Tips

7 Cara Mencegah Keracunan Makanan Saat Traveling!

mencegah-keracunan-makanan

Keracunan makanan bisa timbul karena kita mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Hal itu terjadi karena makanan tidak diproses atau dimasak dengan benar. Makanan yang mudah terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit jika tidak dimasak dengan benar antara lain daging mentah, susu, makanan siap saji (potongan daging matang, keju, atau roti dalam kemasan), telur mentah, dan kerang-kerangan mentah.

Gejala keracunan makanan bisa terjadi beberapa saat setelah kamu mengonsumsi makanan hingga tiga hari kemudian. Gejalanya antara lain mual, muntah-muntah, diare, kram atau sakit perut, dan demam. Keracunan makanan bisa terjadi di mana aja, bahkan saat kamu traveling. Nah, untuk mencegah keracunan makanan saat traveling, pegipegi pengin bagi-bagi tips untuk mencegahnya, yaitu:

1. Jangan minum air kran

air-kran

foto dari: okezone.com

Kalau di negara maju sudah tersedia air kran yang bisa kamu minum setiap saat. Tapi, kalau di negara yang sedang berkembang, sebaiknya kamu tidak meminum air krannya. Karena, air krannya tidak steril untuk dikonsumsi. Konsumsilah air minum dalam kemasan dan sebisa mungkin, hindari memesan minuman yang menggunakan es batu. Soalnya, bisa jadi es batunya menggunakan air yang tidak steril.

2. Pesan makanan yang matang

makanan-matang

foto dari: okezone.com

Pesanlah makanan yang dimasak dengan matang. Untuk semantara, hindari dulu telur setengah matang atau makanan setengah matang lainnya. Bukan hanya daging atau telur yang harus dimasak dengan matang, namun sayuran juga harus dimasak dengan matang. Karena, penelitian terbaru menyebutkan bahwa sayuran yang tidak dimasak dengan benar juga berpotensi menimbulkan keracunan makanan.

3. Hindari makanan siap saji

Selain tidak sehat, makanan siap saji juga menggunakan bahan-bahan seperti keju, roti kemasan, dan potongan daging matang yang mudah terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit jika tidak dimasak dengan benar. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya kamu menghindari makanan siap saji ketika traveling. Lebih baik kamu mencoba makanan khas yang ada di kota atau negara yang kamu kunjungi kan?

4. Cuci tangan sebelum makan

Makanan juga bisa terkontaminasi bakteri, virus, atau bakteri dari tangan yang kotor. Oleh karena itu, sebelum makan, jangan lupa mencuci tangan yang bersih, ya!

5. Hindari makan di pinggir jalan jika sedang tidak fit

jajan-pinggir-jalan

foto oleh: http://jkt.life

Makanan yang dijual di pinggir jalan belum tentu terjaga kebersihannya. Kamu juga tidak melihat dengan mata kepala sendiri, seperti apa proses makanan tersebut dibuat. Selain itu, udara kotor dan asap kendaraan juga bakal mudah menempel di makanan. Memang sih, banyak travelers yang mengaku baik-baik aja setelah mengonsumsi makanan tersebut. Tapi, hal itu juga tergantung dari kondisi kekebalan tubuh masing-masing. Jika kamu sedang tidak fit, sebaiknya hindari jajan di pinggir jalan dulu.

6. Hindari makanan yang sudah kadaluarsa

makanan-kadaluarsa

foto oleh: beritasatu.com

Beberapa waktu lalu, pegipegi pernah berbagi soal 10 makanan kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi ketika traveling. Rata-rata, makanan tersebut harus dimasak dulu dengan benar agar masih bisa dikonsumsi. Jika kamu tidak terlalu mengerti soal mengelola makanan kadaluarsa dengan benar, sebaiknya jangan memakan makanan yang sudah kadaluarsa tersebut. Jadi, sebelum mengonsumsi sesuatu, jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya, ya!

7. Selalu sediakan Norit

foto oleh: mariskatracy.com

Saat traveling, mungkin aja kamu makan berbagai macam makanan yang khas dan kamu tidak tahu seperti apa makanan tersebut diproses. Sebelum tidur, kamu bisa minum 6-10 butir Norit. Jangan khawatir bakal kelebihan dosis karena Norit bukanlah obat. Fungsi Norit adalah sebagai penyerap racun yang akan kamu keluarkan ketika buang air besar. Tidak perlu diminum setiap hari. Cukup diminum sekali saat traveling!

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Kalau kamu sudah tahu cara mencegah keracunan makanan, kamu nggak perlu takut traveling kan, travelers! Tunggu apa lagi? Langsung aja pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu makin murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Foto utama: http://livefitsd.com

(Visited 542 times, 1 visits today)

Comments

Mariska Tracy

Mariska Tracy

Mariska adalah penulis yang cinta lingkungan. Destinasi traveling favorit Mariska adalah Islandia, karena Islandia adalah negara terhijau di dunia.
Mariska Tracy
To Top