Kuliner

6 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Bagi kamu penggemar masakan Indonesia, khususnya daerah Minang, pasti nggak asing dengan daun singkong yang dimasak dengan santan. Biasanya daun singkong juga menjadi makanan pendamping di nasi padang. Karena, harganya murah dan mudah didapatkan, juga melambangkan kesederhanaan orang Minang. Kali ini, Pegipegi ingin berbagi soal manfaat daun singkong untuk kesehatan. Apa aja manfaatnya?

1. Sumber energi

Kaya akan berbagai protein dan asam amino esensial, membuat daun singkong sebagai penyumbang energi yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong juga berfungsi sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Peremajaan sel

Asam amino esensial merupakan kandungan terpenting untuk peremajaan sel tubuh. Protein tersebut membantu pertumbuhan sel yang baru untuk mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak. Dampak dari peremajaan sel yang baik adalah normalnya semua fungsi sistem tubuh.

3. Pereda rematik

Daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan oles untuk meredakan rematik. Caranya, tumbuk daun singkong dan daun sirih dengan sedikit air hingga membentuk pasta kental, kemudian oleskan tiga kali sehari di bagian bagian persendian yang nyeri.

4. Membantu metabolisme

Sebagai sumber protein yang baik, sayuran ini kaya akan vitamin B. Kandungan tersebut penting untuk pertumbuhan sel tubuh yang dapat merangsang berbagai enzim yang bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh.

5. Penangkal radikal bebas

Berbagai macam zat antioksidan juga bisa kita dapatkan ketika mengkonsumsi daun singkong. Contohnya adalah menangkal serta melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker dan penuaan dini.

6. Kaya serat

Daun singkong mengandung banyak serat serta protein yang diperlukan oleh tubuh untuk pencernaan. Konsumsi daun singkong dalam porsi yang normal, dipadu dengan variasi sayuran lain yang juga kaya serat sangat baik untuk fungsi usus besar.

Yuk, rutin makan daun singkong supaya kamu sehat dan bisa traveling terus. Untuk mendapatkan harga terjangkau saat traveling, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top