Destinasi

6 Spot Yang Menarik untuk Dikunjungi di Danau Toba

Menjadi ikon wisata di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba merupakan sebuah danau tekto-vulkanik yang memiliki pesona alam yang indah. Hamparan perbukitan hijau dan jernihnya air danau membuat tempat ini masih menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan.

Nah, buat kamu yang belum pernah berkunjung ke Danau Toba, kamu wajib banget bikin agenda liburan ke sana, plus beberapa spot menarik yang ada di sekitarnya. Nggak cuma dimanjain sama pemandangan alamnya, kamu juga bisa berwisata kuliner dan mengenal lebih jauh tentang budaya yang ada di sana. Yuk, simak selengkapnya!

1. Pulau Samosir
Terletak di tengah Danau Toba, pemandangan Pulau Samosir membuat siapa saja betah untuk berlibur ke sini. Kalau ke pulau ini, kamu bisa mengunjungi Danau Sidihoni, Danau Aek Natonang, dan Danau Aek Porohan yang ketiganya punya keunikan tersendiri dan panorama alam yang memukau. Nggak cuma itu, di pulau ini, kamu juga bisa menikmati wisata air terjun, yakni Air Terjun Efrata, Limbong, Sitapigagan, Sigarantung, dan Naisogop.

2. Parapat
Parapat merupakan objek wisata di kawasan Danau Toba yang sarat akan keindahan alamnya. Kalau melakukan perjalanan dari Danau Toba, kamu bisa mampir ke Parapat untuk sekadar menikmati pemandangan hingga memberi makan monyet-monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran di sana. Nah, buat kamu pecinta kuliner, di Parapat kamu bisa mencicipi makanan khas Sumatera Utara, seperti Sup Ikan Toba, Mie Gomak, Pizza Andaliman, dan Ikan Pora-pora.

3. Air Terjun Sipisopiso


Memiliki ketinggian hingga 120 meter, Air Terjun Sipisopiso adalah salah satu air terjun terindah dan tertinggi di Indonesia. Terletak di sekitar Danau Toba dengan ketinggian sekitar 800 mdpl, air terjun ini dikelilingi dengan bukit-bukit dan pepohonan pinus. Nggak heran, kalau ke sini kamu bakal dimanjain sama pemandangan indah dan suasana yang sejuk banget! Sebelum mendekati air terjun, kamu juga bisa mengunjungi gardu pandang yang ada di puncak bukit untuk menyaksikan keindahan Tanah Karo dan Pulau Samosir.

4. Batu Gantung
Memiliki lokasi yang nggak jauh dari Parapat, Batu Gantung bisa jadi destinasi wajib kamu sebelum ke Danau Toba. Merupakan sebuah pahatan alam bebatuan yang terlihat menyerupai postur tubuh manusia, Batu Gantung punya legenda yang melekat bagi masyarakat Parapat yang juga membuat wisatawan menjadi penasaran. Jadi, kalau ke sini, kamu nggak cuma bisa melihat pesona keindahan tebing berbatu unik ini, tapi juga menggali legenda di dalamnya. Oh ya, tempat ini juga cocok buat hunting foto lho!

5. Desa Tomok


Nggak cuma menawarkan pesona wisata alam saja, Danau Toba juga punya destinasi wisata sejarah yang masih terasa nuansa budayanya. Kamu bisa mengunjungi Desa Tomok yang menyimpan pesona budaya yang luar biasa. Mulai dari bangunan khas batak, kain tenun, hingga pertunjukan Sigale-gale, yakni boneka kayu seukuran manusia yang misterius.

Butuh waktu sekitar lima sampai tujuh jam perjalanan dari Kota Medan, di desa ini kamu juga bisa berziarah ke kuburan seorang pemimpin Desa Tomok, Raja Sidabutar yang telah berusia ratusan tahun dan memiliki bentuk yang unik sehingga menjadikan desa ini tempat wisata wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke Danau Toba dan Pulau Samosir.

6. Bukit Gajah Bobok
Bukit Gajah Bobok adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Di sini, kamu akan disuguhi panorama menawan dari deretan pegunungan yang mengelilingi Danau Toba. Saat matahari terbit maupun saat malam tiba, pemandangan di bukit ini benar-benar akan membuat kamu terpesona. Buat kamu yang hobi camping, kamu juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda di sini lho!

Gimana, udah siap menjelajahi Danau Toba? Kalau ke sana, Pegipegi sarankan supaya kamu menyiapkan fisik yang sehat ya. Selain itu, pastikan kamu membawa bekal makanan, minuman, dan obat-obatan secukupnya, supaya pengalaman liburan kamu di sana terasa lebih aman dan nyaman.

Nah, kalau mau jalan-jalan ke Danau Toba, yuk pergi ke Medan dengan cari hotel murah lewat Pegipegi!

cari hotel murah di Medan

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top