Tips

7 Cara Unik Ini Bisa Usir Jet Lag Dari Tubuh Kamu

Jet lag bukan hal yang lazim lagi, khususnya buat kamu yang sering melakukan perjalanan udara. Rasa bingung bercampur lelah muncul akibat tubuh yang kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu baru.

Reaksinya pun nggak selalu dapat reda dalam beberapa jam, untuk beberapa orang, jet lag baru akan hilang setelah beberapa hari di darat. Pola tidur hingga nafsu makan pun terganggu akibat kondisi jet leg yang nggak mereda.

Tapi, tenang! Ada banyak cara untuk meredakan jet lag dengan cepat dan tepat. Salah satunya apa yang coba pilot British Airways, Mark Vanhoenacker sampaikan lewat sebuah wawancara dengan Dailymail.

Penasaran? Pegipegi sudah siapkan beberapa tips meredakan jet lag ala pilot Mark Vanhoenacker. Simak ya!

1. Aturan Jam Tidur

Foto: asianscientist

Perbedaan waktu menyebabkan jam tidur kita berantakan. Nah, bagi pilot yang sering menghadapi timezone, barupenentuan jam tidur sangatlah penting. Seperti yang sering dilakukan oleh Mark Vanhoenacker.

“Saya punya aturan 10.30 pagi. Jadi, ketika saya tiba di rumah usai terbang pada 10.30 pagi, saya langsung tidur. Namun, jika saya tiba di rumah lebih dari 10.30, saya coba tetap melek sampai saya benar-benar tubuh saya menyesuaikan sendiri jam tidur di zona waktu baru” ucapnya.

2. Sinar Matahari Terbaik

Foto: popsugar

Wajib banget buat kamu yang melakukan perjalanan di malam hari. Usai tiba, silahkan istirahat hingga matahari terbit. Tubuh memang masih lelah, namun sinar matahari yang menghantarkan panas sangat baik untuk melemaskan otot-otot yang kaku, serat memperlanjar aliran darah yang terkurung karena jet lag.

3. Kacang dan Segelas Susu

Foto: anunrefinedvegan

Lelah tapi nggak bisa tidur! Gejala jet lag yang satu ini hanya bisa kamu hilangkan dengan cara makan. Kasih deh tubuh kamu asupan makanan atau minuman dengan protein tinggi yang dapat menghantarkan kamu tidur pulas. Kalau sudah gini, camilan kacang dan susu panas bisa jadi jawaban terbaiknya untuk perut yang kenyang.

4. Jalan-Jalan Dulu

Foto: statravel

Terjadinya perbedaan waktu dalam penerbangan sangat bergantung kepada arah terbang pesawatnya, ke timur atau ke barat. Kalau kamu ke timur, bisa bangun siang tapi nggak bisa tidur lebih awal. Sebaliknya, kalau ke Barat, bisa bangun lebih awal tapi cepat ingin tidur lagi.

Caranya? Jika kamu sudah tiba pada sore hari, biasakan kamu jangan langsung tidur. Ajak tubuh kamu jalan-jalan dulu, sambil menyesuaikan diri dengan timezone baru.

5. Makan Sesuai Timezone

Foto: nytimes

Kalau penerbangan kamu jarak pendek, tips yang satu ini nggak perlu dilakukan. Tapi, kalau kamu terbang hingga 6-8 jam, akan sangat baik jika kamu menyesuaikan waktu makan besar kamu pada timezone yang kamu tuju. Di sela-sela itu, kamu bisa isi perut dengan camilan ringan yang nggak menguras otot lambung untuk bekerja keras.

6. Hanya Tidur 3 Jam

Foto: amerisleep

Penerbangan malam memang sangat melelahkan. Tapi, kamu bisa meredakan jet lag dengan cepat dengan cara tidur tiga jam. Misalnya kamu sampai di rumah pukul tiga dini hari, paksakan diri kamu untuk tidur tiga jam hingga pukul enam pagi. Tujuannya agar siklus tidur harian kamu nggak terganggu. Jadi, ketika kamu tidur di malam hari, kamu dapat bangun seperti biasa.

7. Perbanyak Air Putih, Hindari Kafein

Foto: pur

Kafein memberikan energi tambahan bagi tubuh untuk bertahan dari rasa kantuk. Sedangkan, ketika jet lag, yang kamu butuhkan hanyalah tidur. Jadi, nggak baik banyak mengonsumsi kopi hitam atau espresso sepanjang perjalanan atau saat tiba. Lebih baik tegak lebih banyak air putih agar tubuh kamu tenang atau secangkir teh panas demi melegakan otot-otot di tubuh.

Foto utama: telegraph

Sudah tahu cara mengatasi jet lag? Kalau sudah, yuk liburan! Untuk kamu yang ingin liburan, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 515 times, 2 visits today)

Comments

To Top