Berita

6 Gerbang Tol di Jalur Mudik yang Diprediksi akan Padat

Mudik Lebaran 2018 diprediksi mulai berlangsung dalam beberapa pekan ke depan. Sejumlah ruas tol, khususnya Trans Jawa, telah bersiap diri menyambut jutaan pemudik yang lalu-lalang.

Peningkatan jumlah kendaraan pun diperkirakan akan jauh lebih besar ketimbang tahun lalu. Dilansir salah satu media online, peningkatan tersebut akan menembus angka rata-rata 85 persen dari tahun 2017.

Namun, tenang. PT Jasa Marga selaku pengelola ruas jalan tol sudah mengantisipasi loncakan tersebut. Fitur-fitur keamanan hingga tempat peristirahatan bagi para pemudik sudah disiapkan secara maksimal.

Sebagai referensi kamu bermudik, berikut daftar gerbang tol yang diprediksi mengalami kepadatan selama Mudik Lebaran 2018 mendatang. Simak, yuk!

1. Gerbang Tol Palimanan (Jakarta-Palimanan-Kanci)

Sebagai pembuka ruas tol Cipali, gerbang tol Palimanan bakal menjadi titik tertinggi kemacetan saat arus mudik berlangsung. Diprediksi, peningkatan lalu lintas di sini mencapai 460 persen! Tapi tenang, sang pengelola sudah menambahkan kapasitas gerbang tol hingga belasan demi mengantisipasi penumpukan kendaraan.

2. Gerbang Tol Cikupa (Jakarta-Tangerang)

Jika kamu berencana ingin mudik ke Sumatera atau Banten, gerbang tol Cikupa wajib kamu antisipasi. Pasalnya, gerbang tol yang berada di kawasan Tangerang ini diperkirakan mengalami keningkatan hingga 12 persen saat mudik dan 49 persen saat arus balik. Jadi, jika nggak mau antri panjang, kamu bisa keluar sebelum GT Cikupa dan masuk lagi di GT Balaraja atau Ciujung.

3. Gerbang Tol Merak (Jakarta-Merak)

Sebagai titik akhir dari ruas Jakarta-Merak, gerbang tol ini dipastikan akan padat pemudik. Diprediksi, lonjakan lalu lintas di gerbang tol Merak mencapai 166 persen saat mudik. Sedangkan, saat arus balik, angkanya mencapai 153 persen.

4. Gerbang Tol Cikarang Utama (Jakarta-Cikampek)

Sebagai titik kemacetan di ruas Jakarta-Cikampek, gerbang tol Cikarang Utama juga patut diawasi. Peningkatan lalu lintas di sini diprediksi mencapai 63 persen sendiri. Angka tersebut bakal turun tiga persen saat arus balik. Banyaknya proyek pembangunan di kawasan ini menjadi faktor utama kepadatan, selain jumlah kendaraan yang melintas.

5. Gerbang Tol Pejagan (Kanci-Pejagan)

Usai Cipali, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan ruas tol Kanci-Pejagan yang menghubungkan langsung Cirebon dengan Pemalang. Nah, yang harus diantisipasi adalah pintu keluar dan masuk di gerbang tol Pejagan. Meski nggak terlalu ramai seperti di Kanci, kepadatan diprediksi naik hingga empat persen dari kondisi normal.

5. Gerbang Tol Cileunyi (Padalarang-Cileunyi)

Bagi kamu yang bakal berangkat mudik menuju Bandung, wajin mengantisipasi gerbang tol Cileunyi. Kepadatan diprediksi meningkat tajam hingga 71 persen sedangkan arus mudik tembus 72 persen. Kendaraan kecil dan bus diperkirakan mendominasi gerbang tol yang menghubungkan Padalarang dan kawasan Bandung.

6. Gerbang Tol Ciawi (Jakarta-Bogor-Ciawi)

Gerbang tol yang satu ini bakal kamu lewati jika tengah menuju kawasan Sukabumi, Bogor dan Puncak. Gerbang tol Ciawi akan mengalami kepadatan yang cukup signifikan pada arus mudik kali ini. Angkanya mencapai 25 persen saat mudik dan 18 saat arus balik. Jadi, jika kamu nggak ingin terjebak kemacetan, silahkan manfaatkan jalur alternatif melalui Parung-Bogor.

Sudah tahu informasinya?  Yuk, rencanakan liburan dengan pesan tiket pesawathotel murah dan tiket kereta api di Pegipegi.

Agar mudik kamu makin lancar, yuk simak berbagai tips dan informasi menarik seputar Mudik Lebaran 2018 di Pegipegi

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Foto: Shutterstock

Comments

To Top