Destinasi

7 Air Terjun Cantik dan Unik di Bali Wajib Kamu Kunjungi

Bali sangat kaya akan destinasi wisata alam yang memesona. Selain punya pantai-pantai yang cantik, Pulau Dewata turut menawarkan wisata air terjun yang menawan.

Pilihan air terjunnya pun beragam. Mulai dari Air Terjun Tegunungan yang mistis, hingga Air Terjun Sekumpul yang romantis buat berlibur sambil bulan madu.

Berada di kawasan pegunungan dan bukit, kamu dapat menikmati keindahan air terjun tersebut sambil bersantai di dalamnya. Udara yang sejuk siap memanjakan liburan kamu dengan siulan burung dari atas langit.

Nah, kira-kira air terjun di Bali mana saja yang wajib kamu kunjungi? Berikut 7 air terjun pilihan Pegipegi, nih!

Air Terjun Gitgit

Berlokasi di Buleleng, nggak mudah untuk mencapai Air Terjun Gitgit. Kamu diharuskan melakukan trekking dengan medan jalan berkelok serta naik turun yang melelahkan lantaran posisinya berada di Pegunungan Gitgit. Namun, saat kamu sudah sampai di bibir air terjun, rasa lelah langsung terbayarkan. Deburan keras air terjun berpadu dengan hembusan angin, membawa embun ke pipi kamu menciptakan sensasi sejuk dan nyaman. Terdapat pendopo bagi kamu yang ingin beristirahat langsung berhadapan dengan air terjun yang satu ini.

Air Terjun Tibumana

Terletak di Kabupate Bangli, Air Terjun Tibumana menyimpan pesona tersendiri. Banyak orang menyebut wisata ini sebagai air terjun kembar karena ada dua jeram yang berdampingan. Debit deburan airnya yang jatuh dari ketinggian 20 meter pun terlihat mirip, menciptakan efek mesra di antara keduanya. Yang menarik, di balik air terjun ini terdapat goa misterius yang dipercaya merupakan jalan pintas menuju Pura Goa Raja Besakih. Dengan kolam air terjun yang dangkal, kamu dapat bermain air sepuasnya di sini.

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul terletak di dataran tinggi. Tepatnya ada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Air Terjun Sekumpul siap membius kamu dengan keindahannya. Air Terjun Sekumpul merupakan komplek dari tujuh air terjun dalam satu wilayah. Lokasinya pun nggak berdempetan, sehingga nggak bisa disebut kembar. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara main ke Air Terjun Sekumpul untuk berolahraga. Salah satunya adalah yoga. Dengan berada di pinggir air terjun, kamu akan mendapatkan atmosfer sunyi dan tenang.

Air Terjun Kanto Lampo

Ada di Kabupaten Gianyar, Air Terjun Kanto Lampo berbeda dari kebanyakan air terjun lainnya. Jika biasa air terjun jauh dari pemukiman penduduk, Air Terjun Kanto Lampo berbeda. Terletak di dataran rendah, air terjun yang satu ini menawarkan kesejukan yang berarti. Oksigen yang berhembus segar berasa dari banyak pohon yang berdiri di sepanjang sungai. Air terjun ini tertata dengan rapi, dengan panorama hijau asri di berbagai sudut. Lantaran posisinya yang agak miring, air yang mengalir di atas nggak jatuh secara langsung, lho.

Air Terjun Juwuk Manis

Berjarak 75 kilometer dari kota Denpasar, Air Terjun Juwuk Manis memiliki ukuran mini. Berada di dusun Juwuk Manis, air terjun ini menawarkan kolam air yang segar untuk berendam, lho. Aksesnya yang cukup mudah dikelilingi pematang sawah menjadi bonus tersendiri bagi wisatawan yang ingin berlibur di sini. Meski nggak berada di kawasan pegunungan, air yang mengalir di Air Terjun Juwuk Manis terasa dingin dan segar banget. Ditambah pemandangan yang hijau, dijamin kamu bakal betah berlama-lama di sini. Air terjun yang satu ini juga bisa buat kamu beryoga, lho.

Air Terjun Tegenungan

Lokasinya yang nggak jauh dari Denpasar membuat Air Terjun Tegenungan terasa spesial. Herannya, belum banyak wisatawan yang tahu kalau Ubud punya air terjun seindah ini. Mengalir di atasnya, Tukad Petanu yang merupakan sungai dengan pemandangan terasiring sawah di sisi kanan dan sisi kiri. Para pengunjung bisa menyusuri sungai tersebut mendekati lokasi deburan air yang jatuh ke bawah. Dari bawah, siap-siap terpukau dengan bentuk “Grojogan” air yang jatuh dari atas. Diapit dua batu besar, air terjun tersebut terpecah ke dalam tiga bagian sebelum bersatu menuju bawah.

Air Terjun Tembok Barak

Indah, adalah satu kata yang dapat mendeskripsikan air terjun yang satu ini. Terletak di kawasan Buleleng, Air Terjun Tembok Barak terjepit di antara dua tebing besar yang berlumput. Tingginya yang hanya 5 meter membuat air terjun yang satu ini sangat intens dan memberikan kesan ramah dengan jeramnya yang bersahabat. Kolamnya yang berwarna biru toska memberikan nuasa segar, selain airnya yang lumayan dingin. Panorama terasa makin menawan dengan latar tebing yang gagah, menjadikan feed Instagram kamu makin mewah.

Nggak sabar pengin main ke air terjun di Bali? Yuk, pesan tiket pesawat ke Bali dan cari hotel murah di sana lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Bali cari hotel murah di Bali

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top