Kuliner

7 Cara Mudah Membuat Telur Asin Sendiri di Rumah

Pulang traveling lewat jalur Pantura, nggak lengkap kalau belum mampir ke Brebes. Yap, salah satu kota besar di Pantai Utara Pulau Jawa ini memiliki koleksi oleh-oleh wajib beli, salah satunya telur asin.

Dengan warna biru muda, telur asin khas Brebes sangat disukai banyak turis, lho. Selain memiliki rasa asin yang pas di bagian putih, kuning telurnya yang pekat terkandung protein hewani yang baik untuk tubuh.

Rasa asinnya membuat telur yang satu ini menjadi ‘obat’ tersendiri bagi para penderita darah rendah. Tapi bisa nggak sih kita membuat telur asin di rumah?

Well, untuk menjawabnya, Pegipegi punya 7 langkah membuat telur asin buat kamu yang ingin mencoba. Siapa tahu bisa bikin sendiri di rumah. Mari disimak, yuk!

1. Telur Bebek Bagus

Untuk membuat telur asin, kamu membutuhkan telur bebek dengan cangkang yang lebih tipis. Agar hasilnya bagus, siapkan telur bebek yang memiliki kualitas bagus, nggak retak maupun busuk. Bersihkan telur bebek dengan air dari segala kotoran kemudian dikeringkan.

2. Abu Gosok dan Garam

Selain telur, kamu membutuhkan abu gosok dan garam yang bisa cari di berbagai pasar tradisional. Keduanya dicampur dengan takaran satu banding satu sehingga merata, menciptakan adonan hitam pekat.

3. Bungkus Telur Bebek

Foto: telurasinmr

Setelah dicampur air sedikit ke dalam adonan abu gosok dan garam, aduk hingga merata. Setelah itu, bungkus telur bebek dengan adonan tersebut dengan ketebalan 1 sampai 2 milimeter. Jangan terlalu tipis maupun terlalu tebal.

4. Diamkan 20 Hari

Setelah dibungkus dengan adonan abu gosok dan garam, taruh telur-telur bebek tersebut ke dalam sebuah wadah dengan permukaan lembut seperti ember plastik. Diamkan selama 15 hingga 20 hari agar adonannya bekerja memberikan rasa asin ke dalam telur.

5. Ruangan Terbuka

Yang wajib kamu perhatikan adalah kualitas ruangannya. Hindari menyimpan telur bebek tersebut di ruangan tertutup dan lembap. Harus di tempat terbuka dan bersih sehingga kualitas rasa telur bisa terjaga.

6. Pembersihan Telur

 

A post shared by Madame Fong (@madame.fong) on

Setelah cukup waktu pemeraman, saatnya melepaskan telur bebek dari adonan abu gosok. Bersihkan telur dengan kain basah. Hati-hati retak karena cangkangnya yang sangat tipis.

7. Rebusan terakhir

Tahap terakhirnya adalah perebusan telur. Untuk menciptakan kematangan yang sempurna, rebus selama 15 menit. Setelah itu, matikan bara api diamkan telur hingga airnya dingin. Baru kemudian, telur tersebut diangkat dan siap disajikan.

Penasaran mau berburu telur asin? Kalau gitu, yuk berburu telur asin sambil liburan. Jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket kereta api pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto utama: michelin

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 100 times, 1 visits today)

Comments

To Top