Event & Festival

6 Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik di Seluruh Dunia

Ada banyak cara buat merayakan tahun baru, lho. Mulai dari pesta BBQ di rumah, staycation bareng keluarga hingga berburu kembang api di pinggir pantai.

Tapi, nggak cuma itu. Karena, ada banyak banget tradisi tahun baru di dunia yang jauh lebih unik, aneh dan menarik buat dikulik.

Mulai dari Jepang hingga Denmark, semuanya memiliki tradisi perayaan tahun baru dengan artinya masing-masing. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini, yuk!

Jepang

Biasanya, lonceng berdentang sebanyak 12 kali saat pergantian tahun baru. Namun di Jepang, lonceng justru berbunyi sebanyak 108 kali. Yap, ini merupakan tradisi yang diusung umat Buddha sebagai cara merayakan tahun baru. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk memusnahkan semua dosa dari para manusia. Selain itu, bunyi lonceng merupakan tanda kebahagiaan memasuki tahun yang baru.

Kolombia

Koper biasanya digunakan buat traveling. Tapi, bagi masyarakat Kolombia, koper menjadi salah satu gimik buat mereka merayakan tahun baru, lho. Saat malam tahun baru tiba, beberapa orang bakal menenteng koper mereka dan berkelilingi komplek, layaknya sedang traveling. Tujuannya, agar tahun depan semua impian traveling mereka bakal terwujud.

Spanyol

Kamu termasuk pecinta anggur? Nah, tradisi tahun baru di Spanyol rasanya cocok banget buat kamu, deh. Masyarakat Spanyol merayakan pergantian tahun baru dengan cara memakan anggur. Yang menarik, mereka akan memakan anggur mengikuti bunyi lonceng sebanyak 12 kali. Tujuannya agar di tahun depan mendapatkan kesuksesan dan keberuntungan yang melimpah.

Denmark

Terdengar aneh, namun memecahkan piring sudah menjadi tradisi turun temurun bagi warga Denmark. Jadi, setiap tanggal 31 Desember, orang-orang bakal berkumpul di depan rumah keluarga maupun sahabat untuk memecahkan piring. Target utamanya adalah pintu rumah. Tujuannya adalah untuk mengusir kesialan di tahun lalu dan memulai hal baik di tahun yang baru.

Filipina

Bagi warga Filipina, bentuk lingkaran seperti koin merupakan simbol dari kemakmuran. Sehingga, tiap kali tahun baru tiba, kamu bakal menemukan banyak sekali hal yang berbentuk lingkaran. Mulai dari pakaian yang dikenakan, makanan hingga dekorasi tahun baru di rumah-rumah. Semuanya berbentuk lingkaran, deh!

Amerika Latin

Negara-negara di Amerika Latin punya cara unik buat merayakan tahun baru. Yaitu dengan mengenakan celana dalam dengan warna cerah. Seperti di Brazil yang mayoritas masyarakatnya memilih warna merah yang menjadi simbol keberanian. Sedangkan, di negara seperti Meksiko dan Bolivia, warna kuning dipilih sebagai penanda kemakmuran dan keberuntungan.

Sudah nggak sabar liburan tahun baru? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top