Tips

6 Tips Mengatasi Handphone yang Kecemplung Air Ketika Traveling

handphone-kecemplung-air

Kadang, ada beberapa hal yang tidak bisa kita hindari ketika traveling, meskipun kita sudah waspada. Misalnya, handphone kecemplung air ketika lagi asyik bersantai di kolam renang atau pantai. Respon pertama kali saat menghadapi hal itu, tentu aja kamu bakal kaget, tapi jangan sampai kamu melakukan sesuatu yang malah merugikan kamu dalam hal biaya dan waktu. Makanya, kali ini pegipegi ingin berbagi soal mengatasi handphone yang kecemplung air. Simak baik-baik, ya!

1. Jangan langsung shutdown

Tapi, langsung aja lepas casing, baterai, memori, dan sim card. Untuk travelers yang menggunakan smartphone dengan baterai injeksi, tentu aja kamu nggak bisa melepaskan baterainya. Yang harus dilakukan adalah tekan tombol power dan langsung shutdown secepatnya. Jangan lupa segera dilap dengan  tisu atau kain. Kemudian, kamu bisa pilih satu dari beberapa langkah berikut ini.

2. Jika nggak terlalu parah, gunakan cotton bud

cotton-bud

foto: www.isikulkas.com

Kalau cuma terciprat air dan nggak terlalu parah basahnya, kamu bisa gunakan cotton bud untuk menjangkau sudut-sudut handphone yang tidak bisa dijangkau dengan jari.

3. Balut handphone dengan koran atau tisu, lalu dinginkan dalam freezer

freezer

foto: jalantikus.com

Cara ini memang terdengar tidak masuk akal. Tapi, tisu bisa menyerap air dan suhu dingin bisa membantu mengeringkan air di dalam ponsel dengan cara membekukannya. Kemudian diamkan semalaman. Kamu bisa lakukan hal ini sampai handphone menyala.

4. Gunakan beras

beras

foto: koboydroid.blogspot.com

Mintalah bantuan kepada pihak hotel atau tempat wisata bersangkutan untuk menyediakan beras beserta wadahnya. Lalu rendam handphone kamu di dalam beras. Karena, beras mampu menyerap air. Tapi, kamu harus tetap hati-hati karena beras bisa tersangkut di lubang speaker, slot microsd, dan slot memory. Untuk mengatasi hal itu, lepas casing belakang, kartu memory, dan sim card. Baru kamu masukan beras selama 1-2 hari, lalu dibersihkan, dan coba dinyalakan.

5. Gunakan vacuum cleaner

vacuum-cleaner

foto: www.amazon.com

Vacuum cleaner juga bisa jadi alternatif untuk menyedot air dan uap air yang menempel di handphone kamu. Kamu bisa meminjam alat ini ke petugas hotel. Mereka pasti akan membantumu dengan ramah.

6. Jangan gunakan hair dryer, microwave, atau kipas angin

Hair dryer memang mudah didapatkan. Biasanya, di kamar mandi hotel menyediakan benda ini. Tapi, ternyata menggunakan hair dryer untuk mengeringkan handphone tidak dianjurkan. Karena, panas yang ditimbulkan bisa merusak komponen handphone. Begitu pula dengan microwave. Kombinasi panas dan gelombang micro dari microwave, bisa membuat kerusakan makin parah, bahkan handphone bisa meledak. Sedangkan, hembusan dari kipas angin bisa menyebabkan air terdorong masuk ke bagian yang lebih dalam.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Semoga keenam tips di atas bisa membantu mengatasi masalah travelers saat menghadapi handphone yang kecemplung air. Jika kamu sudah melakukan cara tersebut, tapi handphone tidak kunjung menyala, sebaiknya kamu langsung bawa handphone ke tempat servis. Untuk masalah bujet liburan yang terjangkau, pegipegi juga punya solusinya. Yuk, langsung aja pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

 

(Visited 363 times, 1 visits today)

Comments

To Top