Kuliner

6 Kuliner khas Surabaya yang wajib kamu coba!

Mampir ke Kota Pahlawan berarti kamu harus menikmati berbagai macam kuliner khas Surabaya. Rasanya memang kurang afdol ya kalau hanya plesiran tanpa mencicipi kekayaan makanan lokal yang sudah popular. Sebenarnya, apa saja sih menu kuliner yang wajib dicoba di Surabaya? Pegipegi punya referensinya buat kamu travelers!

Tahu Campur

Foto 1 Makanan Khas Surabaya

Buat pemburu kuliner, datang ke Surabaya rasanya tidak akan sempurna kalau tidak mencicipi tahu campur. Menu ini berisi perkedel, tahu goreng, taoge, singkong, selada air, mie kuning, kerupuk udang dengan kuah sop daging. Terkadang, kamu juga akan menemukan lentho, yaitu gorengan yang dibuat dari kacang hijau atau kacang merah, kikil, urat, dan tahu kuning. Kalau mau, kamu juga bisa minta tambahan lontong. Rasanya makin berasa karena ditambah dengan bumbu petis. Kamu juga tidak perlu bingung untuk menemukannya karena makanan ini banyak ditemui di restoran, warung kaki lima, bahkan dijual dengan gerobak dorong. Harganya sendiri berkisar antara Rp8.000 – Rp10.000 per porsi.

Semanggi Surabaya

Foto 2 Makanan Khas Surabaya

Semanggi Surabaya adalah salah satu makanan khas Surabaya yang unik karena jarang sekali ditemukan di daerah lain. Kenapa unik? Ini karena menunya mirip dengan pecel hanya saja didominasi oleh daun semanggi yang dikukus lalu dicampur dengan kangkung, kerupuk uli, dan kecambah. Mencari menu ini juga tidak sulit karena banyak dijual keliling yang disajikan dengan daun pisang (dipincuk) lalu disiram dengan bumbu kacang. Untuk menyantapnya saja unik lho travelers. Kamu tidak perlu sendok tapi menggunakan kerupuk. Harganya juga murah, satu porsi dibandrol Rp 5.000.

Lontong Balap

Foto 3 Makanan Khas Surabaya

Siapa sih yang tidak pernah mendengar lontong balap? Siapapun yang datang ke Surabaya pasti langsung hunting kuliner yang satu ini. Bahkan saking populernya sering dijadikan ikon kuliner kota Surabaya. Yang membuat beda dengan menu lontong dari daerah lain adalah karena isiannya begitu lengkap, misalnya ada lentho, tauge, dan tahu goreng. Tambahan sate kerang membuat rasa lontong balap makin meriah dan gurih. Harganya juga termasuk murah meriah. Kamu cukup merogoh kocek antara Rp7.000 – Rp8.000. Kalau sampai di Surabaya, jangan sampai tidak mencobanya ya, travelers.

Tahu Tek Tek

Foto 4 Makanan Khas Surabaya

Kalau di Jakarta, menu ini mirip dengan ketoprak. Menu ini juga jadi sajian kuliner yang wajib kamu coba kalau lagi liburan ke Surabaya. Isiannya berupa lontong, telur, tahu goreng, kecambah, dan bumbu petis. Yang menarik dari makanan ini adalah bumbu petisnya sangat gurih. Ada juga rasa manis dan pedas sehingga sangat pas dipadukan dengan lontong yang punya tekstur padat. Umumnya harga satu porsi tahu tek adalah Rp8.000 – Rp10.000.

Rujak Cingur

Foto 5 Makanan Khas Surabaya

Satu lagi menu kuliner yang wajib dicoba kalau kamu sedang ada di Surabaya adalah rujak cingur. Bahan-bahan yang dipakai umumnya berupa sayur dan buah-buahan, yaitu mangga, nanas, kedondong, kangkung, tempe, dan lontong. Namun yang membuat unik adalah rujak ini diberi cingur atau hidung kerbau. Tambahan bumbu campuran petis, kacang merah, gula merah, cabai dan udang membuat rujak cingur banyak diburu para pelancong. Satu porsi harganya memang bervariasi, mulai dari Rp7.000 – Rp15.000.

Sate Klopo Ondomohen

Foto 6 Makanan Khas Surabaya

Sate klopo juga menjadi menu wajib yang harus kamu coba kalau sedang liburan ke Surabaya. Dalam menu ini, satenya dilumuri dengan bumbu kelapa yang diparut atau dalam bahasa Jawa disebut dengan klopo. Pelengkapnya bisa berupa lontong atau nasi dengan bumbu kacang lalu ditambah dengan serundeng. Biar tambah nikmat, kamu bisa menyantapnya dengan sate ayam, udang, lemak, otot, sumsum, usus, atau daging sapi. Harganya bervariasi, untuk 10 tusuk dihargai Rp15.000 – Rp19.000.

 

(Visited 8,498 times, 3 visits today)

Comments

9 Comments

Comments

To Top