Destinasi

6 Tempat Wisata di Magelang, Jawa Tengah yang Wajib Didatangi

Wisata di Magelang, Jawa Tengah kini makin diminati oleh wisatawan domestik dan asing. Pemerintah pun makin gencar mempromosikan Magelang sebagai Bali Baru. Karena, tempat wisata di sana tidak kalah indah jika dibandingkan dengan Bali. Berikut tempat wisata yang harus didatangi jika kamu liburan ke Magelang.

1. Candi Borobudur

Banyak yang mengira Candi Borobudur berada di Yogyakarta, karena kebanyakan wisatawan yang liburan ke Yogyakarta, juga sekalian mampir ke Candi Borobudur. Padahal, candi bersejarah ini berada di Kota Magelang. Berlokasi di Bukit Menoreh, Candi Borobudur ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, karena adanya ribuan panel relief yang tersebar di setiap tingkatnya. Relief tersebut menceritakan kehidupan manusia saat zaman tersebut disertai perjalanan Buddha.

Setiap tahunnya, Candi Borobudur memang menjadi pusat perayaan Waisak di Indonesia. Dan hal tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sana. Banyak hal yang bisa dilakukan di Candi Borobudur selain wisata religi. Kamu bisa berjalan mengitari candi searah jarum jam, mengunjungi Museum Samudraraksa dan Museum Karmawibangga, menunggang gajah, naik kereta kelinci atau andong wisata, bersepeda, juga menikmati sunrise dan sunset. 

2. Gereja Ayam

Meskipun namanya Gereja Ayam, tapi sebenarnya gereja ini berbentuk burung merpati. Gereja Ayam sebelumnya sempat menjadi tempat tinggal warga sebelum akhirnya menjadi rumah doa bagi siapa pun yang membutuhkan tanpa memandang agamanya. Yup, Daniel Alamsjah yang mendirikan Gereja Ayam lebih menyebut tempat ini sebagai rumah doa ketimbang gereja. Selain itu, bangunan ini juga pernah digunakan sebagai pusat rehabilitasi untuk anak-anak cacat, pecandu narkoba, dan orang gila.

Sayangnya, pembangunannya sempat terbengkelai dan Gereja Ayam lebih mirip bangunan tidak terurus. Meski demikian, Gereja Ayam sangat terkenal dan kerap didatangi wisatawan karena tersebar lewat media sosial. Eksistensinya juga makin terlihat saat lokasi tersebut dijadikan tempat syuting film Ada Apa dengan Cinta (AADC) 2.

3. Punthuk Setumbu

Selamat berakhir pekan 🍃 . #theweekoninstagram

A post shared by Fiet Patra Yosandha (@fietpatra) on

Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari sana, kamu juga bisa menikmati cantiknya Candi Borobudur yang diselimuti kabut. Punthuk Setumbu berada di sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl yang terletak di gugusan Bukit Menoreh. Awalnya tempat ini hanya sebuah ladang penduduk, namun sejak ada fotografer yang mengabadikan sunrise dari sana, orang-orang pun pada berdatangan.

Supaya momen kamu di Punthuk Setumbu makin berkesan, datanglah sebelum jam 5 pagi. Untuk menuju ke sana, kamu diharuskan untuk trekking sekitar 15 menit. Setelah itu kamu akan melihat Puncak Punthuk Setumbu yang berupa pelataran luas dikelilingi pagar pembatas. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang digunakan duduk menanti matahari terbit.

4. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3142 mdpl ini dikenal dengan sebutan ‘negeri di atas awan’. Karena, dengan ketinggian tersebut, sangat ideal untuk mendapatkan view awan yang menggumpal di sekitar lereng gunung. Rata-rata waktu yang digunakan untuk mendaki Gunung Merbabu adalah 5 jam. Untuk yang sudah profesional, biasanya bisa menempuh 3-4 jam pendakian. Selain bisa melihat kumpulan awan, kamu juga bisa melihat enam puncak gunung megah Jawa Tengah dari puncak Gunung Merbabu. Uniknya lagi, Gunung Merbabu juga memiliki padang sabana yang mirip dengan pemandangan Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Timur.

5. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar masih berada di satu kawasan dengan Gunung Merbabu. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Grenjengan Kembar memiliki ciri khas berupa dua air terjun yang saling bersebelahan di satu tempat. Salah satu air terjunnya memiliki aliran yang terbelah dan membuatnya memiliki dua air terjun dalam satu aliran. Udara di sekitarnya sangat sejuk, karena Air Terjun Grenjengan Kembar berada di balik rimbunnya hutan pinus. Suasana pedesaan pun makin terasa dengan hadirnya kicauan burung yang merdu.

6. Alun-alun Kota Magelang

Alun-alun Kota Magelang merupakan ikon sekaligus daya tarik wisata di Kota Magelang. Alun-alun ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki alun-alun di kota lain, seperti bangunan menara air, patung Diponegoro, hingga taman bunga di salah satu sudut alun-alun. Letak Alun-alun Kota Magelang berada di pusat kota yang dilewati jalan protokol satu arah yang membelah pusat perbelanjaan.

Sudut Alun-alun Magelang yang dekat dengan Klenteng Liong Hok Bio dibangun sebuah taman lampion bunga untuk memperkuat citra kota Magelang sebagai ‘Kota Sejuta Bunga’. Taman lampion bunga tersebut dibuat melingkar dengan tepian berupa pot tanaman bunga dan di sela-selanya terpasang lampu lampion berbentuk kelopak bunga.

Untuk menuju Kota Magelang, kamu bisa transit dulu di Kota Yogyakarta. Yuk, pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta lewat Pegipegi. Jangan lupa juga untuk cari hotel murah di Yogyakarta dan Magelang, ya!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

 

google-play

apps-store

Comments

To Top