Destinasi

7 Aktivitas Seru Buat Liburan di Geopark Ciletuh, Sukabumi

Bosan liburan ke tempat wisata yang itu-itu saja? Tenang, kota Sukabumi, Jawa Barat siap bikin kamu terkejut lewat wisata Geopark Ciletuh!

Kenapa harus ke sini? Yap, secara ilmiah, Geopark Ciletuh memang hanya sekumpulan batuan raksasa tertua di Pulau Jawa. Tetapi, kalau kamu lihat isinya, wisata Geopark Ciletuh menawarkan paket lengkap pantai, air terjun sampai bukit cantik untuk berburu sunrise dan sunset.

Saking luasnya, kamu butuh waktu 3-4 hari untuk menjelajah isi dari Geopark Ciletuh. Ya, mirip taman dinosaurus yang ada di film Jurassic Park, sih.

Nah, buat yang berencana liburan di Geopark Ciletuh, Sukabumi dalam waktu dekat, Pegipegi punya daftar 7 hal yang bisa kamu lakukan di sini. Siapa tahu bisa menemukan inspirasi dalam berlibur di Geopark Ciletuh. Simak yuk!

1. Berburu Air Terjun Cantik

Dengan luas 1.261 km2, Geopark Ciletuh memiliki banyak sekali wisata air terjun yang nggak kamu lewatkan. Yang bikin beda dengan kawasan wisata batuan lainnya, air terjun di Geopark Ciletuh dikenal dengan alira air yang curam pada batuan keras. Ini disebabkan karena proses erosi yang lambat. Ada sembilan air terjun yang dapat dikunjungi, dua di antaranya, Curug Puncakjeruk serta Curug Cimarinjung menjadi lokasi favorit para wisatawan.

2. Bentang Alam Mengagumkan

Daya tarik lain dari Geopark Ciletuh adalah panorama alam dari ketinggiannya. Secara kontur, Geopark Ciletuh meripakan dataran tinggi dengan lembah berbentuk tapal kuda. Jadi, Geopark Ciletuh memiliki banyak titik puncak berupa bukit yang bisa kita gunakan untuk berburu pemandangan bentang alamnya. Dari ketinggian, kamu bisa melihat hamparan luas sawah hijau hingga pesisir pantai yang mengagumkan. Ada beberapa titik puncak di Geopark Ciletuh, Girimukti, Cikiara, Cikalapa, Mekarsakti, Panejoan dan Pamoyanan. Semuanya memiliki karakteristik panorama yang berbeda, lho.

3. Bersantai di Pulau Kecil

Kawasan Geopark Ciletuh dulunya merupakan laut. Namun, aktivitas geologis yang terjadi membuat kawasan Ciletuh terangkat. Alhasil, kamu bakal menemukan banyak sekali pulau kecil yang cantik. Yang bikin menarik, bentuk pulau di kawasan Geopark Ciletuh mirip seperti binatang. Dengan menggunakan perahu nelayan, kamu bisa bersantai di pulau seperti Pulau Karang Daeu, Pulau Mandra, Pulau Manuk, Pulau Kunti dan Pulau Batubelah.

4. Meneliti Batuan Purba

Nggak lengkap rasanya kalau belum bermain dengan batu-batuan purba di Geopark Ciletuh. Sepanjang pesisir pantai Cikadal hingga Cikepuh, kamu dapat melihat berbagai macam objek batuan yang memiliki bentuk unik. Beneran unik karena batu-batu ini menyerupai berbagai jenis mahluk hidup, mulai dari kodok, kerbau, buaya, komodo bahkan alien. semuanya memiliki usia 30-45 juta tahun dan menjadi bagian dari formasi batu purba Ciletuh.

5. Menelusuri Gua Laut

Mau wisata yang agak kalem namun menantang? Geopark Ciletuh menawarkan sensasi gua laut. Terdapat, ada dua gua laut yang menjadi menu wajib wisatawan di Geopark Ciletuh, Gua Laut Sodong Parat dan Gua Laut Kunti. Keduanya terbentuk karena retakan batu yang terus digempur oleh ombak sehingga terjadi erosi. Nah, di dalam melihat struktur cantik dinding gua yang basah.

6. Kehangatan Dekat Geyser

Lokasinya, agak menjorok sedikit ke dalam. Geyser Cisolok di kawasan Geopark Ciletuh merupakan spot air panas yang cukup menarik. Letaknya di daerah pantai, Geyser Cisolok menghadirkan semburan air panas dari celah bebatuan di tengah sungai. Semburannya dapat melontarkan air sampai 3-4 meter ke udara, membuat suhu di sekitarnya hangat. Tapi jangan sekali-kali kamu mandi di dekat Geyser karena dapat membahayakan tubuh.

7. Berburu Sunset di Pantai

Kelar berpetualang, saatnya kamu menutup hari kamu dengan bersantai di deretan pantai cantik Geopark Ciletuh. Terbentang luas dari timur ke barat, Geopark Ciletuh hadir dengan koleksi pantai pasir putih yang menakjubkan. Biota laut di sekitar pantai masih terjaga keberagamannya, sehingga cocok buat kamu yang ingin bersantai sambil berkawan dengan banyak ikan maupun terumbu karang. Jangan lupa untuk berburu sunset di sore hari karena pantai Palangpang, Cikadal, Batununggul, Cikepuh dan Ujung genteng menawarkan aksen jingga cantik di angkasa, lho.

Foto semua: Shutterstock

Jika sudah tahu mau liburan kemana, cari hotel murah di Sukabumi juga, yuk! Selamat liburan!

 cari hotel murah lain di Sukabumi

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top