Tips

6 Tips Penting Menjaga Kualitas Tidur Selama Traveling

Sering merasa lelah banget setelah traveling? Atau justru kamu malah sakit usai liburan? Bisa jadi, kualitas tidur kamu selama traveling kurang maksimal, nih.

Memang, rada mustahil buat kita memiliki kualitas tidur yang baik selama traveling. Ada berbagai faktor yang jelas mempengaruhi, mulai perbedaan waktu, aktivitas yang padat hingga kondisi fisik yang terkuras.

Tapi, tenang. Ada banyak banget cara agar kualitas tidur kamu tetap terjaga selama traveling, lho. Dan semuanya mudah banget buat dilakukan.

Penasaran? Simak di bawah ini, yuk!

Atur Jam Tidur

Saat traveling, ada banyak hal yang bakal mempengaruhi jam tidur kamu. Kadang, karena letih, kamu bisa tidur jauh lebih awal ataupun lebih larut dari biasanya. Tapi, tenang. Dengan menggunakan bantuan alarm atau aplikasi tidur di smartphone, kamu bisa membuat target waktu kamu tidur. Usahakan, kamu sudah terlelap pada jam tidur normal, terutama di malam hari, sekitar pukul 9-10 malam. Sehingga, saat kamu bangun tidur di pagi hari, energi dalam tubuh sudah terisi penuh lagi.

Durasi Waktu Tidur

Nggak cuma soal jam tidur, tetapi juga durasinya. Tubuh memerlukan tidur selama 6-8 jam setiap hari guna memperbaiki dan menyegarkan diri untuk 24 jam ke depan. Sehingga, pastikan kamu memenuhi durasi waktu yang dianjurkan untuk tidur. Misalkan, kamu tidur terlalu larut seperti pukul 11 malam. Nah, usahakan kamu bangun minimal pada pukul 7 pagi agar dapat kualitas tidur yang sempurna.

Bantal yang Nyaman

Dengan fungsi menopang kepala dan leher saat tidur, bantal jelas menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas tidur. Jadi, kamu wajib memilih bantal yang memiliki tingkat kenyamanan maksimal. Ada banyak sekali rekomendasi bantal yang bisa kamu pilih. Namun, bantal dengan busa memori menjadi yang paling direkomendasikan. Karena, bantal dengan busa memori dapat menyesuaikan bentuk tubuh saat kami bergerak dan dapat kembali berubah ke bentuk awal.

Kebersihan Tempat Tidur

Selain bantal, hal yang wajib kamu perhatikan jika ingin kualitas tidur terjaga adalah kebersihan tempat tidurnya sendiri. Mulai dari kasurnya hingga seprai yang digunakan buat tidur harus bersih. Karena, tempat tidur yang telah dipenuhi dengan bakteri nggak hanya menyebabkan munculnya berbagai penyakit saja. Lebih jauh, bakteri ini juga akan membuat tempat tidur terlihat kotor, membuat tidak nyaman dan mengganggu kualitas tidur.

Minimal Penerangan

Mau tidur cepat tanpa harus dipaksakan? Coba gunakan penerangan secara minimal. Karena, dengan penerangan yang minim, tubuh akan lebih tenang dan cepat terlelap. Ada banyak banget hotel yang menyediakan dua jenis lampu dalam satu kamar, yang terang dan juga redup. Jadi, nggak perlu repot buat mematikan lampu, deh.

Pilihan Makanan dan Minuman

Konsumsi makanan dan minuman selama traveling juga memberikan pengaruh terhadap kualitas tidur, lho. Para ahli menyarankan agar banyak mengonsumsi makanan maupun minuman yang memiliki nutrisi, seperti omega-3, vitamin B, vitamin D, karbohidrat, protein, dan melatonin. Jenisnya pun beragam, seperti nasi putih, varian ikan laut, kacang almond hingga buah-buahan. Buat minuman, kamu bisa coba mengonsumsi susu atau teh chamomile buat menenangkan diri.

Ada rencana buat traveling bareng keluarga dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top