Tips

6 Tips Anti Ribet Bawa Koper di Pesawat

Hal yang paling bikin ribet kala berpergian dengan pesawat adalah koper. Meski perannya sangat penting, membawa koper, khususnya dalam jumlah banyak, hanya akan memakan banyak ruang.

Fasilitas bagasi yang disediakan tiap maskapai pun harus kita gunakan. Dana yang tadinya bisa dibelanjakan oleh-oleh, harus keluar agar koper kita ikut terbawa dalam penerbangan.

Memang sih, tiap maskapai penerbangan membolehkan kita untuk membawa koper ke dalam kabin. Tapi, ukurannya nggak boleh lebih dari 56×36 cm.

Nah, biar penerbangan kamu nyaman, Pegipegi punya tips mempersiapkan koper sebelum traveling. Minimal, nggak bikin kamu khawatir selama di udara. Simak yuk!

1. Lebih Baik Soft Luggage

Foto: souq

Ada banyak tipe koper yang bisa kita bawa buat traveling. Tapi, kamu harus tahu apa sih destinasinya. Kalau kamu hanya traveling untuk berlibur, maka koper dengan tipe soft luggage bisa jadi pilihan yang tebat. Kenapa? Karena, tipe koper ini lebih ringan dan memiliki banyak selipan yang elastis untuk memuat lebih banyak barang.

2. Dua Lebih Baik

Foto: gearpatrol

Bawaan yang sudah melebihi beban untuk dibawa masuk ke kabin biasanya harus masuk ke bagasi. Kalau sudah begitu, kamu harus cari cara agar biaya bagasi nggak melebihi bujet liburan kamu. Caranya, kamu bisa membawa dua koper ukuran lebih kecil untuk menampung satu koper besar. Satu masuk kabin, satu masuk bagasi. Kalau pun masih bisa membawa tas jinjing, itu lebih baik.

3. Isi Cukup 2/3 Saja

Foto: carryeverythingo

Yang bikin berat bukan kopernya, tapi jenis barang yang kamu bawa seperti cairan, sepatu, atau jeans. Kalau sudah nggak bisa dikancing, berarti koper kamu telah overload. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menakar isi koper kamu menjadi 2/3 saja. Tujuannya, selain dapat menjaga barang, kamu nggak merusak reseleting koper tersebut. Kamu pun bakal leluasa membawa koper.

4. Barang Berharga

Foto: nomadicmatt

Memang nggak dianjurkan buat bawa banyak barang berharga saat traveling. Tapi, kalau pun terpaksa, jangan pernah memasukkannya ke dalam koper, khususnya di bagasi. Resiko rusak karena tertindih maupun hilang bisa saja terjadi. Lebih baik, kamu bawa tas jinjing ke dalam kabin yang memuat barang berharga seperti telepon genggam, perhiasan maupun perangkat elektronik seperti laptop.

5. Pakai Roda

Foto: containerstore

Jetleg usai penerbangan biasanya membuat tubuh kamu lelah dan kurang fokus. Jadi, sangat disarankan buat kamu yang berpergian jauh untuk membawa koper dengan roda agar mudah dibawa. Brand-brand seperti American Tourister atau Samsonite punya banyak model koper ringan dengan roda yang cukup trendi buat diajak liburan.

6. Hindari Warna Aman

Foto: fineartamerica

Sering kesulitan membedakan koper kamu saat di area pengambilan koper? Saatnya deh ganti warna koper kamu dengan warna yang lebih anti mainstream agar mudah dikenali. Hitam, cokelat, biru tua adalah warna mainstream yang sering dipakai semua orang.

Foto: railplus

Sudah tahu mau bawa koper apa? Saatnya rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 307 times, 3 visits today)

Comments

To Top