Tips

6 Tips supaya Terhindar dari Penipuan Saat Traveling

Saat jalan-jalan kamu pasti akan excited sekali karena kamu sedang mengunjungi di tempat yang belum pernah kamu datangi, berkenalan dengan orang-orang baru, atau kesenangan karena menariknya atraksi jalanan yang nggak sengaja kamu temukan di tempat kamu berlibur. Nah, biasanya kamu akan lengah dengan keamanan kamu karena terlalu bersemangat. Untuk itu, supaya kamu nggak tertipu dengan orang-orang licik yang biasa mengincar para turis, baca tips ini dulu, yuk, travelers.

1. Selalu waspada di keramaian

www.guideadvisor.com

www.guideadvisor.com

Tips yang satu ini sebenarnya berlaku kapan pun saat kamu keluar rumah, nggak cuma waktu liburan. Tapi untuk kamu yang sedang berlibur ke luar kota atau luar negeri, hal ini menjadi sangat penting untuk kamu perhatikan, karena kamu sedang berada jauh dari rumah.

Saat liburan, kamu akan mengunjungi tempat-tempat menarik yang biasanya selalu ramai pengunjung untuk berfoto atau mencicipi hidangan khas setempat yang unik. Di tempat ramai seperti ini, pencopetan mudah sekali terjadi. Hati-hati jika tiba-tiba ada yang berkerumun di dekat kamu. Hal itu sering sengaja dilakukan untuk mengecoh perhatian kamu. Karena ada kerumunan, kamu akan langsung memperhatikan kerumunan itu dan lengah dengan barang bawaanmu, sehingga barang-barang di tas kamu mudah diambil oleh orang yang sedari awal sudah bersiap-siap di dekat kamu.

Untuk menghindarinya, sebaiknya perhatikan barang bawaanmu dan posisikan di bagian depan tubuh kamu saat melewati tempat-tempat yang padat pengunjung. Bawa uang secukupnya aja di dalam tas. Tapi jika terpaksa semua uang harus kamu bawa, pisahkan di beberapa tempat berbeda supaya saat uang di salah satu tempat itu tercuri, kamu masih punya cadangan uang lainnya.

2. Pastikan harga saat kamu membeli sesuatu

www.bangkok.com

www.bangkok.com

Penipuan lain yang biasanya sering dialamai oleh para traveler adalah penipuan saat berbelanja cinderamata yang khas dari tempat kamu berlibur. Pada saat inilah biasaya pedagang memanfaatkannya untuk menipu para turis. Biasanya mereka memberikan harga yang berkali-kali lipat lebih mahal daripada harga pasarannya untuk mendapatkan untung yang berkali-kali lipat juga.

Kamu pasti nggak mau, kan, membayar barang dengan harga yang nggak semestinya? Maka dari itu, rajin-rajin cek ke berbagai sumber sebelum membeli sesuatu. Misalnya, kamu bisa bertanya ke petugas hotel tempat kamu menginap berapa harga pasaran barang yang kamu inginkan. Atau kamu juga bisa cari infonya di internet. Karena biasanya, banyak travelers yang menceritakan pengalamannya berbelanja saat liburan di media sosial.

3. Jangan terlalu mudah percaya orang yang nggak kamu kenal

www.ganduridinierusalim.com

www.ganduridinierusalim.com

Ketika traveling, sudah pasti kamu akan datang ke tempat di mana nggak ada satu pun orang yang kamu kenal. Kalau pun ada, paling hanya beberapa orang saja. Di tempat kamu berlibur, pasti kamu akan bertemu banyak asing yang sehari-harinya memang tinggal di daerah tersebut. Hal ini sering dimanfaatkan orang itu untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menipu kamu.

Untuk hal yang satu ini, biasanya si penipu akan mendekati kamu dan mulai sok akrab dengan mengajak kamu berbicara. Orang itu akan bertanya berbagai hal ke kamu, seperti kamu berasal dari mana atau tempat apa yang sedang kamu tuju. Setelah itu, ia akan menawarkan bantuan untuk mengantarkan kamu ke tempat tersebut tanpa menyebut-nyebut akan meminta imbalan. Tapi kemudian, saat sudah sampai di tujuan, orang itu akan meminta uang jasa. Bahkan, orang-orang seperti ini biasanya akan meminta uang dengan sedikit memaksa.

Biasanya orang-orang yang berniat jahat seperti ini sudah sangat tahu mana turis yang baru pertama kali liburan ke sana dan turis mana yang sudah biasa datang ke tempat itu. Mereka bisa melihat dari gelagat yang kamu buat. Maka dari itu, sebaiknya bersikaplah senormal mungkin. Cobalah untuk membaur dengan orang-orang di sekitar. Karena, kalau kamu sangat menunjukkan bahwa kamu adalah turis, kamu akan mudah menjadi sasaran penipuan seperti ini.

4. Cek dulu biaya transportasi sebelum traveling

blog.monarch.co.uk

blog.monarch.co.uk

Sebelum jalan-jalan ke suatu tempat, apalagi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi, sebaiknya biasakan untuk cek terlebih dahulu harga-harga semua alat transportasi yang kemungkinan, atau bahkan sudah pasti akan kamu gunakan nanti.

Kamu bisa cek dari beberapa website yang menjual tiket pesawat, kereta api, atau bus yang akan kamu gunakan. Jadi, setibanya di tempat tujuan, kamu nggak akan tertipu oleh penjual tiket transportasi lokal dan harus membayar dengan biaya yang jauh lebih mahal. Selain itu, kamu juga bisa baca di internet untuk mengetahui berapa biaya perjalanan yang diperlukan dan naik transportasi apa supaya bujet perjalananmu nggak membengkak.

5. Jangan memberikan nomor kartu kredit sembarangan

www.loansindubai.net

www.loansindubai.net

Penipuan seperti ini rawan terjadi di hotel-hotel tempat kamu menginap. Saat kamu ada di kamar hotel untuk beristirahat, tiba-tiba ada orang yang menelepon dan mengaku sebagai resepsionis hotel. Orang ini akan memberikan tagihan biaya hotel selama kamu menginap dan meminta kamu membayar menggunakan kartu kredit. Kemudian, kamu akan diminta menyebutkan nomor kartu kredit milikmu. Saat itulah kamu bisa menjadi korban penipuan.

Jika ada orang-orang seperti ini menghubungi kamu, jangan langsung percaya dan menyebutkan nomor kartu kredit. Turunlah ke lantai dasar tempat resepsionis berada. Konfirmasi terlebih dahulu pada pihak resepsionis, apakah benar mereka yang menghubungi kamu. Karena biasanya, pihak resepsionis nggak akan menanyakan informasi kartu kredit kamu lewat telepon. Kamu harus lebih hati-hati terhadap panggilan telepon seperti ini supaya kartu kredit kamu nggak kebobolan.

6. Hati-hati kalau tiba-tiba kamar hotel kamu dipindah

milesworker.boardingarea.com

milesworker.boardingarea.com

Selain soal kartu kredit, ada penipuan lain yang kerap kali dialami oleh para penghuni hotel. Sebelum bepergian, biasanya kamu akan memesan penginapan beberapa hari sebelum kamu berangkat. Kamu akan memilih tipe kamar dengan harga yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu selama liburan nanti.

Tapi, terkadang pihak hotel berbuat curang. Kamar yang sudah kamu pesan sebelumnya, ditukar dengan kamar lain yang tipenya berbeda dan kelasnya lebih rendah. Jadi nanti saat kamu datang, kamu akan diantarkan ke kamar yang berbeda dengan kamar yang seharusnya kamu dapatkan. Hal ini dilakukan agar pihak hotel bisa menjual kembali tipe kamar yang kamu pesan sebelumnya ke orang lain untuk mendapatkan untung lebih.

Supaya kamu nggak mengalami hal ini, sebaiknya kamu memperhatikan dengan secara detail fasilitas-fasilitas yang tersedia pada tipe kamar yang kamu pesan. Sehingga saat kamu sampai nanti kamu akan tahu apakah kamar kamu ditukar oleh pihak hotel atau tidak, dan kamu bisa protes jika hal menyebalkan ini sampai terjadi.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Setelah baca berbagai tips di atas, semoga kamu nggak kena penipuan apa pun saat jalan-jalan, ya, travelers! Jangan takut, asalkan kamu hati-hati, semuanya liburan kamu pasti akan aman-aman saja. Nah, sekarang, waktunya cari-cari tiket pesawat murah, tiket kereta api murah dan hotel murah di pegipegi.com.

cari tiket pesawat murah cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 564 times, 1 visits today)

Comments

To Top