maluku

Pantai Ngursarnadan yang terletak di Desa Ohoililir terletak berdampingan dengan Pantai Pasir Panjang. Selain memiliki pasir putih, bibir pantainya juga dihiasi batu karang yang membuat penampilannya semakin eksotis. Juga masih terdapat terumbu karang dan aneka ikan, sehingga cocok untuk kamu yang suka snorkeling.

Arus yang santai membuat pantai yang satu ini diincar para snorkeler. Suasana makin cantik saat matahari tenggelam di ufuknya, menciptakan momen nggak terlupa buat kamu yang liburan di Kepulauan Kei.

Secret Beach, Nusa Lembongan, Bali

Sesuai namanya, lokasi pantai ini cukup tersembunyi dan kamu harus melalui jalan yang cukup ekstrem. Garis pantainya nggak terlalu panjang, tapi cukup untuk sekadar bermain air dan menikmati sunyinya Nusa Ceningan.

Pantainya cukup dangkal dan karena airnya yang jernih, kamu bisa melihat karang-karang yang ada di bawah laut tanpa harus snorkeling. Bisa dibilang, air laut di Secret Point menjadi yang paling jernih di pulau ini. Ketika ombak sedang besar, kamu harus berhati-hati bila ingin berenang. Karang yang ada bisa melukai kamu.

Pulau Selayar, Sulawesi Selatan

Terletak di Sulawesi Selatan, Pulau Selayar dikenal dengan wisata bawah laut yang mengagumkan. Nah, berbeda dengan pantai atau pulau lain, Pulau Selayar memiliki titik snorkeling yang berbeda, lho.

Tiap titik penyelaman memang unik dan punya karakter berbeda. Misalnya, di pantai bagian barat cenderung landai dengan aneka satwa seperti siput laut dan terkadang hiu melintasi titik penyelaman ini. Sementara di pantai bagian barat banyak dilihat penyu, ikan duyung atau dugong, dan ikan pari raksasa yang sering terlihat pada bulan Juli. Sedangkan di titik penyelaman Takabonerate sangat terkenal dengan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan koral dengan bentuk dan warna lucu dan menarik.

Spot Takabonerate sendiri adalah salah satu spot terbesar di dunia yang sangat menarik. Kamu nggak perlu punya sertifikat diving, karena hanya dengan snorkeling saja, kamu sudah bisa menikmati pemandangan bawah laut yang nggak kalah dengan yang ada di Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat.

Sudah tahu mau snorkeling di mana? Yuk, sekalian liburan! Apalagi, sekarang traveling semakin mudah karena ada tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top