Tips

6 Tips Mudik Nyaman dan Aman dengan Mobil Pribadi

Mudik Lebaran tinggal menghitung hari lagi! Dan perjalanan darat dengan kendaraan seperti mobil menjadi salah satu cara mudik favorit bagi masyarakat Indonesia.

Dengan membawa mobil pribadi ke kampung halaman, mobilitas kamu jadi nggak terbatas. Terlebih, kamu bisa ajak keluarga besar atau teman segeng ke dalam satu mobil buat mudik nanti.

Namun, nggak selamanya mudik dengan mobil ini nyaman, lho. Apalagi dengan kondisi jalan yang menentu serta jarak yang jauh bisa menimbulkan kelelahan yang luar biasa.

Tenang, nggak perlu khawatir. Pegipegi punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar mudik kamu dengan mobil pribadi tetap nyaman. Simak, yuk!

Cek Kelayakan Mobil

Jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kondisinya layak jalan. Seminggu sebelum mudik, kamu bisa melakukan tune-up kendaraan kamu di bengkel kepercayaan. Cek ketersediaan air radiator, kampas rem, selang bensin, hingga oli mesin.

Nah, apabila kondisi kendaraan sudah aman, jangan lupa cek perlengkapannya. Kamu nggak akan tahu masalah apa yang siap menghadang saat perjalanan mudik. Entah ban bocor atau mesin bermasalah, kamu wajib membekali diri dengan perlengkapan seperti dongkrak hingga beragam kunci. Nggak terlupa, demi keamanan, lengkapi kendaraan kamu dengan alarm

Catat Barang Bawaan

Mudik itu nggak cukup sehari atau dua hari. Nah, otomatis, kamu bakal membawa banyak barang pribadi mulai dari pakaian, perhiasan hingga gadget. Agar nggak hilang atau tertinggal di kampung halaman, kamu bisa buat daftar barang bawaan.

Siapkan GPS atau Peta

Mudik nggak cuma dilakukan kamu saja, lho. Ada beratus-ratus ribu orang siap berjibaku di jalan untuk menuju kampung halaman. Otomatis, jalanan pasti padat dan kamu dipaksa untuk mencari jalur alternatif. Nah, sebagai persiapan, bekali diri kamu dengan peta. Lantaran teknologi sudah berkembang, kamu bisa install Google Maps atau GPS seperti Waze di gadget kamu.

Charge Penuh Smartphone

Smartphone makin canggih. Sayangnya, penggunaannya pun makin berlebih. Nah, karena mudik sudah pasti memakan waktu, bekali kamu dengan baterai dan pulsa penuh. Jangan sampai kamu kehabisan kedua hal tersebut saat perjalanan mudik masih panjang. Bisa garing, hidup!

Jangan Lupa Bawa Obat-obatan

Sering diremehkan, tapi bakal punya peran besar saat kecelakaan sekecil pun terjadi. Bekali perjalanan kamu dengan obat-obatan. Mulai dari obat anti mabuk hingga penahan masuk angin. Kamu bisa masukkan semuanya ke dalam kotak P3K. Jangan lupa lengkapi juga dengan perban, betadine, hingga benang jahit untuk keadaan darurat.

Istirahat Kalau Lelah

Perjalanan mudik yang memakan waktu lebih dari enam jam sangatlah melelahkan. Apalagi, jika kondisi jalan dalam keadaan padat, konsentrasi bakal pecah karena kondisi fisik makin terkuras. Oleh karena itu, wajib banget buat kamu melepas lelah di tempat istirahat yang tersedia. Makin nyaman, jika kamu bermalam dulu di hotel atau rumah singgah yang bisa dipesan lewat Pegipegi, lho.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top