Kuliner

7 Dessert Olahan Buah Naga Segar Buat Menu Berbuka Puasa

Selama bulan Ramadhan, banyak jenis buah-buahan segar laris diborong warga untuk berbuka puasa. Mulai dari timun suri, blewah, hingga yang paling berwarna, buah naga.

Berwarna merah muda, buah naga atau yang juga sering disebut pitaya ini nggak cuma sehat untuk dikonsumsi, tetapi juga segar kala disuguhkan sebagai salah satu isi dari minuman segar untuk berbuka puasa, lho.

Rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat buah naga disukai banyak penggilan minuman es. Tumbuh di daerah tropis, buah yang masuk ke dalam kategori kaktus Hylocereus ini pun wajib kamu coba.

Nah, sebagai referensi kamu berbuka, berikut 7 dessert olahan buah naga yang wajib dicoba saat buka puasa nanti. Lumayan, biar nggak bosan dengan dessert yang itu-itu saja.

1. Jus Buah Naga

Jika kamu tipikal orang yang malas mengonsumsi buah utuh, jus buah naga adalah alternatif yang menarik. Selain segar, jus buah naga punya aroma yang nggak langu jika diproses dengan baik. Makin nikmat, jika kamu campur dengan yakult dan es batu, menambah vitamin di dalamnya.

2. Puding Buah Naga

Tekstur yang lembut membuah buah naga cocok untuk menjadi bahan dasar puding. Dengan memadukan buah naga dan susu, puding ini bakal terasa spesial dan terlihat menarik. Warna merah pekat menyala bakal menggugah selera jika disajikan dingin. Kamu juga bisa membuat fla susu dengan campuran sisa adonan buah naga biar makin segar.

3. Sop Buah Naga Merah

Mirip es campur, sop buah naga merah dapat kamu temui di sepanjang kedai takjil jelang buka puasa. Kamu juga dapat membuatnya dengan mudah. Cukup sediakan buah naga yang mata, alpukat dan mangga atau nangka sebagai isinya. Kuahnya nggak perlu pakai susu atau sirup, cukup air gula agar manisnya seimbang dengan buah naga. Wah, segar, deh!

4. Salad Buah Naga

Nah, dessert yang satu ini cocok buah kamu yang hobi makan salat. Buahnya pun mudah, cukup siapkan buah naga merah yang nggak terlalu lembek dan keras. Kombinasikan dengan pepaya, strawberry, dan melon. Jangan lupa siram dengan dressing buah yang segar dan sedikit gula untuk menajamkan rasa manis.

5. Smoothie Buah Naga

Minuman yang satu ini sangat digemari anak muda. Cocok buat kamu yang tengah diet, smoothie buah naga merah terasa segar untuk berbuka puasa. Dalam satu mangkuk, ada buah naga, pisang emas, anggur ungu, jeruk dan pir yang disiram dengan susu putih, menciptakan warna cerah. Makin nikmat jika disajikan dengan roti gandum.

6. Es Sumsum Buah Naga Spesial

Bubur sumsum biasanya disajikan nikmat sebagai takjil dengan bubur biji salak. Namun, banyak orang yang nekat buat memasukkan buah naga ke dalam adonannya. Usai dikerok, buah naga dicampur dengan air gula sebelum didinginkan. Usai dicampur dengan adonan sumsum, buah naga yang sudah dingin dimasukkan ke dalamnya dan siap disajikan.

7. Es Coco Naga

Wah, kalau sudah mencicipi minuman yang satu ini, dijamin dahaga usai berpuasa seharian hilang! Menggunakan buah naga dan nata de coco sebagai bahan utama, es coco naga makin nikmat dengan siraman sirup cocopandan. Biar segarnya terasa, kamu boleh campur dengan kelapa muda, menjadikan dessert ini makin spesial untuk berbuka puasa.

Sudah tahu mau bikin minuman apa? Yuk, atur liburan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top