Destinasi

6 Spot Menarik Yang Wajib Dikunjungi di Gunung Gede

Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, nama Gunung Gede Pangrango tentu sudah nggak asing lagi. Gunung yang lokasinya berdekatan dengan Kota Jakarta dan Bandung ini biasanya kerap dijadikan tempat ‘latihan’ bagi pendaki pemula karena tracknya yang tidak terlalu sulit untuk dilalui.

Nggak cuma itu, para wisatawan yang datang pun selalu dibuat terpesona dengan keindahan pemandangan dan beberapa tempat wisata di sana yang sayang banget kalau dilewatkan. Kira-kira, spot menarik apa aja ya yang ada di Gunung Gede? Yuk, cari tahu dulu selengkapnya!

1. Surya Kencana


Surya Kencana merupakan salah satu alasan utama bagi banyak orang untuk rela bersusah payah melakukan pendakian ke Gunung Gede. Maklum, di area lapang seluas 50 hektar ini kamu bisa melihat hamparan bunga edelweis yang cantik banget. Tempat ini juga cocok buat kamu yang pengin bersantai sejenak sambil menikmati keindahan alam dan udara yang segar, terutama di pagi dan sore hari. Wah, bisa-bisa kamu nggak mau pulang nih!

2. Pos Air Panas
Salah satu keseruan saat melakukan pendakian Gunung Gede adalah kamu akan menemukan banyak sumber air, nggak cuma air yang dingin khas pegunungan, tapi juga sumber air panas di Pos Air Panas. Merupakan jalur yang sedikit menurun, kamu wajib lebih berhati-hati saat melewati jalur ini, karena jalanannya licin, panas, dan di sisi kanan terdapat jurang yang cukup dalam tempat air panas bermuara. Tapi, untuk memudahkan para pendaki melewati track ini, telah disediakan pula sebuah tali untuk berpegangan.

3. Curug Cibereum


Di lokasi jalur pendakian Gunung Gede terdapat sebuah air terjun yang cukup terkenal, yakni Curug Cibereum. Selain bisa menikmati keindahannya, di air terjun ini kamu juga bisa bermain air dan mengabadikan momen seru di sana. Berada di ketinggian 1.675 mdpl, air terjun ini juga menjadi spot favorit para pendaki yang ingin beristirahat sebentar sebelum melanjutkan pendakian.

4. Telaga Biru
Telaga Biru merupakan sebuah telaga cantik di tengah hutan dengan luas sekitar lima hektar yang terletak pada ketinggian 1.575 mdpl. Kamu akan menemukan telaga ini jika kamu melakukan pendakian Gunung Gede melalui jalur Cibodas. Dari pintu masuk Cibodas, keindahan Telaga Biru akan menyapa kamu setelah kurang lebih 1,5 km perjalanan menuju puncak gunung. Jalan menuju telaga akan cenderung landai dengan sedikit tanjakan kecil di sepanjang jalur, namun jalurnya cukup mudah dilalui kok!

5. Tanjakan Setan


Meski namanya terkesan menyeramkan, tapi Tanjakan Setan nggak seperti yang kamu bayangkan kok, travelers. Ini merupakan jalur menanjak yang lumayan ekstrem sehingga membutuhkan tenaga dan konsentrasi ekstra untuk melewatinya. Nah, walaupun Gunung Gede cocok buat para pendaki pemula, tapi kamu tetap harus berhati-hati ya. Untuk membantu kamu naik, di tanjakan ini sudah disediakan tali webbing untuk dijadikan pegangan, sehingga kamu bisa lebih mudah saat menanjak deh!

6. Kandang Badak
Sebelum bertemu dengan percabangan jalur menuju puncak Gunung Gede, kamu akan bertemu dengan Kandang Badak sebagai pos terakhir. Di sini, biasanya para pendaki akan membangun tenda sehingga mereka bisa beristirahat, makan, sholat, dan melakukan aktivitas lainnya. Tempat ini memang cukup nyaman untuk dijadikan tempat menginap dan mendirikan tenda, karena banyak pohon rindang dan udaranya yang sejuk. Nggak cuma itu, kamu juga akan menemukan warga sekitar yang berjualan nasi uduk, kopi, camilan, dan yang lainnya.

Nah, sudah nggak sabar kan pengin coba mendaki ke Gunung Gede? Kalau ke sana, Pegipegi sarankan supaya kamu menyiapkan fisik yang sehat ya. Selain itu, jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman dan membawa keperluan pribadi, seperti jaket, obat-obatan, tenda, senter, matras, dan makanan serta minuman secukupnya, jadi pengalaman mendaki kamu terasa lebih aman dan nyaman.

Nah, kalau mau jalan-jalan ke Gunung Gede Pangrango, yuk pergi ke Cianjur dengan cari hotel murah lewat Pegipegi!

cari hotel murah di Cianjur

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top