Event & Festival

6 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Indonesia

Paskah menjadi salah satu perayaan penting bagi umat Kristen dan Katolik. Di Hari Paskah, para jemaat merayakan kebangkitan Yesus dengan berbagai tradisi. Tak terkecuali di enam daerah yang ada di Indonesia berikut ini. Ada berbagai tradisi perayaan Paskah yang unik. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya ya!

1. TRADISI KURE, NUSA TENGGARA TIMUR

Foto: Kompas.com

Di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kampung Kote, ada perayaan Paskah yang disebut Tradisi Kure. Tradisi ini berlangsung pada tri hari suci Paskah. Diawali dengan ritual pengosongan diri yang dinamakan Boe Nekaf sehari sebelum tri hari suci. Rangkaian Tradisi Kure lainnya meliputi pemandian benda-benda suci (Taniu Uis Neno) peninggalan Portugis yang menyebarkan agama Katolik di Nusa Tenggara Timur.

Kemudian para jemaat melanjutkan ritual dengan melakukan persembahan berupa uang, buah-buahan, sayuran, sirih, dan pinang yang nantinya akan dibagikan kembali. Ritual ini ditutup dengan tarian dan menghanyutkan air dan minyak yang digunakan pada saat Taniu Uis Neno. Tradisi Kure ini menjadi daya tarik wisata religi Nusa Tenggara Timur.

2. TRADISI MEMENTO MORI, KALIMANTAN TENGAH

Foto: Info Itah

Berikutnya di Kalimantan Tengah, ada Tradisi Memento Mori yang merupakan hasil akulturasi zaman Belanda sejak abad ke-19. Kalau biasanya orang-orang berziarah ke makam pada pagi atau siang hari, lain halnya dengan Tradisi Memento Mori. Tradisi ini melakukan ziarah ke makam pada malam hari. Keluarga berkumpul dengan membawa lilin dan bunga untuk ditabur di atas makam.

Memento Mori sendiri berarti mengingat kematian. Setelah berziarah, masyarakat beribadah di tenda dekat makam. Tradisi ini berlangsung dari malam hari hingga subuh.

3. PERAYAAN SEMANTA SANA, FLORES TIMUR

Foto: Jalan2Liburan

Perayaan Semanta Sana dilakukan oleh umat Katolik di Larantuka, Flores Timur. Berlangsung selama empat hari berturut-turut, Perayaan Semanta Sana juga disebut Pekan Suci. Puncak perayaan ini ada pada hari Jumat Agung yang disebut dengan Sesta Vera.

Di perayaan ini dilakukan ritual Tikam Puro pada Kamis Putih untuk menyiapkan jalur sepanjang 7 km yang akan digunakan jemaat. Di jalur ini jemaat memasang lilin dan membawa patung Perawan Maria yang dikenakan pakaian berkabung warna hitam, ungu, atau mantel beludru warna biru. Selanjutnya di hari Jumat Agung dilakukan pengusungan tubuh Yesus, kemudian ritual berlanjut pada Sabtu Suci dan Minggu Paskah.

4. ZIARAH KAPEL TUAN MA, LARANTUKA

Foto: KuKa

Masih di Larantuka, Flores Timur, puluhan ribu peziarah juga mengunjungi Kapel Tuan Ma untuk menghormati patung Bunda Maria. Patung ini hanya diperlihatkan pada publik saat Hari Paskah. Tak hanya masyarakat lokal, umat Katolik dari berbagai daerah berbondong-bondong ingin masuk ke dalam Kapel Tuan Ma.

Di dalam kapel, ada upacara Muda Tuan yang bertujuan membersihkan patung Bunda Maria. Setelah upacara selesai, barulah pintu-pintu kapel dibuka agar jemaat dapat memberikan penghormatan. Lagu-lagu pujian untuk Bunda Maria pun dilantunkan dengan penerangan lilin.

5. ZIARAH GUA MARIA SENDANGSONO, KULON PROGO

Foto: Andreas Agung

Beralih ke daerah Kulon Progo, Gua Maria Sendangsono menjadi tujuan peziarah. Di gua ini peziarah berdoa dan merenung. Perayaan ini dipenuhi dengan ucap syukur yang dilakukan secara sederhana.

Di gua ini juga terdapat mata air Tirta Wening Banyu Panguripan. Mata air ini dipercaya dapat memberikan keberkahan. Karena itu jemaat biasanya membasuh muka bahkan ada yang membawa pulang air tersebut.

6. JALAN SALIB, WONOGIRI

Foto: Antara Foto

Tak hanya di luar negeri, prosesi jalan salib juga ada di Indonesia. Tepatnya di Gunung Gandul, Wonogiri, yang dikenal dengan nama Jalan Salib. Masyarakat biasanya mengadakan teatrikal prosesi penyaliban Yesus. Di sepanjang Jalan Salib, jemaat memanjatkan doa di lima pemberhentian. Ribuan jemaat selalu memadati Gunung Gandul untuk mengikuti proses Jalan Salib. Para jemaat berjalan mendaki bukit sepanjang 1 kilometer untuk proses ini.

Pengin liat langsung tradisi-tradisi Paskah ini? Biar hemat kamu bisa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top