Rekomendasi

6 Sate Enak di Jakarta yang Bikin Ngiler

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari potongan daging yang ditusuk pada tusuk sate dan dimasak dengan cara dibakar di atas arang. Sampai saat ini, sate sudah dikembangkan dengan berbagai seni memasak, budaya suku bangsa, dan adaptasi dari negara lain. Hal ini membuat sate di Indonesia jadi makan kaya. Di Jakarta ada beberapa kedai atau resto sate yang punya ciri khas masing-masing, seperti:

1. Sate Ayam Pak Muri (depan RS Pertamina)

Kebanyakan orang menyebut sate ini, Sate Ayam Pertamina. Karena, letaknya persis di depan rumah sakit Pertamina. Sate ini terkenal banget soalnya usianya sudah sangat tua. Kurang tahu sih berapa tahun. Tapi, kayaknya ketika kita masih kecil, sate ini sudah eksis. Hingga kini, pengunjungnya tetap setia datang ke sana. Bukan cuma orangtua, tapi juga anak muda masa kini. Bahkan, Raditya Dika aja pernah memuji kelezatan sate ini di blog pribadinya. Dagingnya yang lembut dan saos kacangnya yang gurih bikin sate ini terkenal di Jakarta Selatan. Belum lagi taburan bawang gorengnya yang bikin rasa sate ini makin mantap! Sate ini paling enak dimakan bareng lontong atau nasi putih. Seporsi sate ayam dan lontong kurang lebih harganya Rp 15 ribu*.

Alamat: jalan Kyai Maja No. 21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Buka: 10.00 – 22.00 WIB

SATE-AYAM-KAMBING-PAK-MURI2

www.info-kuliner.com

2. Sate Kambing Palmerah

Dulunya nama kedai sate kambing ini adalah Sate Kambing Kim Tek. Walaupun sudah ganti nama, tapi tetap aja orang-orang menyebutnya Sate Kambing Kim Tek. Uniknya, sate kambing ini dimasak dengan menggunakan daging kambing betina berusia setahun. Cara masaknya adalah daging kambing diberi bumbu terlebih dahulu, lalu dibakar, dan menggunakan sambal kecap yang diberi irisan bawang merah. Hasilnya sate kambing ini memiliki daging yang empuk dan nggak bau. Sambal kecapnya juga cukup pedas walaupun hanya diberi beberapa irisan cabai rawit merah. Paling mantap sih, kalau makannya digadoin sama nasi putih dan sop kambing. Untuk dua orang kira-kira menghabiskan biaya Rp 60 ribu*.

Alamat: jalan Panjang Pos Pengumben No. 8A, Kebun Jeruk, Jakarta Barat

Buka: 11.00 – 21.00 WIB

12424_ke_sate_kambing_palmerah_kim_tek_jangan_lupa_sate_buntut_kambing_

www.intisari-online.com

3. Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly, Tanah Abang

Daging domba di sana nggak ditusuk dengan tusukan sate. Tapi, hanya dipotong kecil-kecil dan dibakar. Tapi, daging domba nggak boleh bersentuhan langsung dengan api. Makanya ketika dibakar, api berkali-kali disiram air agar nggak langsung bersentuhan dengan daging. Setelah 70% matang, potongan daging dimasukkan ke dalam sebuah panci besar kemudian diungkep lagi di atas api. Setelah 20 menit, cairan lemak dalam panci diubuang. Daging domba tersebut dipotong-potong lagi ke dalam ukuran yang lebih kecil dan kembali dibakar sampai matang sempurna dan nggak ada lemak tersisa. Sate lezat ini disajikan bersama irisan bawang bombay yang cukup banyak dan saus mustard. Makannya dicampur dengan pisang tanduk mengkal yang sudah dipotong kecil-kecil dan digoreng dengan mentega. Unik banget, kan! Harga makan per orang di sana kira-kira Rp 30 ribu – 50 ribu*.

Alamat: jalan KS Tubun No. 6, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Buka: 10.00 – 17.00 WIB

sate-domba-afrika-ismail-coulibaly-tanah-abang-21

www.bpras.com

4. Sate Babi Johan, Tanjung Duren

Umumnya, sate babi terbuat dari irisan daging babi yang cukup tebal dan ditusuk di tusuk sate, lalu dipanggang di atas arang hingga matang. Proses pembuatannya simpel kayak sate ayam. Tapi, disajikan dengan kecap manis dan potongan acar seperti bawang merah, cabai hijau, dan tomat. Di sana juga menjual jeroan babi kayak usus, kulit, hati, dan lain-lain. Dagingnya terasa gurih, agak sedikit keras teksturnya, tapi masih bisa dimakan dengan nikmat. Bumbu kecapnya bikin sate terasa manis dan acarnya menambah rasa sedikit pedas pada sate. Cocok banget buat dimakan bareng nasi. Bakal terasa lebih nikmat jika kamu cicipi juga bakut sayur asin yang kuahnya masih hangat! Untuk dua orang, kira-kira menghabiskan biaya sekitar Rp 70 ribu*.

Alamat: jalan Tanjung Duren Barat, Tanjung Duren, 11510, Jakarta Barat

Buka: 10.00 – 22.00 WIB

IMG_6824

www.ffbfoodaffair.blogspot.com

5. Sate Jepang Oppai Yakitori, Kemang

Lucunya, kata ‘oppai’ diambil dari bahasa Jepang yang berarti ‘payudara’. Hahaha… Nggak ada alasan khusus sih, kenapa si pemilik kedai pakai nama itu. Mungkin karena terdengar lucu dan unik. Kedai Oppai Yakitori juga lagi menjadi tren di kalangan anak muda. Kalau datang ke sana, biasanya banyak cowok dan cewek lucu yang lagi nongkrong! Bahan dasar satenya adalah daging dan kulit ayam yang proses memasaknya sama kayak sate ayam pada umumnya. Tapi, sate ini disajikan bersama kecap manis Jepang dan ditaburi bubuk cabai. Seporsinya, sate ini terdiri dari 3 tusuk daging ayam dan 2 tusuk kulit ayam. Karena rasanya bikin nagih, jadi makan seporsi nggak bakal cukup, deh! Karena menggunakan cita rasa Jepang, maka sate ayam ini dimakan bersama onigiri. Onigirinya terdiri dari dua rasa, yaitu onigiri original dan onigiri isi tuna. Harga per porsi sate ayam di sana Rp 15 ribu*.

Alamat: jalan Taman Kemang, Kemang, Jakarta Selatan (samping Umbra Bar & Lounge)

Buka: 18.00 – habis

B58q8aUCIAEdjrF.jpg large

Dok. Twitter @oppaiyakitori

6. 7 Shaokao Chinese Barbeque, Pantai Indah Kapuk

Istilah gaulnya adalah sate khas China. Karena bumbu satenya benar-benar khas ala sate yang dijual di negeri China. Dan resepnya didapat langsung dari orang China yang jago meramu sate China. Uniknya adalah kamu bisa memilih puluhan bahan sate yang ingin kamu konsumsi. Bukan cuma sate daging atau jeroan, tapi sate seafood dan sayuran juga ada. Tinggal pilih jenis sate yang kamu suka dari kulkas, lalu pelayan di sana memanggang semuanya dengan bumbu sate khas China. Soal bumbu, kamu bisa pilih mau yang pedas atau yang original. Kamu bisa coba sate ayam, sate babi, sate kulit ayam, sate kulit babi, sate kerang, sate jamur enoki, sate jamur shitake, sate kucay, sate udang tiger, terong, dan lain-lain. Sekali datang nggak bakal cukup untuk menghabiskan semuanya. Perlu datang berkali-kali, nih! Biasanya sih, sate ini dimakan bareng nasi putih. Harga untuk dua orang kira-kira Rp 250 ribu*.

Alamat: Ruko Garden House Blok A/11, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

Buka: 15.00 – 03.00 WIB

Processed with VSCOcam with c1 preset

Dok. pegipegi

 * Harga berlaku saat artikel dibuat.

(Visited 12,447 times, 1 visits today)

Comments

To Top