Tips

7 Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama Saat Liburan

Travelers, dalam sehari kita dianjurkan agar minum air putih minimal delapan gelas sehari agar sehat. Sedangkan, kandung kemih kita hanya bisa menampung kurang lebih dua gelas air. Sehingga, kita harus rutin kencing (buang air kecil). Tak terkecuali pas sedang pergi liburan. Boleh aja kamu asyik menikmati liburan, tapi jangan sampai lupa kencing, ya! Soalnya, menahan kencing terlalu lama nggak baik untuk kesehatan. Apa aja nih bahaya yang ditimbulkan dari menahan kencing terlalu lama?

1. Anyang-anyangan

foto dari: SehatFresh.Com

Ketika kamu mengalami nyeri saat kencing, bisa jadi kamu mengalami anyang-anyangan. Anyang-anyangan bisa terjadi karena kebiasaan menahan kencing terlalu lama. Dan anyang-anyangan merupakan gejala dari munculnya infeksi kandung kemih.

2. Infeksi kandung kemih

Air kencing (urin) mengandung banyak bakteri dan kotoran. Menumpuknya urin di kandung kemih bisa menimbulkan infeksi kandung kemih. Selain nyeri saat kencing, Gejala infeksi kandung kemih antara lain muncul rasa nyeri di perut bagian bawah, kencing dengan volume sedikit, dan kencing disertai pendarahan.

3. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing mirip seperti infeksi kandung kemih. Penyebabnya juga sama, yaitu karena adanya bakteri dan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Gejalanya pun sama.

4. Menganggu proses pencernaan

Menahan kencing terlalu lama bisa mengganggu dan merusak proses pencernaan di dalam tubuh, yaitu dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Nggak heran sih, soalnya sisa pencernaan sebelumnya belum dibuang.

5. Infeksi ginjal

foto dari: Deherba.com

Menahan kencing terlalu lama membuat air kencing naik menuju ginjal, sehingga memicu terjadinya infeksi ginjal. Jika dibiarkan, bisa membuat kesehatan ginjal menurun.

6. Gagal ginjal

Infeksi ginjal bisa menimbulkan gagal ginjal. Jika sudah mengalami gagal ginjal, ginjal tak lagi mampu menyaring dan membuang kotoran sisa pencernaan. Siklus pencernaan juga menjadi kacau.

7. Batu ginjal

Batu ginjal juga bisa terbentuk saat urin menumpuk pada ginjal kemudian menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan urin terjadi karena urin memiliki kandungan kristal garam yang akan menggumpal dan mengeras ketika jumlahnya makin banyak. Gejalanya antara lain sakit ketika kencing, susah kencing, dan rasa nyeri pada bagian ulu hati.

Nah, sudah tahu kan pentingnya kencing secara teratur, meskipun kamu sedang liburan. Supaya bujet liburan kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 245 times, 1 visits today)

Comments

To Top