Kuliner

6 Kuliner Khas Makassar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Kalau sebelumnya Pegipegi sudah berbagi inspirasi menu berbuka puasa khas Padang dan Sunda, kini saatnya kita eksplor sederet kuliner Makassar yang dijamin gak kalah lezatnya. Terkenal akan kekayaan kuliner yang menggugah selera, mulai dari kudapan gurih, manis, hingga makanan utama, Makassar memang menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang tak hanya ingin jalan-jalan tapi juga mencicipi aneka hidangan khas kota di Sulawesi Selatan ini. Nah, buat kamu yang sudah mulai bosan dengan menu berbuka puasa yang itu-itu saja, ulasan tentang kuliner Makassar berikut ini bisa menjadi inspirasi nih!

CAMILAN GURIH

Buras

Mulai dari camilan gurih, makanan khas Makassar yang pertama adalah buras. Mirip seperti lontong yang biasa kita temui, namun sebenarnya lontong dan buras memiliki beberapa perbedaan. Meski sama-sama berbahan dasar beras yang dibungkus dengan daun pisang, buras memiliki bentuk yang pipih, teksturnya lebih lembut, serta rasa yang gurih karena proses memasaknya menggunakan santan. Sebagai kudapan berbuka puasa, buras biasanya disantap dengan taburan kelapa kering, gula, garam, dan cabai.

Jalangkote

Selain buras, kamu juga bisa berbuka puasa dengan jalangkote. Jika dilihat dari bentuknya, jalangkote memang mirip dengan kue pastel. Namun, bedanya, jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis, sehingga terasa lebih renyah saat disantap. Selain itu, camilan ini juga punya isian yang lebih beragam, mulai dari wortel, kentang, taoge, dan laksa yang dimasak dengan bawang putih. Tidak menggunakan cabai rawit atau bumbu kacang, jalangkote biasa dinikmati bersama sambal cair campuran cabai dan cuka.

KUDAPAN MANIS

Es Pisang Ijo

Selanjutnya adalah kudapan pencuci mulut. Salah satu dessert andalan Kota Makassar adalah es pisang ijo. Es pisang ijo memang sudah cukup terkenal dan menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Cocok sebagai menu berbuka puasa, es pisang ijo terdiri dari pisang yang dibalut dengan kulit berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras, kemudian disajikan dengan bubur sumsum, es batu, saus santan, sirup cocopandan, dan kental manis. Perpaduan rasa manis, gurih, serta tekstur pisang yang padat dan bubur sumsum yang lembut, pasti bakal bikin kamu ketagihan, deh!

Sanggara Balanda

Meski Makassar sudah terkenal dengan banyaknya kuliner berbahan dasar pisang, namun sepertinya masih belum banyak yang mengenal sanggara balanda. Cukup sulit ditemui di daerah lain, sanggara balanda merupakan sajian pisang goreng yang unik dan pas banget buat menemani kamu berbuka puasa. Menggunakan pisang raja, setelah digoreng, pisang dibelah memanjang di bagian tengah, lalu diisi dengan selai kacang, kacang yang telah dicincang kasar, keju, saus karamel, dan aneka isian lainnya. Kebayang kan menyantap pisang goreng hangat dengan isian yang lumer di mulut? Yummy!

MAKANAN UTAMA

Coto Makassar

Kalau membahas tentang makanan utama khas Makassar, biasanya daging sapi kerap menjadi bahan utamanya. Coto makassar, misalnya. Hidangan berkuah satu ini terdiri dari jeroan sapi yang direbus lama, potongan daging sapi, dan rempah-rempah yang gurih. Coto makassar disajikan dengan tambahan bawang goreng, daun bawang, dan perasan jeruk nipis. Untuk menyantapnya, akan lebih nikmat jika dipadukan dengan sepiring nasi putih atau bisa juga dengan buras.

Sajian Konro

Hidangan khas Makassar lainnya yang juga cukup populer adalah konro. Biasanya, konro atau iga sapi kerap dimasak dengan kuah yang pekat dan kaya akan rempah, atau yang dikenal dengan sop konro. Sama seperti coto makassar, sop konro juga sering dinikmati dengan nasi putih atau buras. Selain sop konro, ada pula menu konro yang dibakar dengan bumbu khas perpaduan rasa manis dan gurih, kemudian disajikan bersama kuah sop secara terpisah.

Nah, itu dia rekomendasi menu berbuka puasa khas Makassar, mulai dari yang gurih hingga manis, dari yang ringan hingga mengenyangkan. Tetap semangat menjalani puasa dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan supaya #SemuaMenang, ya, travelers! Kalau #NantiKitaPegipegiLagi, langsung pesanย tiket bus,ย tiket pesawat,ย tiket kereta api, danย hotel murahย di Pegipegi, ya.

PESAN TIKET BUS MURAHย PESAN TIKET PESAWAT MURAHย PESAN TIKET KERETA API MURAHย CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top