Tips

6 Tips Aman Membawa Kamera Buat Traveling di Musim Hujan

Liburan nggak lengkap tanpa kehadiran kamera. Sebagai teman traveling, kamera pas banget dibawa untuk mengabadikan momen-momen spesial selama perjalanan.

Kadang kamu dibuat ragu dengan kondisi cuaca yang ekstrem seperti sekarang. Curah hujan yang tinggi bakal bikin repot kamu yang ingin memotret di alam terbuka.

Tapi, tenang! Ada banyak cara aman untuk memotret di musim hujan pas liburan. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kamera rusak karena kebasahan.

Penasaran? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Pakai Rain Cover

Musim hujan jadi musuh besar bagi para pemiliki kamera DSLR maupun mirrorless. Karena, setetes air saja bisa menimbulkan kerusakan parah. Oleh karena itu, kamu membutuhkan sebuah penutup kamera yang aman, seperti rain cover. Dengan bentuk yang sederhana dan harga yang terjangkau, rain cover bakal melindungi bodi kamera dari tetesan air hujan tanpa mengganggu aktivitas memotret kamu di lapangan.

Bawa Plastik Ekstra

Jika rain cover aja nggak cukup, kamu harus menyediakan banyak tutup plastik. Terutama buat kamu yang menggunakan lensa pendek. Selain menghindari kamera dari air hujan, plastik ini juga siap melindungi kaca lensa dari embun tebal karena kondisi lembab.

Jangan Dibuka Kalau Nggak Dipakai

Untuk menghindari lensa buram karena lembab, sebaiknya jangan buka tutup lensa kalau belum dipakai. Apalagi, saat memidahkan kamera dari temperatur udara sejuk ke yang lebih hangat dan lembab. Jika terpaksa harus membersihkan kaca lensa dan bodi, gunakan handuk kering dan bersih.

Pakai Ransel Camera Waterproof

Tas kamera saja nggak cukup. Kamu juga bisa membawa ransel kamera untuk membawanya saat traveling. Tapi, pastikan ranselnya waterproof atau tahan air, ya.

Manfaatkan Payung

Jika terpaksa harus memotret dalam keadaan hujan deras di alam terbuka, kamu bisa memanfaatkan payung. Ada beberapa model payung yang bisa ditancapkan di atas kamera atau tripod kamu. Jadi, nggak perlu dipegang selama memotret.

Area yang Berteduh

Meski di alam terbuka, kamu pasti menemukan banyak area-area yang tertutup untuk berteduh. Seperti halte bus atau pintu masuk sebuah taman yang biasanya memiliki atap. Jadi, kamu bisa memotret obyek di alam terbuka tanpa harus khawatir kehujanan.

Jangan lupa sekalian merencanakan liburan di tahun ini. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top