Rekomendasi

6 Tempat Beli Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Kalau pulang dari Yogyakarta, pasti banyak oleh-oleh yang ingin diborong. Soalnya, banyak batik dan kerajinan unik. Makanannya juga enak-enak. Kalau mau berburu hadiah di Yogyakarta, harus ke mana aja, ya?

1. Mirota Batik

Toko ini nyaris nggak pernah sepi. Mungkin karena letaknya yang strategis, yaitu di ujung selatan Malioboro. Di sini kamu bisa merasakan sensasi belanja kerajinan dan batik seperti sedang berwisata. Di bagian depan pintunya terdapat banyak pedagang pengrajin batik, dan makanan yang berjualan. Sedangkan di dalamnya bukan hanya berjualan batik dan kerajinan tangan, tapi juga berjualan masker, jamu, dan ramuan tradisional. Dekorasi dan musik di sana mengingatkan kita akan Keraton Yogyakarta. Harga-harga baju batik di sana juga terjangkau, lho. Dengan bermodalkan Rp 50 ribu* kamu sudah bisa beli baju batik. Apalagi masker, jamu, dan ramuan tradisionalnya, semua bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 5 ribu*.

Alamat: jalan Jenderal Ahmad Yani No.9, Gondomanan.

Buka: 08.00 – 21.00 WIB

dscn4248

www.janganlupapakaitjelana.com

2. Pasar Beringharjo

Pasar ini letaknya dekat banget sama Mirota Batik dan sudah berdiri sejak tahun 1758. Dari dulu, Pasar Beringharjo dikenal sebagai pusat ekonomi di Yogyakarta. Awalnya pasar tersebut belum ada namanya. Nama “Pasar Beringharjo” dipakai setelah diperkenalkan oleh Sultan Hamengkubowono IX. Sekilas, pasar ini mengingatkan kita pada ITC Mangga Dua-nya Jakarta. Soalnya, apa aja tersedia di sini. Kayak berbagai macam kain dan busana batik, jajanan pasar, bahan makanan, jamu, gadget, sampai barang antik juga ada. Harganya juga bisa kamu tawar, lho. Kamu bisa mendapatkan celana batik dengan harga kurang dari Rp 20 ribu*, lho. Untuk kemeja dengan jahitan rapih, bisa kamu tawar hingga Rp 60 ribu*!

Alamat: jalan Pabringan, Pasar Beringharjo.

Buka: 07.30 – 16.00 WIB

beringharjo

beringharjo.com

3. Bakpia Pathok 145

Kalau pulang dari Yogyakarta kayaknya nggak lengkap kalau nggak bawa bakpia. Nah, merk yang biasanya diincar oleh wisatawan adalah Bakpia Pathok 145 karena memiliki rasa yang beragam seperti kacang hijau, kumbu hitam, keju, cokelat, susu, dan lain-lain. Kamu bisa pilih mau beli bakpia yang isinya mulai dari 10, 15, atau 20 bakpia. Harga bakpia isi 10 adalah Rp 45 ribu*. Sekilas harganya terlihat mahal, tapi worth it untuk rasanya yang enak dan ukurannya yang cukup besar. Bukan hanya menjual bakpia, tapi juga menjual camilan khas Yogyakarta lainnya.

Alamat: jalan Kusumanegara No. 151, Yogyakarta

Buka: 07.30 – 20.30 WIB

bakpia

www.areawisata.com

4. Gudeg Kaleng Mbak Yayah

Nggak mungkin, kan kamu bawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh karena gudeg harus dimakan langsung di tempat. Tapi, ada solusi buat pencinta gudeg, yaitu dengan membeli gudeg kaleng yang rasanya nggak kalah enak dari gudeg yang dimasak pada umumnya. Apalagi mengandung bahan-bahan lengkap seperti gori (nangka muda), krecek (krupuk kulit sapi), sambal goreng tempe, telur itik, daging ayam kampung, kacang tolo, areh, dan cabai. Tinggal dipanaskan sebentar, gudeg kaleng ini sudah bisa dinikmati. Nggak perlu khawatir bakal cepat basi karena gudeg jenis ini bisa tahan hingga setahun. Untuk gudeg kaleng seberat 210 gram, kalau nggak salah harganya nggak sampai Rp 25 ribu*.

Alamat: jalan Monjali No. 20, Nandan.

Gudeg-Kaleng-Mbak-Yayah

www.bisnisukm.com

5. Yangko Pak Prapto

Yangko adalah kue mochi khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan dan isinya kacang dan gula. Rasanya manis, gurih, dan kenyal. Bentuk potongannya kotak dan warna-warni. Tempat menjual yangko yang terkenal adalah Yangko Pak Prapto yang sudah berdiri sejak tahun 1921. Di sana nggak hanya jual yangko rasa kacang, tapi sudah ada rasa yang lebih variatif seperti durian, nangka, cokelat, jeruk, wijen, dan lain-lain. Harga per kotaknya Rp 30 ribu* dan isinya 30 butir yangko. Saking larisnya yangko ini, mereka sampai menjual via online, lho, dan pengirimannya bisa dilakukan sampai ke luar kota.

Alamat: jalan Pramuka No. 82, Yogyakarta

Buka: 08.00 – 19.00 WIB

YangkoPakPrapto-720x720

www.t4nya.com

6. Monggo Shop

Cokelat Monggo memang dijual di mana-mana, tapi kalau datang lagsung ke Monggo Shop, kamu bisa langsung mencicipi lezatnya cokelat Monggo dan nongkrong di sana sambil menikmati menu lezat dari Lotus Mio Cafe. Letak Monggo Shop sangat strategis dan di sekitarnya banyak hotel yang sering digunakan wisatawan untuk menginap. Dan ternyata, Cokelat Monggo berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan kertas daur ulang untuk cokelatnya. Seperti cokelat pada umumnya, Cokelat Monggo tersedia yang manis dan dark. Isi cokelatnya juga beragam. Ada stroberi, jeruk, mangga, dan lain-lain. Cokelat Monggo juga melayani pemesanan cokelat untuk souvenir, oleh-oleh, bahkan ada produk musimannya juga. Tempatnya juga cozy dan fancy untuk nongkrong sambil makan cokelat.

Alamat: jalan Tirtodipuran, Mantrijeron.

Buka: 08.00 – 22.00

Foto - 80 gr - Orange Peel

www.monggochocolate.com

Sudah kepikiran kan mau beli apa di Yogyakarta? Jangan lupa pesan tiket pesawat murah untuk liburan kamu di pegipegi.com ya!

*Harga berlaku saat artikel dibuat.

(Visited 26,225 times, 8 visits today)

Comments

To Top