Tips

6 Tips Penting Buat Traveling Makin Ramah Lingkungan

Kamu termasuk pecinta lingkungan sekaligus doyan jalan-jalan? Pastinya cukup familiar dengan istilah eco-friendly traveling.

Yap, traveling ramah lingkungan belakangan mulai digalakkan banyak komunitas traveling. Tujuannya cuma satu, untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan di setiap tempat wisata yang dikunjungi.

Tren ini berkembang lantaran dipicu oleh banyaknya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh tangan-tangan oknum wisatawan yang nggak bertanggung jawab. Contohnya pun sudah banyak, vandalisme di berbagai bangunan bersejarah, pemetikan bunga abadi di gunung hingga terbakarnya padang rumput karena kembang api.

Nah, jika kamu sangat mencintai lingkungan, Pegipegi punya 6 tips traveling ramah lingkungan yang bisa kamu praktekkan buat liburan nanti. Yuk, simak di bawah ini!

Hindari Tas Plastik

Penggunaan plastik adalah hal yang paling jahat untuk lingkungan. Mengingat, sifat plastik yang nggak bisa hancur dapat mencemari lingkungan sekitar. Jadi, usahakan kamu membawa tas yang reuseable untuk mengurangi penggunaan plastik di lokasi tempat wisata.

Seleksi Perbekalan

Traveling memang membutuhkan perbekalan yang cukup. Mulai dari persediaan makanan, pakaian hingga obat-obatan wajib disertakan. Namun, bukan berarti kamu bebas membawa banyak barang saat traveling. Apalagi buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi. Semakin banyak barang yang dibawa, semakin besar juga konsumsi bahan bakar yang dihabiskan saat traveling. Jadi, mari menghemat bahan bakar dengan menyeleksi barang bawaan saat traveling.

Soal Air Minum

Apapun tujuan traveling-nya, persediaan air minum wajib kamu bawa. Nah, biar nggak mencemari lingkungan, kamu bisa bawa sendiri botol minum yang reuseable. Selain lebih aman, kebersihan botol minum miliki sendiri pun terjaga karena kesadaran pemiliknya.

Jaga Jarak dengan Alam

Bukan bermaksud untuk melarang kamu menyatu dengan alam, tetapi ada baiknya kamu menjaga jarak dengan alam sekitar. Jika kamu tengah mendaki gunung atau mengarungi hutan belantara, perhatikan tiap langkah yang kamu buat agar nggak menginjak tanaman langka. Hal ini dilakukanan demi keselamatan lingkungan dan juga diri kamu sendiri mengingat bahaya nggak datang cuma dari alam, tetapi juga perilaku individu manusia masing-masing.

Sedikit Lebih Baik

Jika traveling sendirian nggak bisa bikin kamu puas, silahkan ajak keluarga, sahabat atau teman dekat. Tapi yang perlu kamu ingat, semakin sedikit wisatawan yang kamu ajak bergabung saat traveling, semakin kecil pula dampak buruk kepada lingkungan. Jadi, jika kamu ingin traveling bareng orang terdekat, usahakan nggak perlu ajak banyak orang.

Anggap Seperti Rumah Sendiri

Ke manapun kamu traveling, anggap tiap destinasi wisata yang kamu datangi sebagai rumah sendiri. Mulai dari pembatasan penggunaan air dan handuk baru saat mandi hingga menghindari pemakaian listrik berlebih di tempat penginapan.

Mau liburan sambil melihat alam? Bisa banget. Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top