Kuliner

6 Makanan yang Tepat Dikonsumsi Saat Sahur

Merasa cepat lapar dan lemas tentu menjadi hal yang sering dialami oleh mereka yang berpuasa. Hal ini bisa terjadi karena pemilihan makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Nah, supaya puasa kamu lancar seharian, berikut ini Pegipegi kasih tips makanan apa aja yang cocok kamu konsumsi saat sahur. Simak selengkapnya ya!

1. Protein

Kalau kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, maka makanan tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga membantu menstabilkan kadar gula darah. Saat sahur, kamu bisa menyantap beberapa jenis makanan berprotein, seperti telur, ayam, daging, ataupun ikan.

2. Lemak Sehat

Meski lemak juga memiliki peranan penting untuk melengkapi nutrisi kamu selama berpuasa, namun pemilihan lemak yang sehat wajib dilakukan supaya kesehatan dan berat badan kamu tetap stabil, travelers. Beberapa jenis makanan dengan lemak sehat yang bisa kamu konsumsi saat sahur adalah minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, almond, biji chia, biji labu, ikan salmon, dan mentega.

3. Kurma

Foto: Shutterstock

Kurma adalah makanan yang dianjurkan dalam ajaran Islam sekaligus merupakan buah yang mengandung sejumlah nutrisi yang mampu memberikan tenaga ekstra untuk tubuh kamu. Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi pada saat sahur ataupun saat berbuka puasa.

4. Oatmeal

Buat kamu yang telah menjalani hidup yang lebih sehat, oatmeal tentu sudah menjadi makanan wajib bukan? Nah, saat sahur, kamu juga bisa mengonsumsi oatmeal dengan santan, kacang-kacangan, buah, dan kelapa parut. Sebagai alternatif, kamu bisa mengganti oatmeal, dengan quinoa atau nasi merah goreng dengan tambahan telur untuk menu sahur kamu.

5. Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan selalu menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur. Kamu bisa menikmati blueberry atau raspberry sebelum memulai santap sahur. Kamu juga bisa mencampurnya ke dalam semangkuk oatmeal atau segelas smoothie.

6. Sayur-sayuran

Foto: Well-being Secrets

Ketika harus menjalani puasa seharian penuh, tubuh kamu tentu membutuhkan cairan yang cukup. Selain mengonsumsi banyak air putih, kamu juga bisa mendapatkan tambahan cairan dari sayur-sayuran, seperti mentimun, tomat, bayam, seledri dan yang lainnya.

Jadi, sudah tahu kan makanan apa saja yang cocok dikonsumsi saat sahur supaya puasa kamu lancar seharian? Oh ya, supaya tubuh selalu sehat, akan lebih baik kalau kamu nggak hanya mengonsumsi makanan-makanan tersebut di bulan puasa aja. Yuk, jaga kesehatan tubuh supaya bisa traveling terus sama orang tersayang!

Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Simply Recipes

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top