Destinasi

6 hal yang wajib kamu lakukan di Semarang

Ketika menyebut Jawa Tengah tentunya Semarang sebagai ibu kota nggak akan terlewatkan. Yap, kota ini mampu menawarkan berbagai pengalaman tak terlupakan buat travelers. Selain memiliki banyak bangunan tua bersejarah, Semarang juga bisa jadi tempat wisata religi, shopping, dan tentunya wisata kuliner. Oke, sebelum travelers keburu pusing membuat rencana perjalanan selama di Semarang, nih, simak daftar hal yang wajib kamu lakukan selama di Semarang!

1. Berfoto di depan Tugu Muda
Umumnya setiap kota pasti punya landmark yang khas. Kalau di Jakarta ada Monas, maka Semarang punya Tugu Muda yang cukup menonjol. Awali perjalanan kamu dengan mengunjungi tempat ini, lokasinya strategis dan mudah dicari, kok. Tugu ini dibangun untuk memperingati keberanian para pejuang saat melawan Jepang selama lima hari. Sempatkan mengabadikan tugu megah ini, atau selfie dengan latar belakang tugu ini sebagai tanda kamu sudah di Semarang.

www.tabitatour.com

ps  www.tabitatour.com

2. Uji nyali di Lawang Sewu
Kesampingkan dulu fakta bahwa tempat ini dikenal angker—apalagi di malam hari—tapi saat di Semarang kamu memang wajib banget menginjakkan kaki ke sini. Tahu nggak, ternyata pada masa pendudukan Belanda dulu, Lawang Sewu justru dimanfaatkan untuk stasiun kereta api. Jumlah pintunya yang nggak terhingga jadi alasan kenapa bangunan ini diberi nama Lawang Sewu atau Seribu Pintu. Jangan lupa berfoto di sini. Bangunan yang sempat direnovasi ini terlihat megah dan cantik, lho.

www.tripadvisor.com

www.tripadvisor.com

3. Nongkrong di Simpang Lima
Nah, di sinilah tempat nongkrong kawula muda di kota Semarang. Bisa dibilang ini adalah jantung Kota Semarang dan selalu ramai di malam hari, apalagi di hari Minggu. Lokasinya yang sangat strategis juga sering dipilih oleh banyak televisi swasta untuk pementasan acara berskala nasional. Nama Simpang Lima sendiri diperoleh karena lokasinya yang berada di persimpangan lima jalan besar di Semarang, yaitu Jln. Ahmad Dahlan, Jln. Gajah Mada, Jln. Ahmad Yani, Jln. Pandanaran, dan Jln. Pahlawan.

hellosemarang.com

hellosemarang.com

4. Wisata Kuliner di Jln. Pahlawan
Sudah menginjakkan kaki di Semarang tapi nggak wisata kuliner? Rugi banget! Cobain menu khas Semarang seperti lumpia yang isinya komplet banget, mulai dari daging ayam, jeroan, telur, dan rebung. Rasanya makin nikmat dimakan selagi hangat, tambahkan saus atau cabai rawit. Jangan lewatkan juga menyantap menu khas lainnya seperti nasi gandul, tahu gimbal, dan babat gongso. Sebagai oleh-oleh kamu bisa bawa bandeng presto, nih. Sampai rumah tinggal digoreng, santap dengan sambal dan nasi putih hangat, nyam!

myhotelmyresort.com

myhotelmyresort.com

5. Nikmati Kota Semarang di atas ketinggian 99 meter
Travelers, kalau kamu mau tahu bagaimana suasana kota Semarang dari ketinggian, datang saja ke Menara Al Husna yang ada di Masjid Agung, Jawa Tengah. Selain bisa wisata religi, di tempat ini kamu juga bisa mengintip kecantikan Kota Semarang di malam hari dengan ketinggian 99 meter. Suasananya indah banget, apalagi saat matahari mulai terbenam dan sinar lampu jalanan saling berpendar. Asyiknya lagi, pemandangan ini bisa kamu nikmati secara 3600 , tinggal jalan ke sekeliling menara saja.

www.goodnewsfromindonesia.org

www.goodnewsfromindonesia.org

6. Kunjungi Klenteng Sam Poo Kong
Selain punya kompleks pecinan, Semarang juga punya salah destinasi wisata religi yang erat kaitannya dengan etnis Tionghoa, yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Menurut sejarah, tempat ini pernah disinggahi oleh Laksamana Cheng Ho, yaitu penjelajah muslim dari Cina yang sangat terkenal. Arsitektur bangunannya yang unik dan banyak didominasi oleh warna merah, pastinya indah banget untuk difoto. Di Klenteng Sam Poo Kong, kamu bisa mengeksplorasi tiap sudut dan mengetahui lebih dalam tentang etnis tionghoa, nih.

www.edorusyanto.files.wordpress.com

www.edorusyanto.files.wordpress.com

(Visited 1,252 times, 1 visits today)

Comments

To Top