Tips

6 Tips Nyaman Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Saat Liburan

Traveling dengan kereta api sudah pasti mudah. Selain nggak terkena macet, kamu bisa mendapatkan tiket dengan tarif yang sangat terjangkau, khususnya untuk kelas ekonomi.

Dengan tarif mulai Rp70 ribuan, kamu sudah bisa traveling ke berbagai kota seperti Yogyakarta, Semarang hingga Solo, lho. Fasilitas yang didapatkan pun cukup lengkap, mulai dari tempat duduk nyaman hingga colokan charger.

Tapi, tentu saja, naik kereta api kelas ekonomi dengan bisnis atau bahkan eksekutif ada perbedaannya. Yang tentu saja bakal berpengaruh terhadap kenyamanan kamu.

Nah, biar perjalanan kamu dengan kereta api ekonomi makin asyik, Pegipegi punya tipsnya, nih. Penasaran? Yuk, simak di bawah ini!

1. Datang Tepat Waktu

Kereta ekonomi sekarang bukan kereta yang dulu, lho. Jika dulu kelas ekonomi dikenal dengan keterlambatannya, kini anggapan tersebut sudah dihapus dengan penjadwalan yang lebih ketat dan padat. Sehingga, kamu telat datang ke stasiun, meski hanya lima menit, sudah pasti ditinggal. Jadi, usahakan datang ke stasiun 30 menit sebelum keberangkatan.

2. Cukup Satu Tas

Tas adalah hal yang nggak boleh ketinggalan saat traveling. Tapi, kalau kamu memilih menggunakan kereta api kelas ekonomi, usahakan nggak usah bawa banyak-banyak tas. Kenapa? Karena tentu saja bakal ribet untuk menempatkannya di atas kabin. Perlu diperhatikan pula, beberapa gerbong kereta ekonomi dilengkapi kursi berkapasitas tiga orang. Jadi, kalau kamu nggak mau mengganggu kenyamanan penumpang lain, satu tas cukup!

3. Posisi Duduk

Khusus buat kelas ekonomi dan bisnis, posisi tempat duduk memang nggak bisa diubah. Jadi, lebih baik dari awal kamu pilih deh posisi duduk maju, searah dengan laju kereta. Misalnya kereta jalan ke barat, kamu duduk menghadap ke barat juga. Selain dapat melihat pemandangan yang lebih bagus, posisi maju nggak bakal bikin kamu mual. Kalau kamu masih dapat pilihan tempat duduk banyak, hindari duduk dekat bordes (sambungan gerbong) atau lorong kereta. Biasanya, posisi bordes berdekatan dengan toilet. Tujuannya, biar perjalanan kamu makin seru, deh!

4. Hindari AC Langsung

Meski sudah dilengkapi dengan pendingin udara atau AC, tentu saja kelas ekonomi nggak senyaman dengan kelas eksekutif. Dengan bermodalkan 3-4 AC tiap gerbong, kereta kelas ekonomi justru memiliki pendingin yang kadang terlalu dingin. Jadi usahakan kamu bisa memilih tempat membelakangi AC tersebut biar nggak masuk angin ya.

5. Dekat Jendela Lebih Nyaman

Salah satu alasan orang buat naik kereta pas mudik adalah berlama-lama melihat pemandangan. Meski durasi perjalanan bisa memakan waktu lebih dari enam jam, pemandangan cantik bisa menghapus rasa bosan maupun lelah kamu. Lantaran satu kursi bisa bertiga, kamu bisa pilih nomor kursi yang bersebelahan langsung dengan jendela. Selain itu, manfaat duduk dekat jendela adalah kamu dapat mudah menggunakan colokan charger yang posisinya berada di bawah meja penumpang. Kalau pun nggak dapat, kamu bisa bertukaran dengan penumpang lain, jika mereka mengizinkan.

6. Manfaatkan Menu Restorasi

Dengan durasi perjalanan yang lama, makanan atau minuman jadi hal yang paling dibutuhkan. Termasuk kala kamu tengah melakukan perjalanan dengan kereta ekonomi. Jika lapar atau haus datang tiba-tiba, kamu bisa langsung pesan menu khas restorasi kereta api melalui petugas yang setia menawarkan. Berbagai menu hidangan berat hingga camilan bisa kamu nikmati dengan harga terjangkau. Jadi, kamu nggak perlu ribet bawa makanan dari luar.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top