Destinasi

6 Tempat Wisata Cantik nan Tersembunyi di Sulawesi Barat

hidden gem sulawesi barat

Mau liburan ke tempat-tempat eksotis dalam negeri? Indonesia nggak cuma punya Bali dan Nusa Tenggara, loh! Kali ini, kamu bisa coba pergi ke kawasan Indonesia Timur untuk pengalaman yang lebih menarik. Beberapa surga tersembunyi di Sulawesi Barat ini misalnya, siapa tahu bisa menjadi destinasi yang tepat untuk liburanmu selanjutnya!

Pulau Karamasang

hidden gem sulawesi barat
Sumber: IG @polman_update

Pulau Karamasang adalah satu dari beberapa deretan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Teluk Mandar, Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Pulau yang letaknya di posisi paling timur gugusan pulau kawasan tersebut ini masih belum ramai dikunjungi wisatawan.

Di sini, kamu akan menikmati hamparan pasir putih yang berpadu indah dengan birunya air laut yang jernih. Kamu bisa bersantai di bawah pepohonan rindang sambil menikmati sunrise maupun sunset dengan semilir angin laut yang menenangkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru lain seperti memancing, berenang, snorkelingtracking bukit, dan lain-lain.

Untuk mencapai pulau yang juga dikelilingi terumbu karang sera hutan mangrove subur ini, kamu bisa menggunakan ketinting (taksi air berupa kapal kecil bermesin). Jarak tempuhnya hanya sekitar 10-15 menit dengan ongkos sekitar Rp15.000 atau Rp20.000* per orang.

Pulau Popongan

hidden gem sulawesi barat
Sumber: IG @pesonasulbar

Pulau Popongan adalah satu dari 16 gugusan pulau di Kecamatan Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju. Secara geografis, pulau ini berada di tengah-tengah Selat Makassar, yakni selat yang memisahkan Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Surga Sulawesi Barat ini cocok untuk kamu yang ingin kembali ke alam. Kamu bisa camping di sini dan menikmati pemandangan menakjubkan, baik di darat maupun laut dengan snorkeling atau diving. Kamu bahkan bisa menemukan penyu-penyu besar di sini. 

Menuju Pulau Popongan memang perlu perjuangan, karena harus ditempuh dengan 10 jam perjalanan menggunakan Kapal Perintis. Kendati begitu, pengalaman ke sini nggak akan mengecewakan terutama buat kamu yang menyukai petualangan.

Buttu Pattumea Betteng

Buttu Pattumea Betteng ada di Kabupaten Majene. Wisata ini menawarkan panorama pegunungan sekaligus sejarah yang masih belum banyak diketahui selain oleh masyarakat sekitar.

Buttu Pattumea dikelilingi gunung-gunung yang seolah berebut menjulang paling tinggi. Di sisi barat, kamu bisa melihat birunya laut yang seolah menyatu dengan birunya langit. Sementara itu di sisi selatan, kamu bisa melihat pemukiman yang berpendar saat malam. Tak ketinggalan, kamu bisa berkunjung ke Benteng Ammana I Wewang selagi berada di sini.

Akses ke area wisata ini bisa melalui jalan trans Sulawesi menuju Pasar Pamboang di Desa Tinambung. Setelah itu, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Dusun Kaida, lalu Desa Betteng.

Pantai Dato

hidden gem sulawesi barat
Sumber: IG @exploresulbarku

Surga tersembunyi di Sulawesi Barat ini merupakan pantai kebanggan warga Kabupaten Majene. Di bulan-bulan tertentu (Agustus-September), pantai ini pun menjadi tempat dilaksanakannya Sandeq Race, yakni lomba perahu tradisional suku Mandar. 

Selain kombinasi pasir putih dan laut biru yang cantik serta ombak yang tenang, Pantai Dato masih menyimpan banyak daya tarik lainnya. Pantai ini merupakan rumah berbagai jenis kepiting dan kerang, terumbu karang alami yang masih terjaga baik, hingga lengkap dengan fasilitas penunjang seperti tempat makan. 

Kamu hanya perlu berkendara sekitar 3 km dari pusat Kota Majene. Kondisi jalannya sudah baik sehingga bisa dilalui oleh motor maupun mobil. Adapun harga tiket masuknya yaitu sekitar Rp5.000*.

Buntu Liarra

hidden gem sulawesi barat
Sumber: IG @wisataweb

Sulawesi Barat juga punya “negeri di atas awan”. Di Desa Balla Tumuka, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, ada Buntu Liarra yang akan memanjakanmu dengan kecantikan khas perbukitan.

Di malam harinya, kamu bisa berburu milky way jika memiliki perlengkapan yang memadai. Menjelang pagi (hingga sebelum pukul 6 waktu setempat), kamu bisa menyaksikan lautan awan di Buntu Liarra. Seiring dengan naiknya matahari, kamu pun akan disuguhi pemandangan area bukit dan persawahan yang menyerupai permadani hijau luas. 

Tracking ke Buntu Liarra memang nggak terlalu mudah, tapi perjuangan tersebut akan terbayar dengan memuaskan. Kamu dapat menggunakan jalur pendakian Desa Talimbung atau Desa Balla Peu untuk naik ke puncak bukit.

Pantai Tanjung Losa

Pantai yang berada di Kabupaten Mamuju ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Spongebob atau Bikini Bottom of Mamuju. Pasalnya, kawasan ini mempunyai pulau yang bentuknya mirip dengan pulau yang muncul di scene awal kartun Spongebob.

Daya tarik Pantai Tanjung Losa lainnya adalah terumbu karang alami yang masih terpelihara dengan sangat baik. Karena itu, pantai ini bisa jadi surga buatmu yang menyukai diving maupun snorkeling. Tentunya, kamu juga bisa beraktivitas seru lainnya di sini seperti spearfishing, berenang, atau bahkan piknik di tepi pantainya.

Jarak dari pusat Kota Mamuju sampai ke Pantai Batu Losa adalah sekitar 20 km. Untuk mencapainya, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Menarik, kan? Yuk, jelajahi surga tersembunyi di Sulawesi Barat ini untuk pengalaman eksplorasi Nusantara yang lebih banyak! Pastinya, pakai Pegipegi untuk pesan tiket pesawat, tiket bus & travel, dan hotel dengan harga promo, ya!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: