Berita

6 Efek Samping Jika Kamu Terlalu Sering Kerja Lembur!

Hari gini masih lembur aja? Emang nggak ada hari esok, bro?

Yap, bekerja itu memang rutinitas yang nggak bisa ditinggalkan. Dengan bekerja, kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup, nggak cuma buat kamu, tetapi juga keluarga di rumah.

Namun, jika bekerja terlalu berlebihan bakal menimbulkan banyak efek negatif, terutama buat tubuh. Apalagi, kalau pekerjaannya sudah nggak kenal waktu alias lembur.

Nah, kalau kamu sudah merasakan beberapa hal di bawah ini, yuk, kurangi waktu lembur kamu! Daripada lembur, mending traveling pakai promo Peyuk!

Stres dan Depresi

Tekanan pekerjaan yang begitu tinggi jelas mempengaruhi kesehatan mental. Jika berlangsung selama berlarut-larut, resiko stres tinggi dan depresi bakal menyerang kamu. Apalagi jika sudah dituntut dengan deadline, maka kamu akan berusaha keras untuk menyelesaikan tugasmu tersebut tanpa memperhatikan waktu. Padahal, normal manusia bekerja hanya delapan jam. Rasa tertekan yang menumpuk akan mengakibatkan timbulnya stres. Hal ini ditandai dengan perasaan gelisah, panik, tidak fokus dan pikiran kacau.

Kualitas Tidur Rendah

Aktivitas yang berlarut seperti lembur di kantor jelas mempengaruhi kualitas tidur kamu. Jika harusnya kamu tidur 6-8 jam sehari, kalau lembur hanya dapat 4-5 jam sehari. Sehingga, kualitas tidur kamu pun jadi menurun. Banyak efek samping yang bakal kamu rasakan jika kualitas tidur kamu menurut seperti sakit badan, pusing, lemas, mengantuk dan lain-lain.

Daya Penglihatan Menurun

Banyak resiko kesehatan yang bisa kamu rasakan saat kebanyakan lembur, salah satunya penurunan penglihatan. Ketika kamu memaksakan untuk kerja hingga larut malam, mata yang harusnya beristirahat harus tetap aktif. Jika dilakukan secara berulang, gangguan mata seperti rabun jauh dan dekat bisa saja terjadi. Nggak cuma itu, efek samping ringan seperti mata cepat lelah bakal menggaggu kinerja kamu dalam bekerja.

Demensia

Demensia merupakan berkurangnya daya ingat, daya nalar dan kosa kata. Biasanya ini terjadi saat menginjak usia lanjut. Tapi, perlu kamu ketahui bahwa proses demensia ini bisa lebih cepat terjadi seiring dengan bertambahnya jam kerja seseorang. Berdasarkan penelitian, mereka yang gemar bekerja hingga larut punya potensi besar terkena demensia di usia muda.

Penyakit Dalam

Khusus buat kamu yang kerja kantor, terlalu lama duduk dapat menimbulkan banyak sekali masalah kesehatan. Makin parah jika kamu memaksakan diri buat lembur hingga larut. Penyakit dalam seperti diabetes, batu ginjal hingga perlemakan liver bakal menghantui siapapun yang nekat buat lembur hingga malam.

Gangguan Kardio

Banyak penelitian menyebut bekerja 10 jam atau lebih setiap hari bakal memicu penyakit kardiovaskular seperti hipertensi atau serangan jantung. Bahkan, hasil analisa studi terhadap 6.000 pekerja sipil di Inggris yang dipublikasikan European Heart Journal edisi online menyebutkan, orang yang sering bekerja lembur dengan menghabiskan waktu 10 hingga 11 jam sehari berisiko lebih tinggi mengalami sakit jantung. Jadi, jika kamu merasa ada yang nggak beres dengan jantung kamu, berhentilah buat lembur.

Mau liburan? Tenang! Biar makin hemat, pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah  lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top