Tips

6 Metode Diet yang Cocok Buat Menurunkan Berat Badan di 2020

Punya resolusi turun berat badan tahun ini? Well, jika olahraga saja nggak cukup, kamu bisa melakukan program diet, lho.

Yap, dengan diet, kamu bisa menurunkan berat badan sesuai yang dinginkan. Selain itu, diet juga membantu kamu memperbaiki metabolisme tubuh yang sedikit berantakan karena gaya hidup dan konsumsi makanan yang sembarangan.

Ada banyak jenis diet yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Beberapa di antaranya cukup mudah dilakukan sendiri.

Penasaran? Well, Pegipegi punya rekomendasi diet yang bisa kamu coba di tahun ini. Simak, yuk!

Water Diet

Metode water diet dinilai cukup efektif dan mudah untuk dilakukan. Prinsipnya, diet ini ingin mengajak kamu untuk mengonsumsi lebih banyak air daripada makanan yang biasa kamu santap. Karena tubuh kita mengandung 70% air, maka cara diet ini bisa menjadi metode yang ampuh untuk mendapatkan tubuh ideal kamu kembali. Nggak cuma pencernaan dan penyerapan nutrisi yang jadi lebih lancar, dengan melakukan water diet, lemak di tubuh kamu pun akan lebih mudah hancur, lho

Well, bukan berarti kamu cuma minum air putih, lho. Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan rendah kalori buat memenuhi gizi sehari. Seperti pas makan siang. kamu dianjurkan untuk menikmati salad sayuran dalam jumlah sebanyak yang kamu inginkan. Daripada menggunakan dressing yang berlemak, kamu bisa menggantinya dengan sedikit cuka, minyak zaitun, perasan lemon, dan bumbu-bumbu untuk menambahkan rasa

DASH

Diet yang satu ini diklaim sebagai yang terbaik dan paling efektif. Mulai dikenal sejak 2011, DASH atau (Dietary Approaches to Stop Hypertension) ditujukan untuk orang-orang yang menderita hipertensi agar mereka bisa mengontrol tekanan darah. Tapi, setelah dicoba, ternyata DASH juga efektif untuk menurunkan berat badan, kolesterol, dan ampuh untuk mencegah diabetes (kencing manis). Untuk melakukan diet DASH, kamu harus mengurangi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa kamu mulai dengan memasak makanan sendiri, sehingga kamu bisa mengurangi kadar garam di dalamnya.

Hindari pula makanan atau jajanan di luar sana yang mengandung banyak garam, seperti telur asin, fast food, junk food, dan lain-lain. Selain bisa meningkatkan tekanan darah, makanan dengan kadar garam tinggi juga bisa meningkatkan nafsu makan. DASH juga mengharuskanmu untuk menambah porsi serat dalam sehari yaitu sekitar 6-8 gram porsi. Dengan menambah serat, kekebalan tubuh lebih meningkat, nafsu makan akan lebih terkendali, perut menjadi cepat kenyang, pencernaan lebih lancar, dan racun dalam tubuh mudah terbuang.

Diet Mayo

Salah satu kunci dari diet mayo adalah menghindari garam atau zat-zat asin lainnya. Berbeda dengan DASH, kamu memang boleh makan makanan apa saja asal makanan tersebut sehat, nggak dimasak dengan garam, dan nggak boleh minum air es. Kamu juga harus rutin minum air putih, minimal delapan gelas per hari. Air yang kamu minum berguna untuk membuang sisa-sisa garam yang masih ada di dalam tubuh. Garam dihindari ketika diet mayo karena garam bisa mengikat air yang masuk, sehingga berat badan bertambah. Jadi, jangan heran jika ketika diet mayo, kamu bakal lebih sering buang air kecil.

Detox Apel

Sebenarnya, detox apel lebih berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan menurunkan kolesterol. Tapi, detox apel juga berefek pada penurunan berat badan. Detox ini cuma dilakukan selama tiga hari dan bisa bikin berat badan berkurang sebanyak 2-3 kg. Caranya adalah kamu hanya boleh mengonsumsi apel ketika makan pagi, siang, dan malam. Ditambah air putih dan dua sendok minyak zaitun (extra virgin olive oil) sebelum tidur. Soal jumlah apel, jumlah apel yang dikonsumsi bebas kok. Biasanya jumlah yang dikonsumsi adalah 4 sampai 6 buah apel. Detox apel bisa kamu lakukan sebulan sekali supaya tubuh kamu bebas dari racun.

Diet Pisang

Meskipun namanya diet pisang, tapi bukan berarti kamu cuma boleh makan pisang, tapi kamu bisa makan makanan lain, kok. Tapi, karbohidrat yang boleh masuk ke dalam tubuh cuma dari pisang. Normalnya, dalam sehari, kamu makan 4 buah pisang untuk cewek jika nggak berolahraga. Kalau berolahraga, kamu bisa makan 5 pisang. Sedangkan untuk cowok 5 buah pisang. Pisang yang dikonsumsi bisa berjenis cavendish atau Ambon. Waktu makan pisang dibagi lima kali jam makan, yaitu untuk setiap kali makan pagi, snack siang, makan siang, snack sore, dan makan malam. Pisang bisa kamu makan bersama sumber protein dan sayuran.

Diet Ketogenik

Diet ketogenik (diet keto) bisa jadi yang tengah digandrungi masyarakat saat ini. Soalnya, kamu bisa tetap makan enak tanpa menyiksa tubuh. Proporsi makanan yang biasanya dikonsumsi adalah lemak 75%, protein 20%, dan karbohidrat 5%. Saat kamu menerapkan diet ketogenik, tubuhmu akan membakar lemak menjadi keton (zat metabolisme lemak) di dalam hari dan menyediakan energi untuk otak. Keadaan tersebut disebut ketosis yang umumnya terjadi setelah melakukan diet ketogenik selama empat hari.

Tentu saja, pilihan lemak yang dianjurkan adalah lemak sehat, seperti daging, telur, minyak nabati, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, keju, kacang-kacangan, alpukat, butter, dan sebagainya. Sayuran rendah karbohidrat, seperti sayuran hijau, tomat, bawang putih, dan paprika juga layak untuk dikonsumsi. Untuk bumbu, kamu bisa mengonsumsi garam, merica, dan bumbu rempah lainnya. Dan sebaiknya tidak mengonsumsi penyedap rasa (MSG).

Sudah tahu jenis dietnya? Jangan lupa buat merencanakan liburan di tahun baru. Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top