Tips

6 Manfaat Traveling dengan si Kecil

Traveling bareng anak memang kadang merepotkan karena bisa aja si kecil rewel atau cengeng. Tapi, bukan berarti nggak ada hal yang bisa dinikmati ketika traveling dengan si buah hati. Soalnya, banyak manfaat yang dirasakan oleh si kecil saat traveling, bahkan sebagai orangtua, kita juga jadi banyak belajar. Apa aja sih manfaat traveling dengan si kecil?

1. Melatih kekompakan keluarga

traveling bareng si kecil

www.parentmap.com

Saat merencakan traveling dengan si kecil, tentunya kamu harus bikin itinerary dahulu. Perencanaan perjalanan nggak hanya mementingkan keperluan pasangan, tapi juga kepentingan si kecil. Jangan sampai ketika berwisata, si kecil malah merasa bete dan nggak terhibur. Di saat itulah kekompakan kalian dalam menentukan itinerary dilatih agar seluruh anggota keluarga bisa merasa enjoy. 

Kekompakan juga harus ditunjukan ketika traveling tiba. Ayah dan ibu harus bisa menyelesaikan masalah yang timbul saat traveling, jangan sampai emosi berlarut-larut. Karena, jika ayah dan ibu bertengkar, bakal berdampak buruk pada mood si kecil.

2. Mengajarkan si kecil untuk menyesuaikan diri

backpacker

blog.ericshepard.com

Liburan bersama keluarga bukan berarti harus menggunakan bujet besar dan mementingkan kenyamanan. Jangan sungkan mengajak si kecil untuk liburan ala backpacker atau berwisata alam. Mungkin awalnya si kecil bakal merasa bete karena kenyamanannya berkurang, tapi lama-lama ia akan merasa enjoy. Tentu aja hal ini berguna untuk mengajarkan si kecil agar mampu menyesuaikan diri dengan kondisi apa pun.

3. Melatih kedisiplinan

family trip

www.parenting.com

Nggak jarang, ketika traveling, kamu sekeluarga bakal dihadapkan oleh jam penerbangan yang sangat pagi. Nah, mau nggak mau, kamu harus mempersiapkan semuanya dengan baik agar nggak telat check in di bandara. Nggak cuma kamu sendiri yang harus disiplin, tapi juga pasangan dan si kecil. Momen traveling bisa kamu manfaatkan untuk melatih si kecil disiplin. Lama-lama, ia akan mahir bangun pagi, mengatur jam makan dan mandi.

4. Mengajarkan si kecil agar berani

berani

www.eumom.ie

Keberanian bukan hanya bisa didapatkan di bangku sekolah, tapi juga saat traveling. Karena, si kecil bakal banyak bertemu dengan banyak orang baru di sekitarnya. Ajarkan ia agar berani menyapa orang baru dan tersenyum. Selain belajar beramah-tamah, si kecil juga bisa melatih bahasa asingnya. Sehingga, di kehidupan nyata, ia akan berani bertemu dengan orang baru dan suka bersosialisasi.

5. Mengajarkan si kecil agar taat pada aturan

kids

kupdates.com

Selain mengajarkan si kecil agar berani menyapa orang lain dengan ramah, ketika traveling, kamu juga bisa mengajarkannya agar taat pada aturan. Misal, mengajarkan si buah hati agar tidak buang sampah sembarangan, merusak keindahan alam, atau menyalahgunakan fasilitas. Kebiasaan kecil seperti ini tentunya akan berdampak positif bagi kehidupannya sehari-hari.

6. Mengenalkan dunia dan keberagaman budaya

kids

www.brainbalancecenters.com

Ketika traveling, si kecil akan merasakan serunya terbang dengan pesawat atau serunya jalan-jalan dengan kereta api. Di saat itulah pengalamannya bertambah. Ia jadi belajar bahwa menjelajah negeri sendiri atau orang lain memang bisa dilakukan dengan mudah. Si kecil juga akan melihat keberagaman budaya dari setiap tempat yang dikunjunginya. Dari situ, ia jadi belajar bahwa, setiap manusia memiliki budaya dan cara pandang sendiri. Sehingga, ia bakal open minded dan bisa menerima perbedaan.

^B0B71D579AFCC5785F46F09B7689DD33D6B9AED99EFEAF873E^pimgpsh_thumbnail_win_distr

Nah, traveling bareng si kecil ternyata bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, kan? Nggak sabar traveling dengan si kecil? Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.com, yuk! Dijamin nggak akan bikin kantung kamu bolong.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

(Visited 201 times, 1 visits today)

Comments

To Top