Kuliner

6 Kuliner Tradisional khas Natal di Indonesia yang Wajib Dicoba

Hari Natal telah tiba! Biar perayaannya makin meriah, kamu bisa liburan sambil mencicipi kelezatan kuliner Natal khas Indonesia.

Dengan campuran rempah yang kaya serta asimilasi budaya di dalamnnya, deretan kuliner yang satu ini siap bikin lidah kamu bergoyang. Menariknya, rata-rata kuliner ini bisa ditemukan di sekitar kamu.

Selain cocok disajikan pas natal, beberapa kuliner ini juga pas disajikan buat tahun baru. Jadi, kumpul keluarga makin hangat, deh.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya rekomendasi 6 kuliner tradisional khas Natal di Indonesia yang wajib kamu cicipi. Simak, yuk!

Bagae

Momen perayaan Natal nggak lengkap kalau belum ada kue keringnya. Dan bagi sebagia besar warga di Maluku, kue bagea adalah panganan yang sudah pasti disajikan. Punya tekstur yang padat, bagea adalah snack yang terbuat dari sagu. Nikmat disantap dengan teh atau kopi, bagea biasanya disantap dengan kenari. Jadi, makin renyah di lidah.

Ayam Budu-Budu

Bagi masyarakat Makassar, ayam budu-budu adalah panganan yang wajib disajikan pada saat Natal. Menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya, ayam budu-budu juga menggunakan bahan-bahan lainnya seperti jeruk nipis, asem Jawa, jahe, daun bawang. Ayam budu-budu dimasak dengan api kecil hingga matang dan empuk. Setelah matang, ayam budu-budu ditambahkan irisan daun bawang. Menyantap ayam ini paling enak dengan nasi hangat.

Klappertaart

Masyarakat kota Manado sangat akrab dengan jajanan yang satu ini. Terkena pengaruh dari Negeri Belanda, klappertaart punya dua jenis, yang dipanggang dan yang basah. Enak disantap dalam keadaan dingin, klappertaart punya banyak varian rasa, lho. Mulai dari keju, blueberry, cokelat, hingga rum raisin. Semuanya nikmat disajikan dengan secangkir teh hangat manis maupun kopi khas Sulawesi yang punya aroma mewah.

Ikan Kuah Kuning

Jika pernah main ke Papua, pastinya papeda menjadi makanan yang wajib dicoba. Nah, biar makin nikmat, ikan kuah kuning cocok buat disajikan sebagai pendampingnya. Menggunakan ikan kakap dan tongkol, ikan kuah kuning memiliki warna kuning yang menggoda selera. Warna ini dihasilkan dari bumbu kunyit. Selain itu, penambahan bumbu rempah yang banyak membuat rasanya semakin kaya. Satu hal yang membuat kuliner ini istimewa yaitu menggunakan bumbu yang dapat menghilangkan bau amis ikan. Yaitu penggunaan daun kemangi dan jeruk nipis.

Poporcis

Nggak cuma di Makassar, kuliner di Ambon, Maluku juga terpengaruh dengan Belanda. Nah, salah satu hidangannya adalah poporcis. Disajikan pas sedang hari Natal, mirip pancake dengan porsi yang lebih kecil alias mini. Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dipadukan dengan sejumlah bahan lain seperti kuning telur, baking powder, susu cair, mentega tawar, dan sedikit garam. Eits, ada yang unik dari pembuatan kue poporcis itu karena masyarakat Ambon selalu menambahkan labu kuning dalam adonannya

Ayam Rica-Rica

Dalam bahasa Manado, ‘rica-rica’ artinya pedas atau cabai. Ayam yang diolah dengan bumbu rica-rica adalah ayam bakar. Rasanya enak dan tentu aja pedas banget! Tapi, bukan cuma rasa pedas yang bisa kamu rasakan ketika mencicipi ayam rica-rica. Ada aroma jeruk yang menggugah selera di ayam rica-rica. Menu ini paling cocok disantap dengan nasi putih.

Sudah nggak sabar liburan tahun baru? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top