Kuliner

6 Tips Jitu Membuat Kue Kering untuk Lebaran!

Membuat kue kering telah menjadi salah satu tradisi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Meski proses pembuatannya terlihat mudah, tapi nggak jarang lho hasil akhir kue kering tak selezat dan serenyah yang diharapkan. Apalagi kalau kamu masih pemula dalam membuat kue. Nah, supaya kamu berhasil membuat kue kering untuk Lebaran tahun ini, Pegipegi punya tips yang wajib kamu tahu nih!

1. Tepung Berprotein Rendah

Supaya berhasil membuat kue kering, sebaiknya kamu menggunakan tepung khusus untuk kue kering, yakni tepung terigu dengan kandungan protein rendah. Dengan menggunakan tepung ini, hasil kue kering buatan kamu akan terasa lebih lembut. Untuk resep kue kering tertentu, seperti kue semprit, putri salju, dan sagu keju, kamu bisa menambahkan tepung maizena secukupnya agar tekstur kue lebih renyah.

2. Mentega di Suhu Ruangan

Pemilihan mentega juga berperan penting dalam membuat kue kering. Yang paling penting, mentega yang digunakan wajib berada pada suhu ruangan. Gunakanlah mentega atau margarin, bisa juga mencampur keduanya untuk rasa kue yang lezat dan aroma yang harum. Oh ya, saat mencampur mentega pada adonan kue, sebaiknya jangan mengocok mentega terlalu lama, karena bisa memengaruhi hasil kue kering menjadi melebar.

3. Pilih Jenis Gula yang Sesuai

Gula dapat memberikan rasa manis dan warna kecoklatan pada kue saat sudah melalui proses karamelisasi. Untuk membuat kue kering, kamu bisa menggunakan gula halus, gula pasir, dan gula palem sesuai dengan kebutuhan. Gula halus dan gula palem akan menghasilkan kue dengan tekstur yang lembut, sedangkan gula pasir cocok untuk kue yang bertekstur renyah.

4. Telur Fresh Akan Lebih Baik

Menggunakan telur yang fresh dan berada di suhu ruangan menjadi hal yang penting untuk kamu perhatikan, travelers. Kalau kamu menggunakan telur dari lemari es, hasil kue kering biasanya tidak akan mengembang sempurna.

Umumnya, telur yang digunakan dalam membuat kue kering adalah bagian kuningnya saja. Penambahan kuning telur dalam adonan kue kering menjadikan kue lebih empuk dan renyah. Tak hanya itu, dengan mengoleskan kuning telur di bagian atas kue juga bisa mempercantik tampilan kue kering kamu, lho.

5. Cetak dengan Ketebalan Sama

Sebelum memanggang kue, usahakan cetak kue dengan ketebalan yang sama agar saat pemanggangan seluruh kue dapat matang bersamaan. Nah, saat memanggang, sebaiknya gunakan loyang tipis setinggi 3-4 cm, karena kalau kamu menggunakan loyang yang lebih tinggi bisa menyebabkan kue kering mudah hangus sebelum selesai dipanggang.

6. Jangan Simpan di Lemari Es

Nah, setelah kue kering matang, jangan langsung disusun ke dalam toples, ya. Diamkan dulu hingga kue dingin, kemudian kamu bisa menyimpannya di dalam toples kedap udara. Setelah itu, tutup rapat toples dan simpan di suhu ruangan. Dengan cara ini kue kering bisa tetap renyah dan tahan hingga satu tahun, lho. Kalau disimpan di lemari es, justru kue akan menjadi lembab dan menyerap aroma di dalam lemari es.

Gimana, makin semangat kan menyajikan kue kering untuk suguhan saat Lebaran? Supaya hasil kue kering buatan kamu maksimal, pastikan kamu membaca resep secara rinci dan menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang baik ya!

Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top