Kuliner

6 Menu Khas Indonesia Buat Kamu yang Vegetarian

Sekarang banyak orang mulai beralih menjadi vegetarian dengan alasan untuk hidup yang lebih sehat. Sebagian orang yang vegetarian menganggap bahwa daging membawa dampak buruk bagi tubuh mereka. Sebagian lagi beralasan bahwa mereka pecinta hewan dan percaya bahwa produk daging diolah dengan cara yang tidak baik. Apakah kamu salah satunya?

Di Indonesia, banyak menu vegetarian yang rasanya nggak kalah nikmat sama menu berdaging, lho. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga yang murah. Apa saja ya? Simak di bawah ini!

1. GADO-GADO 

Gado-gado jadi salah satu menu vegetarian yang mudah ditemukan. Menu khas Betawi ini terdiri dari sayuran hijau yang diiris seperti kol, kacang panjang, dan taoge yang direbus. Ada lagi tambahannya berupa tempe, tahu, telur rebus, dan kentang. Semuanya disiram dengan bumbu kacang dan diakhiri dengan taburan kerupuk. Rasanya nikmat dan mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran menjual menu ini.

2. KAREDOK

Menu khas Sunda, karedok, sekilas hampir sama dengan gado-gado. Bedanya sayuran di karedok disajikan mentah dan ditambah mentimun serta daun kemangi. Bumbu kacang yang ada di karedok juga ditambahkan dengan kencur sehingga rasanya pun berbeda dengan gado-gado. Tambahan emping di atas menu ini akan menambah kenikmatannya.

3. NASI GUDEG

 

Liburan ke Yogyakarta rasanya nggak lengkap kalau nggak makan nasi gudeg. Menu ini terdiri dari nangka muda yang direbus dengan gula aren, santan, dan bahan-bahan lainnya. Gudeg biasanya didampingi dengan menu lainnya seperti tahu dan telur. Warnanya yang cokelat menjadi ciri khas masakan ini. Dihidangkan dengan nasi hangat, rasanya akan menggugah selera!

4. SERABI SOLO 

Soal camilan yang ‘aman’ bagi vegetarian, ada serabi solo nih. Sesuai namanya, penganan ini asalnya dari Kota Solo. Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, serabi solo dibuat dengan cara dipanggang di atas kompor yang menggunakan arang. Ada juga yang membuat serabi solo dengan tambahan topping seperti buah pisang, cokelat, kacang merah, dan sebagainya. Rasanya yang manis dan legit bikin kamu bakal nambah terus deh.

5. SAYUR ASEM

Buat nemenin makan siang atau makan malam kamu, sayur asem pasti nggak bakal bisa ditolak. Makanan yang sering dijadikan lauk di restoran Sunda ini, berisi potongan sayur seperti labu siam, kacang panjang, jagung, dan kacang tanah. Ada juga yang menggunakan melinjo, nangka muda, dan belimbing sayur. Nama sayur asem sendiri berasal dari penggunaan asam jawa sebagai bahan kuahnya. Sehat!

6. CENDOL 

Butuh yang seger-seger dan aman buat dikonsumsi vegetarian? Pilih aja es cendol! Awalnya minuman ini berasal dari Sunda, namun sekarang kamu juga bisa menemukannya di daerah Jawa dengan nama es dawet. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang diolah dan diberi warna hijau. Bagaimana dengan rasanya? Manis dan gurih. Itu karena bulir cendol yang disajikan dengan es serut, gula merah, dan santan. Pas banget kalau kamu minum ini di siang hari yang panas.

Wah, jadi ngiler nggak nih? Langsung aja jalan-jalan sambil berburu menu vegetarian khas Indonesia ini. Jangan lupa buat pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top