Berita

6 Jenis Penumpang Pesawat Ini Tidak Dikenakan Airport Tax

Mulai 1 Maret 2015, pemerintah memberlakukan peraturan baru untuk semua maskapai penerbangan. Di peraturan baru ini, airport tax atau lebih tepatnya Passenger Service Charge (yang biasanya kamu bayarkan di konter check in di bandara) resmi disatukan dalam harga tiket pesawat. Jadi, kamu ngga perlu kaget kalo tiket pesawat kamu jadi lebih mahal ya, travelers. Karena sebenarnya sama saja dengan harga tiket biasa, namun ditambahkan dengan airport tax.

Screenshot 2015-03-04 13.59.59

ilustrasi airport tax: fiskal.co.id

Peraturan ini berlaku untuk semua penerbangan, baik dalam dan luar negeri, penerbangan niaga maupun bukan niaga, dan besarannya sesuai dengan harga PSC atau airport tax yang berlaku di bandara keberangkatan/departure. Dan dengan disatukannya airport tax di tiketmu, kamu nggak perlu lagi ngantre panjang di bandara dan repot merogoh dompet yang telah kamu letakkan di tempat aman.

Contohnya nih: kamu berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Denpasar (Bandara Ngurah Rai), maka harga tiket pesawatmu saat ini adalah = (harga tiket + tarif airport tax Bandara Soekarno Hatta).

Tapi ternyata, ada juga lho yang nggak perlu membayar airport tax! Menurut Kasubdit Bimbingan Usaha dan Pengembangan Badan Usaha Angkutan Udara Ditjen Hubud Muzdalifah Muslimin (dikutip dari situs Departemen Perhubungan) ada 6 jenis penumpang yang bebas dari kebijakan baru ini. Berikut adalah jenis penumpang tersebut:

1. Penumpang transit dan penumpang transfer dengan 1 tiket perjalanan;
2. Personil atau awak pesawat dan personil penunjang operasi penerbangan yang sedang dalam tugas (on duty crew) yang tercantum dalam general declaration;
3. Bayi atau infant atau penumpang anak-anak yang belum memiliki tiket dengan nomor penerbangan sendiri;
4. Tamu negara beserta rombongan dalam kunjungan resmi atau kenegaraan di Indonesia dengan menggunakan pesawat khusus;
5. Penumpang pesawat udara yang mengalami pengalihan keberangkatan penerbangan dari bandara yang tertera di dalam tiket (divert flight); dan terakhir
6. Penumpang pesawat yang mengalami penundaan keberangkatan penerbangan (postponed).

Kalo kamu termasuk salah satu gologan ini, kamu ngga perlu membayar airport tax lagi, travelers. Saat membeli tiket pesawat, pastikan kamu cek dan ricek sebelum melakukan pembayaran. Selamat jalan – jalan, dan jangan lupa memesan tiket pesawat di pegipegi.com untuk traveling lebih mudah dan hemat!

(Visited 14,592 times, 10 visits today)

Comments

To Top