Destinasi

6 Gereja Unik di Indonesia Untuk Perayaan Hari Paskah

Umat Kristen dan Katolik di seluruh dunia akan merayakan hari penting pada 31 Maret mendatang, Paskah. Di hari ini, mereka, secara khidmat, memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian seperti yang tercatat di Perjanjian Baru.

Nah, sebagai negara dengan umat Kristin yang cukup besar, Indonesia dihuni berbagai macam gereja menarik untuk merayakan paskah. Mulai dari desain interior hingga eksterior bakal menarik perhatian kamu buat berkunjung.

Tersebar di beberapa kota di Indonesia, deretan gereja ini pun rutin menggelar peringatan Paskah dengan rangkaian kegiatannya. Jadi, kamu nggak perlu khawatir ketinggalan momen pentingnya.

Nah, sebagai referensi kamu, berikut 6 gereja unik di Indonesia buat perayaan paskah kamu nanti. Simak, yuk!

Gereja Katedral, Jakarta

Diresmikan pada 1901, gereja yang satu ini berada di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Dengan arsitektur neo-gotik, Gereja Katedral Jakarta selalu menjadi tempat favorit beribadah sepanjang Natal. Atmosfer intense seakan terbangun dengan penataan ruangan yang klasik. Mengingatkan kita akan gereja-gereja Eropa di abad 19 maupun 20.

Gereja St Joseph’s Cathedral, Pontianak

Gereja yang satu ini berlokasi di jalan Patimura No. 195. Gereja St Joseph’s Cathedral, Pontianak memiliki kapasitas 3.000 orang. Konsep konstruksi bangunan yang mengusung arsitektur Romawi dan Timur Tengah membuat gereja ini jadi salah satu bangunan unik di kota Pontianak. Bahkan, beberapa desain eskteriornya membawa unsur Dayak, menjadikan gereja ini spesial.

Gereja Zebaoth, Bogor

Berlokasi di dekat Istana Bogor, Gereja Zebaoth Bogor punya julukan Gereja Ayam, kenapa? Karena, di bagian puncak menara ada patung ayam yang sangat terkenal. Berdiri pada 1920, Gereja Zebaoth Bogor hadir dengan desain interior yang minimalis, seperti yang hadir di kawasan Amerika Serikat. Gereja Zebaoth Bogor ini sempat menggunakan bahasa Belanda sebagai pengantar ibadah sebelum akhirnya diubah pada 1962.

Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, Jembrana, Bali

Selain dikenal dengan wisata baharinya, Bali memiliki beberapa destinasi gereja yang unik. Salah satunya adalah Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Palasari. Terletak di kawasan Jembrana, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus mengedepankan gaya arsitektur Bali yang melekat pada desain eksteriornya. Dengan nafas Katolik yang kental, gereja memiliki Gua Maria yang bernama Palinggih Dewi Kaniaka Maria.

Gereja Blenduk, Semarang

Nuansa Eropa klasik hadir di Gereja Blenduk, Semarang. Meski sudah berdiri sejak 1753, gereja yang satu ini masih aktif menggelar ibadah setiap hari minggu. Saat Natal tiba, gereja ini dipadati ribuan umat dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Dengan aksen warna putih dan coklat di bagian atas, Gereja Blenduk jadi destinasi yang cocok, nggak cuma buat beribadah, tetapi juga untuk fotografi.

Gereja Santo Fransiskus Asisi, Pulau Samosir, Sumatera Utara

Berada di tengah Pulau Samosir, Danau Toba, Gereja Santo Fransiskus Asisi adalah gereja yang sangat unik. Dari desain arsitektur, Gereja Santo Fransiskus Asisi terlihat sangat minimalis. Namun, gereja yang satu ini memiliki unsur kebudayaan Batak yang sangat kental. Nggak heran, bangunannya sendiri tampak seperti rumah adat Batak Karo yang kokoh dan artistik.

Sudah tahu mau bertandang ke gereja mana? Sekalian liburan, yuk! Biar hemat, kamu bisa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top