Tips

6 Tips Supaya Kamu Bisa Liburan Hemat ke Australia

Sekarang sedang musim semi di Australia. Berbeda dengan negara empat musim lainnya, musim panas di Australia berlangsung pada akhir tahun dan musim dingin berlangsung pada pertengahan tahun. Jadi sekarang, musim dingin di Autralia sudah lewat dan kamu bisa mengunjungi Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth atau kota-kota lainnya tanpa kedinginan.

www.crashsymphony.com.au

www.crashsymphony.com.au

Musim semi adalah salah satu musim yang pas untuk mengunjungi negara-negara bersuhu rendah. Udaranya sudah nggak terlalu bikin menggigil seperti saat musim dingin. Udaranya sudah berangsur-angsur menghangat. Jadi kamu bisa memakai jaket atau baju-baju lain yang lebih tipis, tapi kamu masih bisa memakai sepatu boots andalan untuk menunjang penambilan. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman dan tetap keren saat jalan-jalan keliling kota.

Tapi, Australia termasuk negara yang biaya hidupnya tinggi. Jalan-jalan ke sana akan menguras kantong kamu kalau nggak pintar-pintar menghemat pengeluaran. Maka dari itu, baca dulu nih, tips dari pegipegi supaya bisa liburan hemat ke Australia.

1. Terbang dengan tiket promo

blogs.rediff.com

blogs.rediff.com

Setiap maskapai penerbangan sering menyediakan promo-promo tiket ke berbagai negara, salah satunya Australia. Banyak promo potongan harga besar-besaran yang ditawarkan. Nah, supaya kamu bisa dapat tiket dengan harga yang murah meriah, rajin-rajinlah mengecek promo-promo tersebut di internet. Dengan begitu, kamu bisa berangkat ke Australia tanpa membuat kantong kamu kering.

Selain itu, kamu juga bisa lebih berhemat dengan terbang menggunakan budget airlines. Nggak perlu naik pesawat terlalu mewah, asalkan aman dan kamu bisa sampai ke Australia dengan selamat. Kamu nggak mau kan, liburan kamu jadi nggak maksimal karena sebagian besar uang yang kamu punya sudah terpakai untuk tiket pesawat aja? Makanya, pilihlah tiket dari maskapai yang tepat untuk liburan nanti.

2. Cari penginapan murah dan strategis

australia.etbtravelnews.com

australia.etbtravelnews.com

Penginapan adalah hal kedua yang paling penting selain tiket pesawat, jika ingin liburan ke suatu tempat. Karena sebuah penginapan akan jadi tempat tinggal sementara di destinasi tujuan. Tapi seperti yang kamu ketahui, di Australia semuanya mahal. Supaya kamu tetap bisa berhemat, kamu harus rajin mencari penginapan mana yang sesuai dengan bujet kamu.

Saat berlibur di negara mahal seperti Australia, sebisa mungkin carilah penginapan yang letaknya di pusat kota. Kalau bisa, cari yang dekat sekali dengan stasiun kereta. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa menemukan penginapan yang dekat dengan obyek wisata. Dengan begitu kamu bisa berjalan kaki ke stasiun atau obyek-obyek wisata di destinasi liburan kamu tanpa mengeluarkan biaya trasportasi lebih.

3. Pilih tempat-tempat wisata murah atau gratis

www.businessrisksinternational.com.au

www.businessrisksinternational.com.au

Di negara maju seperti Australia, banyak obyek wisata gratis yang disediakan oleh pemerintahnya, seperti museum-museum yang tersebar di berbagai tempat dan taman-taman kota yang cantik. Atau kamu juga bisa mengunjungi pasar-pasar tradisional yang juga nggak kalah menarik. Kamu bisa berbelanja makanan, kerajinan tradisional, dan berbagai kebutuhan lainnya yang sudah pasti harganya lebih murah dibandingkan dengan harga barang-barang di mall.

Sebelum berangkat, usahakan cari dulu informasi di internet tempat-tempat menarik di Australia yang nggak dipungut biaya masuk. Catat juga alamatnya dan kendaraan apa yang harus kamu pakai untuk menuju ke tempat-tempat tersebut di smartphone kamu. Jadi nanti saat kamu sampai di sana, kamu bisa tinggal berangkat dari penginapan dan nggak nyasar mencari tempat yang dituju.

4. Naik transportasi yang lebih murah

www.abc.net.au

www.abc.net.au

Jalan kaki memang salah satu cara untuk menghemat biaya transportasi saat di Australia. Jalan kaki selama 5 – 15 menit untuk mencapai tempat yang kamu tuju nggak akan membuat kamu terlalu capek. Tapi, jika tempat wisata yang kamu tuju cukup jauh, kamu pasti membutuhkan alat transportasi, seperti bus kota, kereta bawah tanah atau trem.

Nah, kalau kamu memang membutuhkan alat trasportasi untuk membantu kamu menjangkau tempat tujuan, pilihlah angkutan umum yang murah atau gratis. Usahakan lihat semua kemungkinan saat memilih angkutan umum. Misalnya, jika kamu ke Melbourne, ada fasilitas trem gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menjelajahi kota.

Jika harus naik angkutan umum berbayar, belilah tiket pulang pergi jika memungkinkan. Karena, biasanya biaya tiket pulang pergi akan lebih murah dibandingkan dengan tiket sekali jalan. Atau kamu bisa membeli sebuah kartu yang biasanya bisa digunakan untuk beberapa alat transportasi berbeda. Seperti di Sydney, ada Opal Card yang bisa kamu beli di berbagai stasiun. Kartu ini bisa kamu isi ulang jika saldo di dalamnya sudah habis. Dan biaya transportasi dengan kartu seperti lebih murah dibandingkan dengan harga tiket satuan.

5. Masak makanan sendiri

tech.co

tech.co

Hotel atau hostel tempat kamu menginap biasanya menyediakan dapur yang bisa bebas dipakai oleh pengunjungnya. Kamu bisa memanfaatkan dapur itu untuk memasak makanan kamu sendiri supaya kamu nggak harus membeli makanan jadi di luar. Kamu tinggal membeli bahan-bahan makanan untuk beberapa hari selama kamu menginap di penginapan tersebut. Biayanya pasti akan jauh lebih murah dibandingkan membeli makanan jadi di restoran atau kafe.

Bukan berarti kamu sama sekali nggak bisa boleh membeli makanan di tempat kamu berlibur. Kamu tetap bisa sesekali membeli dan mencicipi makanan khas setempat yang unik. Tapi, masak makanan sendiri di penginapan bisa sangat membantu kamu dalam menghemat bujet liburan. Minimal kamu bisa masak untuk sarapan atau makan malam untuk meminimalisir pengeluaran.

6. Minum dari tap water

www.alkapurewater.org

www.alkapurewater.org

Tap water atau air siap minum dari keran bisa kamu manfaatkan saat liburan ke Australia. Teknologi untuk air siap minum tersebut sudah tersedia sejak lama di sana, terutama di kota-kota besar. Kamu nggak perlu lagi mengeluarkan uang jika ingin minum air putih. Di berbagai tempat makan pun biasanya air putih ini disediakan secara gratis. Jadi kalau kamu ingin makan di restoran dan ingin tetap berhemat, minta aja air putih pada saat ditanya minuman apa yang kamu inginkan.

Maka dari itu, untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya kamu minum air dari keran yang ada di hotel. Jangan lupa, isi botol minum kamu sebelum jalan-jalan agar kamu nggak perlu membeli air minuman kemasan di tempat wisata atau saat di perjalanan karena harganya mahal.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Tertarik liburan ke Australia? Siapkan sweater hangat yang keren, ya. Atau kamu bisa menunggu beberapa bulan lagi dan pergi liburan ke Australia saat musim panas. Jadi kamu nggak akan kedinginan selama di sana dan nggak perlu repot membawa baju tebal untuk menahan udara dingin. Nah, kalau kepengin liburan ke negeri koala ini, yuk, cari hotel murah di sana lewat pegipegi.com.

Cari hotel murah di australia

(Visited 411 times, 1 visits today)

Comments

To Top