Berita

69 Persen Orang Indonesia Suka Sahur Mepet Imsak

Sahur sangatlah penting buat kamu yang akan menjalankan ibadah puasa. Santap dini hari ini sangat dianjurkan untuk menggantikan sarapan pagi yang biasa dilakukan sehari-hari.

Dalam hadis, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk umatnya bangun sahur pada sepertiga malam terakhir. Jika dihitung dengan jam, sahur sudah dimulai dari pukul 01.00 hingga waktu subuh tiba.

Tapi, tahu nggak sih kapan rata-rata orang Indonesia bangun pagi untuk santap sahur? Well, Pegipegi sempat membuat polling khusus di Twitter yang diikuti puluhan followers.

Foto: buzzfeed

Hasilnya, 63 persen koresponden mengatakan kalau mereka baru melaksanakan santap sahur mereka jelang imsak. 30 persen berkata lebih suka sahur sesuai dengan jadwalnya sekitar pukul tiga pagi.

Sedangkan, tujuh persen dari koresponden memutuskan untuk santap sahur lebih awal. Perkiraan sahur mereka sekitar pukul satu hingga dua pagi.

Bisa Kena Asam Lambung

Sebenarnya, nggak ada masalah kamu mau sahur pada pukul berapa saja. Tentu, asal nggak lewat dari jadwal imsak yang sudah ditentukan sebelumnya.

Akan tetapi, kebiasaan santap sahur mendekati jadwal imsak itu ternyata nggak baik terhadap tubuh, lho. Apalagi, dari beberapa kamu pasti akan kembali tidur usai melaksanakan santap sahur di waktu subuh.

Seperti yang dilansir oleh Kompas. kebiasaan sahur mendekati jadwal imsak yang kemudian disusul dengan tidur akan menyebabkan gangguan asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) di mana kamu akan merasakan rasa panas di dada seperti terbakar dan ada sesuatu yang mengganjal di dalam perut.

Jika hal ini nggak segera ditangani, kamu akan sulit mencerna makanan yang masuk. “Kebiasaan ini meningkatkan risiko terjadinya masalah pada lambung seperti dispepsia atau GERD, terutama jika kamu sudah mempunyai penyakit maag sebelumnya,” ucap sang pakar, Dr. dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH.

Bagaimana antisipasinya? Banyak pakar menganjurkan kamu untuk sahur lebih awal agar dapat memberikan lambung kamu sedikit nafas untuk beraktivitas. Kamu juga bisa menunda tidur subuh kamu dengan beribadah agar lambung nggak terkena gangguan seperti itu.

Foto utama: hgtvhome

Supaya puasa kamu lancar dan sehat, yuk, usahakan bangun sahur lebih awal. Sambil menunggu sahur, mendingan kamu rencanain aja liburan selanjutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.zestvip.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 75 times, 1 visits today)

Comments

To Top