Destinasi

7 Alasan Kenapa Gunung Agung Wajib Masuk Daftar Liburan Kamu

Gunung Agung di Pulau Dewata, Bali tengah jadi sorotan. Aktivitas vulkanik yang meningkat dalam seminggu terakhir membuat masyarakat Indonesia dilanda kehebohan.

Status awas pun diberikan oleh BMKG menanggapi aktivitas Gunung Agung tersebut. Puluhan ribu penduduk terpaksa harus mengungsi untuk sementara waktu demi mengantisipasi momen terburuk.

Lantas, apakah kondisi ini buat Gunung Agung hilang pesona? Nggak sama sekali! Gunung suci yang terletak di kawasan Karangasem ini justru menarik minat wisatawan lokal, maupun luar. Saat dalam kondisi normal, gunung yang memiliki ketinggian 3,031 meter ini sering menjadi destinasi pendakian para petualang.

Pegipegi punya 7 alasan kenapa Gunung Agung wajib masuk daftar destinasi wisata terbaik dalam hidup kamu. Penasaran? Yuk, disimak!

1. View Bali Sempurna

Foto: Kompas

Menjadi yang tertinggi buat Gunung Agung menjadi tempat yang pas untuk memandang Pulau Bali secara keseluruhan. Dengan melakukan pendakian sepanjang 3000 meter lebih, kamu bakal dibius dengan lanskap pulau dewata yang beragam dari atas. Bahkan, kamu bisa melihat dengan jelas Pantai Sanur dari atas Gunung Agung.

2. Tetangga Gunung Rinjani

Foto: Beritasatu

Meski berbeda pulau, Gunung Agung juga menjadi spot yang cocok buat kamu menikmati pemandangan Gunung Rinjani dari Lombok. Dengan menoleh ke sebelah timur, eksotis Gunung Rinjani seakan menyatu dengan suasana asri dari Gunung Agung. Selain itu, dari puncak, juga terselip pemandangan Gunung Batur yang menjadi gunung kedua di Pulau Dewata.

3. Akses Tiga Jalur

Foto: Kompas

Yang bikin menarik dari Gunung Agung adalah jalur pendakiannya. Sejak dibuka untuk umum, Gunung Agung memiliki tiga jalur pendakian, dari Nangka, Kecamatan Selat dan Kecamatan Rendang, Dua jalur di antaranya pun melewati dua pura terkenal, Pasar Agung dan Besakih. Jadi, kamu bisa singgah sebentar sebelum mendaki.

4. Dua Puncak, Dua Panorama

Foto: Lastmanontrails

Sebelum naik, para turis biasanya dihadapkan dengan dua pilihan, puncak satu atau puncak dua. Untuk mencapai ke puncak satu, kamu harus menempuh jarak sekitar 3.031 meter dengan pemandangan spektakuler. Sedangkan puncak kedua yang hanya berjarak 2.000 meter punya pesona alam yang nggak kalah menawannya dari puncak satu. Intinya, tergantung fisik pendaki.

5. Bentuk Kawah Menawan

Foto: Tribun

Gunung Agung sendiri merupakan gunung bertipe stratovolcano. Di mana, kawahnya memiliki diameter yang cukup besar dan dalam. Meskipun dari jauh tampak runcing, puncak Gunung Agung sendiri melingkar lebar. Untuk mendapatkan view menawan, kamu bisa memandang ke dalam isi kawah jika kondisi gunung stabil. Asap putih belerang yang membumbung tinggi bersatu cantik dengan lelehan lava dari dasar.

6. Sumber Mata Air Suci

Foto: Roydirgantara

Jika naik dari Pura Besakih, turis bakal disambut dengan sumber mata air suci Titra Gangga. Konon, mata air ini dipercaya membawa keberkahan bagi siapapun yang mampir ke Gunung Agung. Tapi, nggak semua orang bisa mengambilnya, lho. Hanya yang sudah bersembahyang yang bisa datang dan mengambil air dari sumber mata air suci tersebut.

7. Ragam Upacara Adat

Foto: Embunusadamai

Dipercaya sebagai pusat dari bumi, Gunung Agung sangat dijaga oleh masyarakat sekitar. Sejak terakhir meletus pada 1963, warga secara rutin menggelar berbagai upacara penyucian Gunung Agung. Salah satunya Upacara Wana Kertih yang digelar untuk meminta kelestarian dan harmonisasi alam agar nggak terjadi bencana.

Foto: baliorti

Nggak sabar mau liburan di Bali? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top