Kuliner

6 Kuliner Ekstrem Indonesia yang Menyehatkan

cobra

Indonesia kaya akan kulinernya. Bukan cuma kuliner “normal” yang ada di Indonesia, tapi kuliner ekstremnya juga marak, lho. Nggak semua orang ingin mencobanya karena kuliner ini terbuat dari daging hewan yang nggak biasa kita makan. Tapi, kalau kamu ada keinginan untuk mencobanya juga boleh, lho. Apalagi, makanan ekstrem ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

1. Ulat sagu khas Papua

Ulat sagu bisa kamu temui pada pohon sagu atau pohon kelapa yang sudah mati. Biasanya, ulat sagu dimakan mentah-mentah sebagai jamu atau obat kuat karena dipercaya mengandung banyak vitamin. Walaupun kelihatannya menjijikan, tapi ketika dimakan rasanya enak! Teksturnya lunak dan terasa manis. Bahkan, ada orang luar negeri yang mencoba mengolah ulat sagu menjadi spaghetti dan sandwich untuk dijual.

ulat sagu

www.ceritaperut.com

2. Tokek goreng khas Jawa

Ketika tokek masih hidup, orang-orang aja pada jijik. Boro-boro ingin memakannya. Tapi, tokek goreng harganya selangit, lho, karena dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit, asma, dan meningkatkan stamina cowok. Tim riset kesehatan dari China pun pernah melakukan penelitian yang membuktikan bahwa tokek menunjukkan efek positif terhadap tumor ganas. Makanya, makin lama, makin banyak yang percaya bahwa tokek memang meningkatkan kesehatan mereka.

tokek goreng

www.hipwee.com

3. Sate biawak khas Jawa

Sate biawak terkenal akan kelezatannya dan dagingnya empuk. Teksturnya mirip seperti daging kambing, namun lebih kasar. Sate ini terasa makin enak karena ada tambahan bumbu kacang atau bumbu kecap dengan irisan bawang merah, cabai, dan tomat. Selain itu, daging biawak dianggap mampu menyembuhkan penyakit kulit, gatal-gatal, sesak napas, asma, dan menghaluskan kulit.

sate biawak

www.infoheboh.com

4. Sate ular cobra khas Solo

Daging ular cobra juga lezat jika dijadikan sate. Teksturnya empuk seperti ayam dan ditambahkan bumbu kacang atau bumbu kecap dengan bawang merah, cabai, dan tomat. Selain enak dimakan, sate ini juga dipercaya bisa mengobati penyakit kulit dan alergi. Untuk cowok, sate ular cobra bisa dikonsumsi untuk meningkatkan stamina tubuh dan menambah keperkasaan. Banyak yang menganggap daging ular nggak halal, jadi lebih baik dikonsultasikan dulu dengan ahlinya.

sate cobra

www.resepmasakan90.blogspot.com

5. Kelelawar goreng bumbu khas Manado

Makanan ekstrim ini jadi andalah banget di Manado. Disajikan dengan bumbu kecap dan sambal pedas. Rasanya enak karena diolah hingga daging kelelawarnya nggak mengeluarkan bau busuk lagi. Bau busuknya hilang karena daging kelelawar tersebut dimasak dengan cara memisahkan antara badan dan kedua sayapnya dahulu lalu dikuliti hingga kulit tipisnya terlepas sempurna. Kemudian, direbus dengan bumbu jahe dan laos. Makanan ini dipercaya bisa menyembuhkan asma, gatal-gatal, alergi kulit, dan menjaga stamina.

kelelawar

www.menuekstrim.blogspot.com

6. Rempeyek laron khas Yogyakarta

Ternyata hewan yang suka berterbangan di dekat lampu ini bisa dijadikan rempeyek enak. Proses pembuatan sama seperti rempeyek kedelai atau teri. Selain enak, ternyata laron mengandung banyak protein. Wah, cocok buat kamu yang lagi berdiet dan ingin menambah asupan protein, nih! Protein juga dipercaya bisa mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

laron

www.hipwee.com

Nah, jika kamu liburan ke daerah-daerah yang pegipegi sebutkan tadi, nggak ada salahnya sekalian coba kuliner ekstremnya. Sebelumnya, jangan lupa pesan hotel murah cuma di pegipegi.com, ya!

(Visited 1,108 times, 2 visits today)

Comments

To Top